Pengaruh Genre Boys Love pada Komunitas Fujoshi di Indonesia

Venya Nazia Sheva, Indun Roosiani

Abstract


Pada penelitian ini, penulis membahas mengenai pengaruh genre boys love pada komunitas fujoshi di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh, dampak positif dan negatif dari keseharian para fujoshi mengakses konten boys love. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif analisis melalui pendekatan kualitatif dan metode pengumpulan data dengan cara menyebar kuesioner melalui google form di media sosial Twitter akun @jodanspace. Koresponden dibagi menjadi beberapa kriteria, yaitu berumur 18-30 tahun, pengikut akun Twitter @jodanspace, dan merupakan seorang fujoshi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para fujoshi merasakan perbedaan sebelum dan sesudah mengakses konten boys love dan lebih menghargai bahwa ada kisah percintaan sesama lelaki di dunia nyata. Walaupun tidak semua berdampak pada orientasi seksual, namun beberapa fujoshi menjawab bahwa dengan mengakses konten boys love, orientasi seksual mereka dapat berubah.

Keywords


pengaruh, genre, boys love, komunitas, fujoshi

References


Azuma, H. (2009). Otaku: Japans Database Animals (Jonathan E. Abel & Shion Kono, penerjemah.). London: University of Minnesota Press.

DeVito, J.A. (1997). Komunikasi Antar Manusia (Agus Maulana, penerjemah.). Jakarta: Professional Books.

Freud, S. (2006). Pengantar Umum Psikoanalisis (Haris Setiowati, penerjemah.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Jenkins, H. (1992). Textual Poachers: Television Fans and Participatory Culture. New York: Routledge.

Katz, E., Blumler, J.G., & Gurevitch, M. (1973-1974). Uses and Gratifications Research. Public Opinion Quarterly, 509-523.

OBrien, A.A. (2008). Boys Love and Female Friendships: The Subculture of Yaoi as a Social Bond Between Women. Thesis. Atlanta: Georgia State University.

Storey, J. (2009). Cultural Theory and Popular Culture: An Introduction (5h ed). New York: Pearson Longman.

Winduwati, S. (2017). Fujoshi Remaja dan Kenikmatan Bermedia Yaoi. http://repository.untar.ac.id/426/1/2089-4551-2-PB.pdf.

Youssef, S. (2004). Girls Who Like Boys Who Like Boys Etnoghraphy of Online Slash/Yaoi Fans. https://www.yumpu.com/en/document/read/28777809/girls-who-like-boys-who-like-boys-ethnography-of-yuuyamicom.


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/idea.v4i1.5212

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 IDEA : Jurnal Studi Jepang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.