Representasi Unsur Budaya Jepang dan Budaya Modern pada Zaman Taisho dalam Anime Taisho Otome Otogibanashi

Muhammad Rafly Satyawan, Tia Martia, Zainur Fitri, Metty Suwandany

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana representasi budaya masyarakat Jepang pada Zaman Taisho yang digambarkan dalam Anime Taisho Otome Otogibanashi kemudian menganalisanya apakah sesuai dengan keadaan Jepang pada saat itu atau tidak dengan menggunakan konsep tujuh unsur kebudayaan universal. Metode yang penulis gunakan adalah metode penelitian deskriptif analisis dengan pendekatan kualitatif. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik simak catat dan studi pustaka. Penulis menyimak anime secara berulang untuk mencari data terkait budaya Jepang pada Zaman Taisho, kemudian penulis juga mencari data-data relevan yang diambil dari buku-buku teks, E-book, dan artikel. Referensi data utama diperoleh dari Anime Taisho Otome Otogibanashi. Bahan bacaan yang digunakan diperoleh melalui akses internet dan buku-buku tersedia di perpustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam Anime Taisho Otome Otogibanashi merupakan representasi budaya Jepang di Zaman Taisho. Hal ini ditunjukkan oleh adanya perpaduan dalam gaya berpakaian, munculnya alat transportasi umum yang baru/Trem, dan sebagainya.

Keywords


Representasi, Zaman Taisho, Budaya, Anime

References


A. Buku

Allen, John. 2015. Anime and Manga. San Diego: ReferencePoint Press.

Brown, Alfred Reginald Radcliffe. 1953. Structure and Function in Primitive Society. London: Cohen & West.

Koetjaraningrat. 2009. Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Ong, Susy. 2019. The New Seikatsu Kaizen. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo

Ong, Susy. 2019. Shakai Kaizo. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo

B. Skripsi/Tesis/Disertasi

Chandra, Yoga. 2021. Skripsi. Analisis Semiotika Representasi Budaya Jepang dalam Anime AnoHana. Universitas Muhammadiyah Malang.

Iqbal, Zikri Muhammad. 2020. Skripsi. Sistem Ie Dalam Kehidupan Keluarga Jepang Sampai Modern 1995. Universitas Darma Persada.

Millah, Isma. 2018. Skripsi. Psikologi Anime. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

C. Jurnal Ilmiah

Arifin, Moh Nur. 2018. Notes Towards The Concept Of Culture. Researchgate. 1-21.

Budianto. 2015. Tinjauan Buku : Anime, Cool Japan, Dan Globalisasi Budaya Populer Jepang. Jurnal Kajian Wilayah 6(2): 179-185.

Sumarto. (2019) Budaya, Pemahaman dan Penerapannya Aspek Sistem Religi, Bahasa, Pengetahuan, Sosial, Keseninan dan Teknologi†JURNAL LITERASIOLOGI, VOLUME 1, NO. 2 Juli Desember 2019


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/idea.v4i2.6527

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 IDEA : Jurnal Studi Jepang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.