Wacana Kapitalisme Dalam Penyelenggaraan Halal Expo Japan

Yulia Sari, Rina Fitriana, Helen Susanti

Abstract


Abstrak

 

Penelitian ini membahas mengenai wacana kapitalisme dalam penyelenggaraan Halal Expo Japan, khususnya tahun 2016 dan 2017. Tema ini dipilih karena penulis melihat dalam penyelenggarannya, Halal Expo Japan menjadi media kapitalisme bagi Jepang. Penulis menggunakan konsep kapitalisme Karl Marx untuk menganalisis kapitalisme dalam penyelenggaraan Halal Expo Japan. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dan teknik penelitian studi pustaka dengan  data  yang diperoleh  dari  laman  web  Halal  Expo Japan  yaitu www.halalexpo.jp, pemberitaan dari co-organizer dan media partner resmi Halal Expo Japan, Halal Media Japan Co. Ltd. dari laman web www.halalmedia.jp serta buku-buku teks, artikel dan publikasi elektronik yang ada hubungannya dengan Halal Expo Japan serta teori kapitalisme dan teori kekuasaan. Hasilnya menunjukkan meskipun terdapat banyak konten acara dalam Halal Expo Japan namun bila dicermati secara lebih mendalam dan kritis dapat terlihat baik konten- konten dalam laman web maupun Post Report Show lebih berfokus mengenai pameran, seminar serta fashion show, yang merupakan produk dari kapitalisme. Adanya peluang yang besar dalam industri halal, para kapitalis atau pemegang modal di Jepang memanfaatkannya untuk mengembangkan produk halal sebagai sumber pemasukan bagi Jepang.

Kata  Kunci:  Halal  Expo  Japan,  Industri  Halal,  Kekuasaan,  Kapitalisme,

 

Kapitalis


References


Daftar Pustaka

BUKU :

Bey, A. (1990). Peranan Jepang : Dalam Pasca Abad Amerika. Jakarta: C.V. Antar

Karya.

Foucault, M. (1978). The History of Sexuality, Volume 1 : An Introduction. New

York: Pantheon Books.

Kocka, J. (2016). Capitalism: A Short History. New Jersey: Princeton University

Press.

Lekacham, R., & Loon, B. V. (2008). Kapitalisme: Teori dan Sejarah

Perkembangannya. Yogyakarta: Resist Book.

Morimoto, A. B. (1980). Islam in Japan : Its Past, Present and Future. Japan: Islamic Center Japan.

Umesao, T., Kindaichi, H., Sakakura, A., & Hinohara, S. (Penyunt.). (1995).

KÅdansha karÄban Nihongo daijiten 講談社カラー版日本語大辞典 The

Great Japanese Dictionary (2nd ed., Vol. 1). Tokyo: Kodansha.

JURNAL:

al-Samarrai, S. M. (1999). The Message Of Islam In Japan - Its History & Development. (U. Hasan, Penerj.) Tokyo: Islamic Centre of Japan Publications.

Burgess, C. (2007). Jepang yang multikultur? Wacana dan mitos homogenitas [1].

Japan Focus, 5(3). Dipetik Oktober 17, 2018, dari http://japanfocus.org/data/indo.multiculturaljapan.pdf

Khozin, A. (2012). Konsep Kekuasaan Michel Foucault. Teosofi: Jurnal Tasawuf dan Pemikiran Islam, 2(1), 132-149. Dipetik November 01, 2018, dari http://teosofi.uinsby.ac.id/index.php/teosofi/article/download/82/75

Mudhoffir, A. M. (2013, Januari). Teori Kekuasaan Michel Foucault: Tantangan Bagi Sosiologi Politik. Jurnal Sosiologi Masyarakat, 18(1), 75-100. Dipetik November 01, 2018, dari http://journal.ui.ac.id/index.php/mjs/article/view/3734/2973

Sari, W. P. (2017). Kapitalisme Dalam Pariwisata: Analisis Marxist Enjoy Jakarta.

Prosiding Semnasfi, 76-84.

Shazlinda, M. Y., & Shutto, N. (2014). The Development of Halal Food Market in

Japan : An Exploratory Study. Procedia - Social anf Behavioral Sciences

, 253-261.

Wijaya, I. N. (2012, Juni 2). Relasi Kekuasaan di Balik Pengelolaan Industri

Pariwisata Bali. Humaniora, 24, 141-155.

INTERNET:

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, K. P. (2016). Kapitalisme. Diambil kembali dari KBBI Daring: https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/kapitalisme

ErtuÄŸrul Ship: The First Contact Between Japan And The Islamic World. (t.thn.).

Dipetik Oktober 7, 2018, dari Islam In Japan Media:

www.islaminjapanmedia.org/japans-fisrt-contact-with-islam/

Gozali, P. (2017, Oktober 02). Jumlah Muslim Jepang Meningkat. Dipetik Desember 07, 2018, dari Anadolu Agency: https://www.aa.com.tr/id/headline-hari/jumlah-muslim-jepang- meningkat/924841

Nazaya, Z. (2017, November 01). Lolita, dari Tokyo untuk Dunia! Kawaii Hijabi from Tokyo†Event Muslim Lolita Pertama yang akan Diadakan di Halal Expo Japan 2017! ! Dipetik Desember 16, 2018, dari Halal Media Japan: https://www.halalmedia.jp/id/archives/29948/kawaii-hijabi-collection- press-release/

Nurjamal. (2017, Oktober 03). Populasi Muslim di Jepang Terus Bertambah.

Dipetik Desember 07, 2018, dari Go Muslim:

https://www.gomuslim.co.id/read/news/2017/10/03/5661/populasi- muslim-di-jepang-terus-bertambah.html

Ong, S. (2014, Maret 18). Abenomics 1 Year On Opportunities in Tourism. Dipetik Desember 09, 2018, dari Enterprise Singapore: http://www.iesingapore.gov.sg/~/media/IE%20Singapore/Files/Events/iAd visory%20Series/Japan%202014/120Abenomics20one20year20on20and2

opportunities20in20Japan.pdf

White Paper on Tourism. (2018, September 04). Dipetik Oktober 17, 2018, dari Ministry of Land, Insfrastructure, Transportation and Tourism: http://www.mlit.go.jp/common/001255530.pdf

Yildirim, C. (2015, Mei 31). Muslim population in Japan increases with Islamic demands. Dipetik Oktober 7, 2018, dari Daily Sabah: https://www.dailysabah.com/asia/2015/05/31/muslim-population-in-japan- increases-with-islamic-demands

Yokoyama, S. (2013, Desember 31). Foreign visitors to Japan exceed 10 milion for first time. Dipetik Desember 09, 2018, dari Halal Media Japan: https://www.halalmedia.jp/archives/128/foreign-visitors-japan-exceed-10- million-first-time/


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/idea.v1i2.1290

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Idea | Sastra Jepang