Analisis Bentuk-Bentuk Pelanggaran Maksim Percakapan pada Manga CRAYON SHINCHAN Volume 01 Karya Yoshito Usui

Marissa Marissa, Sudjianto Sudjianto, Rina Fitriana

Abstract


Abstrak

 

Skripsi ini ditulis untuk meneliti bentuk pelangggaran maksim percakapan pada manga Crayon Shinchan Volume 01 karya Yoshito Usui yang dirilis pertama kali pada tahun 1992 di Jepang. Setelah meneliti bentuk dan cara melanggar maksim percakapan, penulis menghitung jumlah dan persentase dari setiap maksim yang dilanggar dan cara pelanggaran yang digunakan untuk mengetahui jenis dan cara pelanggaran maksim yang paling banyak terdapat dalam manga ini. Metode yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode deskriptif, yaitu dengan menggambarkan konteks dan menjelaskan indikator mengapa tuturan tersebut melanggar maksim percakapan. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa jenis maksim yang paling banyak dilanggar adalah maksim relasi sedangkan cara pelanggaran yang paling sering dilakukan adalah violating the maxims terutama maksim relasi. Dengan kata lain efek humor dalam manga ini dihasilkan paling banyak dengan menyampaikan tuturan yang tidak relevan dengan konteks atau topik pembicaraan.

Kata Kunci: Implikatur, Pelanggaran Maksim, Humor, Pragmatik


References


DAFTAR PUSTAKA

Dornerus, Emma. 2005. A Comparative Study of How Scriptwriters Break Maxims

in Desperate Housewives and Thats 70s Show. Swedia: Universitas Karlstad.

Kushartanti, dkk. 2007. Pesona Bahasa: Langkah Awal Memahami Linguistik.

Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Linawati, Dwi. 2013. A Grice Maxim Analysis of an English Teachers Talks in

SMP N 1 Kalasan (A Case Study). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Mukaro, Laston, Victor Mugari dan Annastacia Dhumukwa. 2013. Violation of Conversational Maxims in Shona. Journal of Comparative Literature and Culture. Vol. 02, No. 04:161-168.

Radiyah. 2014. Pelanggaran Prinsip Percakapan dalam Wacana Humor Rubrik Sing Lucu Majalah Panjebar Semangat Edisi Bulan Juni Agustus 2013. Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa. Vol. 05, No. 04:61-70.

Rizkie, Indah Hananti. 2013. Pelanggaran Prinsip Kerja Sama dan Implikatur Wacana Humor dalam Rubrik Mesem†Surat Kabar Harian Warta Jateng. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sutedi, Dedi. 2008. Dasar-dasar Linguistik Bahasa Jepang. Bandung: Humaniora. Triyatun. 2013. Non-Observance of Grices Maxims Found in The Death of a

Salesman Drama Script by Arthur Miller: A Pragmatic Study. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Winiharti, Menik dan Yuvike. 2009. The Non-Observance of the Conversational Maxims: An Analysis of the Dialogues in Arthur Millers The Crucible. Jurnal Lingua Cultura. Vol. 03, No. 2:116-127.


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/idea.v1i2.1287

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Idea | Sastra Jepang