Pelatihan Pengembangan Merek dan Komunikasi Pemasaran Pada Persit Kodim 0732/Sleman Yogyakarta
Abstract
Persit Kodim 0732/Sleman yang beranggotakan istri – istri prajurit TNI-AD memiliki banyak potensi di bidang usaha. Salah satunya adalah potensi untuk memproduksi makanan ringan yang dapat menjadi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Namun sayangnya, potensi tersebut belum didukung dengan kemampuan untuk melakukan komunikasi pemasaran yang memadai. Sehingga, menjadikan potensi untuk mengembangkan UMKM tersebut terhambat. Keterbatasan dalam komuikasi pemasaran tersebut dapat diasah melalui pengenalan ilmu komunikasi terutama dari bidang ilmu komunikasi dunia digital dan perancangan merek. Oleh karena itu, tim pengabdian Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Atma Jaya Yogyakarta mencoba memberikan pelatihan dasar-dasar komunikasi pemasaran dan perancangan merek kepada Persit 0732/Sleman. Pelatihan yang disampaikan mencakup Pengenalan Komunikasi Pemasaran, Pengenalan Manajemen Merek, Perancangan Naskah (copywriting) dan Caption di Media Sosial, dan Pengembangan Ide Konten Media Sosial. Kegiatan ini dapat mendorong peningkatan pemanfaatan media sosial bagi UMKM dari Persit Kodim 0732/Sleman.
References
Anna, Luisa Kus. (2018). 7 Tips Membuat Caption Foto Menarik. Diakses pada tanggal 1 Desember 2022 dari: https://lifestyle.kompas.com/read/2018/05/28/073600320/7-tips-membuat-caption-foto-menarik?page=all
Bilkistiana, Yolla, Melda Suka Sari, dan Ibrahim Mitchel Sasongko. (2019). Membuat Strategi Promosi Dalam Membangun Brand Awareness Terhadap Rumah Makan Padang Panjang di Instagram. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ.
Karnadi, Alif. (2021). Pengguna Media Sosial di Indonesia Mencapai 170 Juta. Diakses pada tanggal 1 Desember 2022 dari: https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-media-sosial-di-indonesia-mencapai-170-juta
Keller, Kevin Lane. (2013). Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity. Dartmouth College: Pearson Education Limited.
Luo, Shanshan, dan Robert Hamlin (2022). A cross cultural comparison of brand love in consumer brand relationships: Is ‘transmissive brand love’ a potential platform for developing brand equity?. Journal of Brand Management: https://doi.org/10.1057/s41262-022-00286-6
Nastain, Muhamad. (2017). Branding dan Eksistensi Produk (Kajian Teoritik Konsep Branding dan Tantangan Eksistensi Produk). Channel, 5 (10), 14-26.
NN. (2020). Sejarah Singkat Persatuan Istri Prajurit Kartika Chandra Kirana. Diakses pada tanggal 19 September 2022 dari https://persitpusat.or.id/sejarah-singkat/
NN. (2020). Maksud dan Tujuan Persit Kartika Chandra Kirana. Diakses pada tanggal 19 September 2022 dari https://persitpusat.or.id/maksud-dan-tujuan/
Pranata, I Wayan Dicky Reza, dan Km. Agus Satria Pramudana. (2018). Peran Kesadaran Merek (Brand Awareness) Dalam Memediasi Hubungan Iklan Oppo dengan Niat Beli Konsumen. E-Jurnal Manajemen Unud, 7(10), 5230-5257. doi.org/10.24843/EJMUNUD.2018.v7.i10.p2
Santos Junior, E. C. S. (2018). Brand portfolio strategy and Brand Architecture: A Comparative Study. Cogent Business & Management, 5(1), 1483465. https://doi.org/10.1080/23311975.2018.1483465
Sari, Renny Ambar. (2021). 6 Tips Copywriting Instagram Yang Menarik, Brand Owner Wajib Tahu! Diakses pada tanggal 1 Desember 2022 dari: https://mashmoshem.co.id/tips-copywriting-instagram/
Thomas, P. N., & van de Fliert, E. (2015). Interrogating the Theory and Practice of Communication for Social Change: the Basis for a Renewal. Palgrave Macmillan.
Zahay, Debra. (2015). Digital Marketing Management: A Handbook for the Current (or Future) CEO. New York: Business Expert Press.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Lestari Sosial Budaya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.