Analisis Proses Pembelajaran Bahasa Jepang di Kelas Kursus LPK Aska Bali Klungkung

Novita Kumala Ayuningrum

Abstract


Penelitian ini membahas tentang “Proses Pembelajaran Bahasa Jepang di Kelas Kursus LPK Aska Bali Klungkung”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pembelajaran bahasa Jepang di kelas kursus LPK Aska Bali Klungkung, yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data, kesimpulan penelitian yang diperoleh adalah proses pembelajaran terdiri dari tiga tahap yaitu perencanaan pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran.

Keywords


proses pembelajaran, metode pembelajaran, strategi pembelajaran, bahasa Jepang, lembaga pelatihan kerja.

References


Djamaluddin, A. & Wardana. (2019). BELAJAR DAN PEMBELAJARAN. CV. KAAFFAH LEARNING CENTER.

Giyoto, H. (2021). METODE PEMBELAJARAN BAHASA ASING (TEFL, BIPA, BAHASA ARAB, CINA, JEMAN DAN BAHASA LAINNYA). Gerbang Media Aksara Yogyakarta (Anggota IKAPI).

Hamalik, O. (2019). Proses Belajar Mengajar (20th ed.). PT. Bumi Aksara.

Hidayat, A. N., Rismawan, R., & Hadi, P. A. (2023). Peran Manajemen Kurikulum dalam Mengembangkan Kompetensi Peserta Didik di Lembaga Pelatihan Kerja Irma. Journal on Education, 5(2), 3485–3491. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1029

Krisnawa, K. B. (2023). Pembelajaran Bahasa Jepang di Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Babaking Course. Jurnal Penelitian Mahasiswa Indonesia, 3(1).

Lensun, S. F. (2022). Strategi dan Berbagai Metode Pembelajaran Bahasa Jepang (1st ed.). CV. Bintang Semesta Media.

Matsumoto, I. (2007). Shokyuu o Oshieru. The Japan Foundation.

Oktavia, D. H., & Akbar M, R. (2023). Pembelajaran Bahasa Jepang di Lembaga Pelatihan Kerja di Indonesia. 257–2578.

Padmadewi, N. N. (2012). STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA. Undiksha Press.

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). BELAJAR DAN PEMBELAJARAN. FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/idea.v7i1.11349

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 IDEA : Jurnal Studi Jepang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.