Analisis Konten Live Streaming Shopee Wardah Sunscreen sebagai Optimalisasi Komunikasi Pemasaran Digital 5.0
Abstract
Kemampuan komunikasi dan media kreatif dalam aktifitas pemasan produk seringkali menjadi kendala dalam praktek komunikasi bisnis. Pelaku usaha belum mampu mengoptimalkan platform digital dalam mengemas pesan bisnis pada aktifitas komunikasi pemasaran di era digital 5.0. Penelitian ini bertujuan menganalisis bagaimana produk kostmetik Wardah melakukan optimalisasi komunikasi pemasaran di akun marketplace Shopee melalui fitur live streaming. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif peneliti melakakukan analisis pada konten iklan wardah yang ditayangkan pada live Shopee Special Sale 1.1 dan Wardah Big Sale New Year edisi 1 Januari 2025. Peneliti menggunakan menggunakan teori Integrated Marketing Communication (IMC) menganalisis aktifitas komunikasi bisnis wardah. Dengan menggunakan software Nvivo 12, peneliti menganalisis elemen komunikasi pemasaran seperti strategi promosi, interaksi antara host live streaming dan konsumen, serta respons pasar. Promosi mencakup informasi produk Wardah, diskon, voucher, dan flash sale, sedangkan interaksi dilakukan melalui tanya jawab antara host dan penonton. Adapun respons pasar terlihat dari review produk dan reaksi klaim voucher selama sesi berlangsung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Shopee live streaming dan event promosinya efektif sebagai media komunikasi pemasaran, meningkatkan interaksi konsumen serta penjualan. Hasil Analisis Nnivo 12 mendapati bahwa pesan yang disampaikan dalam sesi live streaming Wardah selaras dengan prinsip IMC. Peneliti menegaskan, promosi yang konsisten dan tepat waktu selama event besar terbukti memperluas pasar dan meningkatkan kesadaran produk. Media ini menjadi komponen penting dalam strategi pemasaran digital untuk mempertahankan loyalitas pelanggan dan meningkatkan penjualan.
Keywords
References
Abdurrahman, F. (2024). Lexy Meloerg, Metode Penelitian Kualitatif , (Bandung: Remaja Rosda Karya, 200), 26. 38. Fatoni Abdurrahman, Metodologi Penelitian Dan Teknik Penyususna Skripsi, 38–49.
Agoes. (2019). Strategi Komunikasi Pemasaran Wisata Baru Setigi di Gresik Jawa Timur. Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(2), 114–129. https://doi.org/10.15642/jik.2019.9.2.114-129
Anggini. (2024). Utilization of Digital Marketing in Maintain Brand Loyalty and Increasing Sales of Opak Oded.
Anggreini & Anang. (2024). Strategi Komunikasi Pemasaran Anggrek Souvenir dalam Mempromosikan Produk. Pubmedia Social Sciences and Humanities, 1(3), 18. https://doi.org/10.47134/pssh.v1i3.176
Assyakurohhim. (2023). Pendekatan Kualitatif dalam Penelitian : Strategi , Tahapan , dan Analisis Data Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran ( JTPP ). 02(03), 793–800.
Aurellia, , Rizkita, D., Sirri, R., Fatikha, A., Hidayat, R., & Ikaningtyas, M. (2024). Analisis Pemanfaatan Shopee Live Sebagai Platform Pengembangan Bisnis Dalam Era Digital. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 174–178. https://jurnalfkip.samawa-university.ac.id/karya_jpm/index
Doni. (2019). ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN MERCHANDISE DI KEDAI DIGITAL 8 SOLO (Studi Kasus Strategi Komunikasi Pemasaran). Surakarta Management Journal, 1(1), 43. https://doi.org/10.52429/smj.v1i1.329
Endah, P. T., Wilujeng, S. A., Rifka, F., Achmad, S., & Imbalan, Z. (2020). NVIVO | i. Pemanfaatan NVIVO Dalam Penelitian Kualitatif, 1–125. https://fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2021/10/b5-Pemanfaatan-NVIVO-dalam-Penelitian-Kualitatif.pdf
Erico, A. (2024). STRATEGI PEMASARAN E-COMMERCE DI ERA TEKNOLOGI 4 . 0 ( STUDI KASUS PLATFORM DIGITAL TIK TOK ) E-COMMERCE MARKETING STRATEGY IN THE ERA OF TECHNOLOGY 4 . 0 ( CASE STUDY OF THE TIK TOK DIGITAL PLATFORM ). November, 7287–7295.
