Fungsi -te iru pada Buku Ajar Bahasa Jepang

Rahayu Aprilianti

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fungsi -te iru serta verba yang digunakan pada kalimat yang mengandung -te iru pada buku ajar bahasa Jepang Minna no Nihongo dan Manabou. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode desktiptif kualitatif. Fungsi aspek -te iru pada umumnya adalah menyatakan kegiatan yang berkelanjutan (keizoku). Berdasarkan hasil analisis, terdapat 6 fungsi verba -te iru yaitu menyatakan: aktivitas/kejadian yang sedang berlangsung, hasil suatu perbuatan, keadaan terjadi secara alami, pengalaman, rutinitas/kebiasaan, dan pengandaian. Fungsi verba -te iru yang paling sering muncul dalam buku ajar tersebut yaitu untuk menyatakan kegiatan yang sedang berlangsung sebanyak 52%. Sedangkan, jenis verba yang paling banyak digunakan dalam kalimat bentuk -te iru adalah keizokudooshi, jenis verba tersebut hampir muncul di semua fungsi aspek -te iru, kecuali fungsi yang menyatakan hasil yang semua kalimatnya menggunakan jenis verba shunkandooshi.

Kata kunci: aspek, -te iru, verba.

ABSTRACT

This study aims to determine the function of -te iru and the verbs used in sentences containing -te iru in Japan textbooks Minna no Nihongo and Manabou. The method used in this study is a qualitative descriptive method. The function of the aspect -te iru in general is to state continuous activities (keizoku). Based on the results of the analysis, there are 6 functions of the verb -te iru, namely stating: continuous activity/event, the result of an action, a state that occurs naturally, experience, routine/habit, and assumption. The function of the verb -te iru that appears most often in the textbook is to state an ongoing activity as much as 52%. Meanwhile, the most often used verb type in -te iru sentences is keizokudooshi, this type of verb appears in almost all functions of the -te iru aspect, except for functions that express the result that all sentences use the shunkandooshi.

Keywords: aspect, -te iru, verb.

Keywords


Keywords: aspect, -te iru, verb.

References


Emzir. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Depok: Raja Grafindo Persada.

Geni, Tifani Adnisa, dkk. 2019. Kemampuan Pemahaman Fungsi Douashi Te Imasu Mahasiswa Tingkat III Tahun 2016 Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang. Padang: Universitas Negeri Padang.

Gustia. 2013. Fungsi Kata Kerja Bentuk -te iru dalam Buku Minna no Nihongo I dan II Ditinjau dari Segi Aspek.

Hendra, Akbar Nadjar. 2012. Bentuk -Te Iru pada Buku Teks Bahasa Jepang (Upaya Mengatasi Kesulitan Mahasiswa dalam Memahami Aspek dan Kala yang Ditunjukan dengan -Te Iru). Jakarta: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

Iori, Isao. 2000. Nihongo Bunpou Handobukku. Tokyo: Surii E Nettowaaku.

Purnawati, Ketut Widya. 2014. Kala dan Aspek dalam Bahasa Jepang Sebagai Cerminan Sikap Orang Jepang terhadap Waktu. Bali: Universitas Udayana.

Putri, Astia Nurindah Kencana. 2019. V -te iru Sebagai Pengungkap Aspek dalam Bahasa Jepang dan Padanannya dalam Bahasa Iindonesia. UPI.

Setiawan, Hari. 2011. Analisis Bentuk “- Te iru” Dalam Buku Ajar Bahasa Jepang Tingkat Dasar dan Aplikasinya Dalam Identifikasi Fungsi Bentuk “-Te iru” di Wacana Bahasa Jepang Tingkat Menengah. Jakarta: Prosiding Universitas Darma Persada.

Sunagawa, Yoriko. 1998. Nihongo Bunkei Jiten. Jepang: Kuroshio Shuppan.

Sutedi, Dedi. 2011. Dasar-Dasar Linguistik Bahasa Jepang. Bandung: Humaniora.

Tanaka, Toshio. 1990. Guidance of Japanese Grammer. Tokyo: Kindai Bunkaisha.

Watanabe, dkk. 2003. Katalog Seminar Sehari Bahasa Jepang. Jakarta.


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/idea.v6i2.10496

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 IDEA : Jurnal Studi Jepang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.