Analisis Tindak Tutur pada Iklan Rokok Sampoerna A Mild Versi “Solusi Lo Masalah Buat Gue”

Adam Muhammad Sidiq, Sasongko S Putro, Yuyus Rustandi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pesan moral dalam slogan iklan rokok Rokok Sampoerna A Mild versi “Solusi lo masalah buat gue”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah data yang berwujud verba yaitu kata-kata, ungkapan, kalimat yang terkait dengan ragam makna semantik dalam slogan iklan rokok Sampoerna A Mild versi “Solusi lo masalah buat gue”. Sumber dalam penelitian ini diambil dari slogan-slogan iklan rokok Sampoerna A Mild versi “Solusi lo masalah buat gue”. Metode pengumpulan data yang digunakan untuk menjawab semua permasalahan yang ada yaitu metode dokumentasi dan metode catat. Prosesanalisis data dalam penelitian ini dilakukan dalam suatu proses yaitu penganalisisan data telah mulai dilakukan sejak pengumpulan data dan dikerjakan secara intensif sampai berakhirnya penelitian. Berdasarkan hasil penelitian maka ditemukan kesimpulan sebagai berikut; 1) Penelitian tentang tindak tutur ilokusi dalam tuturan iklan rokok Sampoerna A Mild versi “Solusi lo masalah buat gue” yang dianalisis menurut pendapat George Yule. Berdasarkan keempat seri iklan tersebut, keempatnya merupakan tindak tutur asertif. 2) pesan moral yang terdapat dalam slogan iklan rokok Sampoerna A Mild versi “Solusi lo masalah buat gue”: pesan moral memiliki dua bentuk yakni yang pertama pesan moral dalam hubungan manusia dengan diri sendiri memperlihatkan tidak boleh mementingkan diri sendiri di atas kepentingan bersama, yang kedua pesan moral dalam hubungan manusia dengan manusia lain yang menghormati dan bertanggung jawab kepada sesama. Dengan kedua bentuk pesan moral tersebut disampaikan secara langsung atau eksplisit.

References


Aisah, Siti. (2018). “Ragam Bahasa Lisan Para Pedagang Buah Pasar Langesari Kota Banjar.” Literasi 2(1).

Darma, Aliah, Yoce. (2014). Analisis Wacana Kritis. Jakarta: PT Rafika Aditama.

Dian Kristiani Samosir, Iis Kurnia Nurhayati, Syarif Maulana. (2016). “Hegemoni Penggunaan Bahasa Inggris Dalam Slogan Perguruan Tinggi (Analisis Wacana Kritis Fairlough Pada Slogan Dua Universitas Swasta Di Kota Bandung).” jurnal sosioteknologi 15(1): 124–35.

Fananie, Zainuddin. 2002. Telaah Sastra. surakarta: Muhammadiyah Unversity Press.

Halik, A. 2015. “Peran Media Massa Dalam Komunikasi Antar Budaya.” Jurnal Program Ilmu Komunikasi 2(1): 83-92.

Keraf, Gorys. 1984. Diksi Dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka. Khusnaeni, Nuri Luluk. 2017. “Pengaruh Iklan Terhadap Sikap Konsumen Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian.” Jurnal Administrasi Bisnis 47(2): 49–56.

Lado, Susana Fitriani. 2016. “Analisis Struktur Dan Nilai-Nilai Moral Yang Terkandung Dalam Cerpen Ten Made Todoke Karya Yoshida Genjiro.” Japanese Literature 2(2): 1–10.

Listianingrum, Ria. 2021. “Strategi Komunikasi Melalui Media Instagram Dalam Memberikan Informasi Kepada Mahasiswa.” Jurnal Pustaka Komunikasi 4(1): 11–23.

M. Hasbullah Ridwan, M.Pd. 2020. “Analisis Tindak Tutur Antara Penjual Dan Pembeli Di Pasar Sumberayu Muncur.” peneroka 1(1): 1–25.

Noermanzah. 2019. “Bahasa Sebagai Alat Komunikasi, Citra Pikiran, Dan Kepribadian.” Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia: 306– 19.

Nurgiyantoro, B. 1995. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nurimba, Yeyen. 2020. “Pesan Moral Dalam Iklan: Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Iklan Rokok Apache Versi Hidup Gue Cara Gue.” Communication Sciences 3(1): 18–25.

Saraswati, Kartikasari. 2014. “Analisis Praanggapan Pada Slogan Iklan ‘Kendaraan’ Harian Surat Kabar Solopos Edisi November 2013 – Februari 2014.” Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sheptalina, Elsye Wednes. 2011. Universitas Pembangunan Nasional “Pemaknaan Iklan Rokok A Mild Versi Go A Head Diving Di Media Luar Ruang.” Universitas Pembangunan Nasional.

Sugiyoono, Prof. Dr. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA,CV.

Tarigan, Henry Guntur. 1986. Pengajaran Pragmatik. Bandung: Penerbit Angkasa. Wahyuningsih, S. 2014. “Kearifan Budaya Lokal Madura Sebagai Media Persuatif.” Jurnal Program Ilmu Komunikasi 1(2): 171–80.

Wibisono. 1991. Kebudayaan Dan Teknologi. Direktorat Jedral Kebudayaan. Departemen Pendidikan dan Kebudayan.

Wijana, I. Dewa Putu. 1996. Dasar-Dasar Pragamtik. Yogyakarta: ANDI Yogyakarta.

Www.sampoerna.com. 2023. “Sekilas Sampoerna.”

Yule, George. 2006. Pragmatik. 1st ed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yulianto, A. 2014. “Limbah Daun Ketepeng Sebagai Tekstur Pigura Dengan Desain Baru Untuk Pembelajaran Anak SDN Kerten, Surakarta.” Jurnal Paradigma 12(2): 188–96.


Full Text: PDF Abstract views : 157 views : 263

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Lestari Sosial Budaya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.