MEMAHAMI KAPASITAS PENGELOLA WISATA DALAM MENGGUNAKAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI PARIWISATA BERBASIS MASYARAKAT

Diana Amalia Sari, Tiara Puspanidra, Mariana Rista Ananda Siregar

Abstract


Kabupaten Bogor memiliki beberapa wilayah prioritas pengembangan pariwisata, salah satunya destinasi ekowisata. Desa Ciasmara adalah satu Desa Wisata yang berada di Kecamatan Pamijahan yang merupakan titik wilayah tersebut. Namun demikian, kapasitas pengelolaan wisata berbasis masyarakat di di desa ini masih sangat minim karena mereka belum memiliki kemampuan untuk mengelola akun resmi media sosial mereka sebagai media promosi. Desa Wisata Ciasmara memiliki banyak obyek daya tarik wisata (ODTW) dan untuk dapat dikenal dan diketahui publiknya. Pengelola wisata perlu memiliki kemampuan mengkomunikasikan destinasi wisatanya menggunakan media promosi, salah satunya menggunakan media digital dalam pemasaran pariwisatanya. Kegiatan meningkatkan pengetahuan dan kemampuan kapasitas pengelola wisata Desa Ciasmara agar mereka mampu mengkomunikasikan daya tarik wisatanya. Pengelola wisata diajak berdiskudi dalam memetakan kondisi eksisting mereka terkait media sosial, dilanjutkan dengan pemberian materi terkait fitur-fitur dan tips dan trik mengoptimalkan media sosial Instagram untuk mengirimkan konten promosi objek wisata di media sosial tersebut.


References


Dewi, M. H. U. F. C. B. M. (2013). Pengembangan desa wisata berbasis partisipasi masyarakat lokal di desa wisata jatiluwih tabanan, bali. Kawistara, 3(2), 129–139. https://journal.ugm.ac.id/kawistara/article/view/3976/3251

Fransisca, M. (2021). Komunikasi pemasaran dalam meningkatkan kunjungan wisatawan. Jurnal Signal, 9(1), 14–24.

Hamzah, A., & Khalifah, Z. (2009). Handbook on community based tourism “How to develop and sustain CBT.” https://www.apec.org/docs/default-source/Publications/2009/12/Handbook-on-Community-Based-Tourism-How-to-Develop-and-Sustain-CBT-December-2009/09_twg_developCBT.pdf

Ingkadijaya, R., Desafitri, L., & Bilqis, R. (2020). Peningkatan Kapasitas Kelompok Penggerak Pariwisata dalam Pengelolaan Desa Wisata Berkelanjutan di Desa Cipasung , Kabupaten Kuningan. Jurnal Pemberdayaan Pariwisata, 2(2), 89–96.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Principles of Marketing, Global Edition, 16th Edition. In Invasive Bladder Cancer.

Nurdelila, N. (2021). Pengaruh sistem digital marketing terhadap peningkatan volume Penjualan Koperasi Agro Rimba Nusantara (Agrina) Desa Parsalakan Kecamatan Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 8(2), 402–412. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/nusantara/article/view/4511/2384

Putra, D. P. B. (2020). Partisipasi masyarakat lokal dalam pengembangan Desa Wisata Carangsari. Jurnal Masyarakat Dan Budaya, 22(2), 1–16. https://doi.org/10.14203/jmb.v22i2.838

Ramadhian, N. (2021). Kampung Tematik Mulyaharja Bogor, Wisata Edukasi yang Instagramable Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Kampung Tematik Mulyaharja Bogor, Wisata Edukasi yang Instagramable.” Kompas.Com. https://travel.kompas.com/read/2021/02/14/111644527/kampung-tematik-mulyaharja-bogor-wisata-edukasi-yang-instagramable?page=all

Siregar, M. R. A., Amaliasari, D., Puspanidra, T., & Adi, Y. (2023). Fasilitasi Penguatan Kapasitas Pengelolaan Promosi Wisata Desa Berbasis Masyarakat. Caradde: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 5 No 3, April 2023 Mendefinisikan, 5(3), 413–420. https://journal.ilininstitute.com/index.php/caradde/article/view/1819/676


Full Text: PDF Abstract views : 108 views : 46

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Abdimas FISIB

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.