Analisis Efektivitas Penerapan Layanan E-Puskesmas di Kota Bandung

Enrico Christian

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memberikan penjelasan mengenai efektivitas penerapan e-puskesmas di kota Bandung dalam melayani masyarakat yang berfokus pada pelayanan digital di era globalisasi. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Data diperoleh melalui literatur data sekunder yang berasal dari peneitian sebelumnya, berdasarkan situs jurnal dan sumber lainnya. Pengaruhmya berupa peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat, kualitas pelayanan, dan fasilitisan kesehatan yang lebih baik. Selain itu penelitian memberi gambaran secara utuh mengenai strategi yang diterapkan oleh instansi pemerintahan di bidang kesehatan kota Bandung dalam membangun membangun kualitas pelayanan kesehatan yang efektif.

Kata Kunci: Digitalisasi, , Pelayanan Kesehatan, Penerapan E-Puskesmas, Strategi Pemerintah.


References


BOINI, U. (2022). Analisis Layanan e-Puskesmas pada Pusat Kesehatan Masyarakat di Kecamatan Indra Jaya Kabupaten Pidie. Jurnal Administrasi dan Sosial Sains.

Ganing, A., Firdaus, M., & Chairunisa, F. (2017). Efektivitas e-Puskesmas di Puskesmas Kassi Kassi Kota Makassar. Jurnal Administrasi Negara.

Ludianto. (2020). Efektivitas Pelayanan e-Puskesmas pada Pusat Kesehatan Masyarakat Kecamatan Bungaraya Kabupaten Siak.

Peraturan Menteri Kesehatan RI No.75. (2014).

Peraturan Menteri No.31 (pasal 18). (2014).

Putri, S. A., & Syamsir. (2021). Efektivitas Penyelenggaraan e-Puskesmas di Puskesmas Lubuk Buaya Kota Padang. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan.

Tarigan, S. F., & Maksum, T. S. (2022). Pemanfaatan Layanan Sistem Informasi e-Puskesmas dengan Menggunakan Metode PIECES. Jambura Health and Sport Journal.

(Peraturan Menteri No.31 (pasal 18), 2014)

(Peraturan Menteri Kesehatan RI No.75, 2014)

‚Äč


Full Text: PDF Abstract views : 197 views : 384

Refbacks



Copyright (c) 2023 Jurnal Lestari Sosial Budaya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.