Wacana Kapitalisme Dalam Penyelenggaraan Halal Expo Japan
Abstract
Abstrak
Penelitian ini membahas mengenai wacana kapitalisme dalam penyelenggaraan Halal Expo Japan, khususnya tahun 2016 dan 2017. Tema ini dipilih karena penulis melihat dalam penyelenggarannya, Halal Expo Japan menjadi media kapitalisme bagi Jepang. Penulis menggunakan konsep kapitalisme Karl Marx untuk menganalisis kapitalisme dalam penyelenggaraan Halal Expo Japan. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dan teknik penelitian studi pustaka dengan data yang diperoleh dari laman web Halal Expo Japan yaitu www.halalexpo.jp, pemberitaan dari co-organizer dan media partner resmi Halal Expo Japan, Halal Media Japan Co. Ltd. dari laman web www.halalmedia.jp serta buku-buku teks, artikel dan publikasi elektronik yang ada hubungannya dengan Halal Expo Japan serta teori kapitalisme dan teori kekuasaan. Hasilnya menunjukkan meskipun terdapat banyak konten acara dalam Halal Expo Japan namun bila dicermati secara lebih mendalam dan kritis dapat terlihat baik konten- konten dalam laman web maupun Post Report Show lebih berfokus mengenai pameran, seminar serta fashion show, yang merupakan produk dari kapitalisme. Adanya peluang yang besar dalam industri halal, para kapitalis atau pemegang modal di Jepang memanfaatkannya untuk mengembangkan produk halal sebagai sumber pemasukan bagi Jepang.
Kata Kunci: Halal Expo Japan, Industri Halal, Kekuasaan, Kapitalisme,
Kapitalis
References
Daftar Pustaka
BUKU :
Bey, A. (1990). Peranan Jepang : Dalam Pasca Abad Amerika. Jakarta: C.V. Antar
Karya.
Foucault, M. (1978). The History of Sexuality, Volume 1 : An Introduction. New
York: Pantheon Books.
Kocka, J. (2016). Capitalism: A Short History. New Jersey: Princeton University
Press.
Lekacham, R., & Loon, B. V. (2008). Kapitalisme: Teori dan Sejarah
Perkembangannya. Yogyakarta: Resist Book.
Morimoto, A. B. (1980). Islam in Japan : Its Past, Present and Future. Japan: Islamic Center Japan.
Umesao, T., Kindaichi, H., Sakakura, A., & Hinohara, S. (Penyunt.). (1995).
KÅdansha karÄban Nihongo daijiten 講談社カラー版日本語大辞典 The
Great Japanese Dictionary (2nd ed., Vol. 1). Tokyo: Kodansha.
JURNAL:
al-Samarrai, S. M. (1999). The Message Of Islam In Japan - Its History & Development. (U. Hasan, Penerj.) Tokyo: Islamic Centre of Japan Publications.
Burgess, C. (2007). Jepang yang multikultur? Wacana dan mitos homogenitas [1].
Japan Focus, 5(3). Dipetik Oktober 17, 2018, dari http://japanfocus.org/data/indo.multiculturaljapan.pdf
Khozin, A. (2012). Konsep Kekuasaan Michel Foucault. Teosofi: Jurnal Tasawuf dan Pemikiran Islam, 2(1), 132-149. Dipetik November 01, 2018, dari http://teosofi.uinsby.ac.id/index.php/teosofi/article/download/82/75
Mudhoffir, A. M. (2013, Januari). Teori Kekuasaan Michel Foucault: Tantangan Bagi Sosiologi Politik. Jurnal Sosiologi Masyarakat, 18(1), 75-100. Dipetik November 01, 2018, dari http://journal.ui.ac.id/index.php/mjs/article/view/3734/2973
Sari, W. P. (2017). Kapitalisme Dalam Pariwisata: Analisis Marxist Enjoy Jakarta.
Prosiding Semnasfi, 76-84.
Shazlinda, M. Y., & Shutto, N. (2014). The Development of Halal Food Market in
Japan : An Exploratory Study. Procedia - Social anf Behavioral Sciences
, 253-261.
Wijaya, I. N. (2012, Juni 2). Relasi Kekuasaan di Balik Pengelolaan Industri
Pariwisata Bali. Humaniora, 24, 141-155.
INTERNET:
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, K. P. (2016). Kapitalisme. Diambil kembali dari KBBI Daring: https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/kapitalisme
ErtuÄŸrul Ship: The First Contact Between Japan And The Islamic World. (t.thn.).
Dipetik Oktober 7, 2018, dari Islam In Japan Media:
www.islaminjapanmedia.org/japans-fisrt-contact-with-islam/
Gozali, P. (2017, Oktober 02). Jumlah Muslim Jepang Meningkat. Dipetik Desember 07, 2018, dari Anadolu Agency: https://www.aa.com.tr/id/headline-hari/jumlah-muslim-jepang- meningkat/924841
Nazaya, Z. (2017, November 01). Lolita, dari Tokyo untuk Dunia! Kawaii Hijabi from Tokyo†Event Muslim Lolita Pertama yang akan Diadakan di Halal Expo Japan 2017! ! Dipetik Desember 16, 2018, dari Halal Media Japan: https://www.halalmedia.jp/id/archives/29948/kawaii-hijabi-collection- press-release/
Nurjamal. (2017, Oktober 03). Populasi Muslim di Jepang Terus Bertambah.
Dipetik Desember 07, 2018, dari Go Muslim:
https://www.gomuslim.co.id/read/news/2017/10/03/5661/populasi- muslim-di-jepang-terus-bertambah.html
Ong, S. (2014, Maret 18). Abenomics 1 Year On Opportunities in Tourism. Dipetik Desember 09, 2018, dari Enterprise Singapore: http://www.iesingapore.gov.sg/~/media/IE%20Singapore/Files/Events/iAd visory%20Series/Japan%202014/120Abenomics20one20year20on20and2
opportunities20in20Japan.pdf
White Paper on Tourism. (2018, September 04). Dipetik Oktober 17, 2018, dari Ministry of Land, Insfrastructure, Transportation and Tourism: http://www.mlit.go.jp/common/001255530.pdf
Yildirim, C. (2015, Mei 31). Muslim population in Japan increases with Islamic demands. Dipetik Oktober 7, 2018, dari Daily Sabah: https://www.dailysabah.com/asia/2015/05/31/muslim-population-in-japan- increases-with-islamic-demands
Yokoyama, S. (2013, Desember 31). Foreign visitors to Japan exceed 10 milion for first time. Dipetik Desember 09, 2018, dari Halal Media Japan: https://www.halalmedia.jp/archives/128/foreign-visitors-japan-exceed-10- million-first-time/
DOI: 10.33751/idea.v1i2.1290
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Idea | Sastra Jepang