Penentuan Toko Buku Gramedia ter Favorit pilihan Mahasiswa Di Bogor Dengan Metode AHP (Analytical Hierarchy Process)

Lis Utari

Abstract


Buku adalah bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan mahasiswa dari waktu ke waktu, sampai mahasiswa lulus kuliah, bahkan berlanjut sampai dunia kerja. Memilih toko buku bukan suatu hal yang sulit, tetapi juga bukan hal yang mudah. Untuk memberikan  referensi toko buku yang paling diminati oleh mahasiswa, yang pastinya secara syarat memenuhi kebutuhan dan keinginan mahasiswa, maka dilakukan penelitian menentukan toko buku yang paling diminati oleh mahasiswa di Bogor menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP).

Metode AHP merupakan salah satu metode yang paling terkenal dan paling banyak digunakan dalam menghadapi situasi pengambilan keputusan dengan sejumlah alternatif dengan kriteria tertentu. Dalam metode AHP, pembuat keputusan harus menentukan nilai  Vektor Preferensi dari kriteria dan alternatif yang telah dipilih untuk mendapatkan ranking dari toko buku yang paling favorit dan diminati mahasiswa di Bogor khususnya Toko Buku Gramedia. Kriteria yang dipilih adalah lokasi, pelayanan, sarana dan rute (rute kendaraan  umum ke lokasi Toko Buku), sedangkan alternatif yang dipilih adalah Gramedia Botani Square, Gramedia Hero Pajajaran dan Gramedia Cibinong City Mall (CCM).

Tujuan dari penelitian ini, selain memberikan referensi kepada mahasiswa tentang toko buku yang paling diminati oleh mahasiswa di Bogor, juga bertujuan untuk membantu pengelola Toko buku Gramedia untuk mengetahui apa hal-hal yang perlu diperbaiki atau ditingkatkan agar cabang Gramedia yang kurang menjadi pilihan mahasiswa dapat ditingkatkan layanan maupun kualitasnya.

Hasil akhir penelitian ini berupa ranking Toko buku Gramedia ter Favorit di Bogor yang menjadi pilihan mahasiswa. Adapun ranking yang diperoleh, menempatkan toko buku Gramedia Botani Square di urutan pertama, diikuti dengan Gramedia CCM (Cibinong City Mall) dan diurutan terakhir adalah  Gramedia Hero Pajajaran.


Keywords


AHP (Analytical Hierarchy Process), Toko Buku Gramedia di Bogor.

References


[1] B.W. Taylor, Introduction to Management Science- Sains Manajemen (Edisi 8). Jakarta: Salemba Empat.

[2] STIKOM Binaniaga. Jurnal Ilmiah Teknologi – Informasi & Sains TEKNOIS. Bogor.

[3] Marimin & N. Maghfiroh. 2010. Aplikasi Teknik Pengambilan Keputusan dalam Manajemen Rantai Pasok. IPB Press.

[4] B. Render, R. M. Jr. Stair & M. E Hanna. 2000. Quantitative Analysis for Management. Prentice Hall.

[5] R. W. Saaty. 2003. Decision Making in Complex Environment. Pittsburgh.

[6] T. L. Saaty dan Kirti Peniwati. Group Decision Making: Drawing out and Reconcilling Differences. RWS Publications Pittsburgh.

[7] E. Turban, R. Sharda dan D. Delen. 2011. Decision Support and Business Intelligence Systems. Edisi 9, Pearson Education Inc.

[8] S.E. Wibowo, E. Ruswanti, U. Januarko. 2013. Pengaruh persepsi kualitas pelayanan terhadap niat pembelian ulang pada Toko Buku Gramedia Yogyakarta.

[9] A. P. Satya, H. Susanta N, Apriatni E.P. 2014. Analisis Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian pada toko buku Gramedia di kota Semarang.


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/komputasi.v13i2.145 Abstract views : 954 views : 1587

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.