Efektivitas Kegiatan Benkyoukai Dalam Pembelajaran Hiragana dan Katakana Pada Mahasiswa Baru Program Studi Sastra Jepang FISIB UNPAK

Mugiyanti Mugiyanti, Helen Susanti

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas kegiatan benkyoukai dalam pembelajaran hiragana dan katakana. Dalam kegiatan ini selain belajar bersama hiragana dan katakana, juga bertujuan untuk memberikan informasi mengenai club-club kemahasiswaan yang terdapat di prodi Jepang serta pengenalan budaya Jepang. Populasi penelitian adalah 20 orang mahasiswa semester 1 tahun akademik 2019/2020 pada Program Studi Sastra Jepang Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya Universitas Pakuan, yang belum pernah belajar aksara Jepang. Dari hasil penelitian diharapkan akan dapat ditemukan letak permasalahannya sehingga dapat dibuatkan evaluasi guna perbaikan dalam kegiatan benkyokai pada tahun-tahun berikutnya, misalnya dari segi penambahan jam pembelajaran, cara penyampaian materi, dan perbaikan pembuatan soal evaluasi. Untuk di masa depan, berencana membuat modul pengajaran hiragana dan katakana bagi mahasiswa baru yang dapat menjadi bahan acuan pembelajaran.

Keywords


efektifitas, kegiatan benkyokai, mahasiswa baru, hiragana dan katakana

References


Mahmudi. 2013. Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: UPP STIM YKPN

Poerwadarminta, W.J.S. 1999. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka .

Riduwan. 2015. Skala Pengukuran Variabel-Ariabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sutedi, Desi. 2019. Evaluasi Hasil Belajar Bahasa Jepang. Bandung: UPI Press.

Sutrisno, Edy (2016), Manajemen Sumber Daya Manusia, Kencana Prenada Media Group, Jakarta.

Tanaka, Yone. Et al.2012. Minna No Nihongo 1. Tokyo: 3A Network

________________.2012.Minna No Nihongo 1, Terjemahan dan Keterangan Tata Bahasa. Tokyo: 3A Network

The Japan Foundation. 2017.JF Standar bagi Pendidikan Bahasa Jepang. Terjemahan oleh Tetriana Sawitri. Jakarta: Japan Foundation


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/idea.v4i1.5211

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 IDEA : Jurnal Studi Jepang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.