MEMAHAMI KAPASITAS PENGELOLA WISATA DALAM MENGGUNAKAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI PARIWISATA BERBASIS MASYARAKAT

mariana Siregar

Abstract


Kabupaten Bogor memiliki beberapa wilayah prioritas pengembangan pariwisata, salah satunya destinasi ekowisata. Desa Ciasmara adalah satu Desa Wisata yang berada di Kecamatan Pamijahan yang merupakan titik wilayah tersebut. Namun demikian, kapasitas pengelolaan wisata berbasis masyarakat di di desa ini masih sangat minim karena mereka belum memiliki kemampuan untuk mengelola akun resmi media sosial mereka sebagai media promosi. Desa Wisata Ciasmara memiliki banyak obyek daya tarik wisata (ODTW) dan untuk dapat dikenal dan diketahui publiknya. Pengelola wisata perlu memiliki kemampuan mengkomunikasikan destinasi wisatanya menggunakan media promosi, salah satunya menggunakan media digital dalam pemasaran pariwisatanya. Kegiatan meningkatkan pengetahuan dan kemampuan kapasitas pengelola wisata Desa Ciasmara agar mereka mampu mengkomunikasikan daya tarik wisatanya. Pengelola wisata diajak berdiskudi dalam memetakan kondisi eksisting mereka terkait media sosial, dilanjutkan dengan pemberian materi terkait fitur-fitur dan tips dan trik mengoptimalkan media sosial Instagram untuk mengirimkan konten promosi objek wisata di media sosial tersebut.


Full Text: PDF KAPASITAS PENGELOLA WISATA Abstract views : 24 views : 10 views : 9

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Abdimas FISIB

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.