Erislan. (2024). Manajemen Pemasaran Digital.
Farahdiba. (2020). Konsep Dan Strategi Komunikasi Pemasaran: Perubahan Perilaku Konsumen Menuju Era Disrupsi. Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna, 8(1), 22. https://doi.org/10.30659/jikm.v8i1.7992
Firmansyah. (2020). Buku Komunikasi Pemasaran. In Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Vol. 6, Issue August).
Fitria. (2021). Types of Communication. Digital Communication over Fading Channels, 2, 45–79. https://doi.org/10.1002/0471715220.ch3
Ginting, A. K., & Harahap, K. (2022). Pengaruh Direct Marketing dan Product Quality Terhadap Repurchase Intention pada Live Streaming Marketing Shopee Live (Studi pada Pengguna Aplikasi Shopee di Kota Medan). Journal of Social Research, 1(8), 851–863. https://doi.org/10.55324/josr.v1i8.175
Habibah, A. N., Mulyono, F., & Gunawan, C. (2023). Integrated Marketing Communication : How Imc Method Build a Brand Equity. Marketgram Journal, 1(1), 44–51.
Huberman & Miles. (2020). Febri Endra, Pengantar Metodologi Penelitian: Statistika Praktis (Sidoarjo: Zifatama Jawara, 2017), 17. 26. 133, 26–31.
Imalaya, alma. (2024). Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran di Platform TikTok: Kajian Konten pada Akun @optikalunett_official. Jurnal Penelitian Inovatif, 4(1), 149–158. https://doi.org/10.54082/jupin.274
Ira, Auliya Firdaus, Qurtubi, Q., Wahyudhi Sutrisno, & Chancard Basumerda. (2021). Analisis Strategi Digital Marketing pada Toko Online Usaha Kecil Menengah. Jurnal INTECH Teknik Industri Universitas Serang Raya, 7(2), 121–128. https://doi.org/10.30656/intech.v7i2.3968
Kurniawati, E., & Sugiyanto, C. (2021). Pengaruh Struktur Umur Penduduk terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia. Jurnal Ekonomi Dan Pembangunan Indonesia, 21(1), 41–58. https://doi.org/10.21002/jepi.2021.04
Mutiara. (2023). Strategi Pemasaran dalam meningkatkan penjualan produk di pt cloud hosting indonesia. Nucl. Phys., 13(1), 104–116.
Putri, S. S. (2022). Digital Marketing Sebagai Optimalisasi Strategi Pemasaran Wirausaha Muda “ Clothing PRJBus ” Dalam Meningkatkan Omset Bisnis UMKM. Jurnal Lugas, 6(2), 65–72.
Rahmawati, U. (2021). UPAYA MENINGKATKAN PENDANAAN Laporan Magang MB-KM.
Rupianti, R., Setiawan, A., Sapari, L. S. J., & ... (2023). Manajemen Bisnis dalam Era Digital: Pendekatan Teoritis dan Praktis. In PT. Literasi Nusantara Abadi Grup. https://repository.petra.ac.id/20750/%0Ahttps://repository.petra.ac.id/20750/1/Publikasi1_04021_9945.pdf
Saragih, Aurora Elise Putriku, Silvia Diva Sari, Yessi Novitasari
Laia, & Yoga Syahputra. (2024). Pemanfaatan Digital Marketing Sebagai Media Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Kontribusi Ekspor UMKM di Era 4.0. Jurnal Strategi Bisnis Teknologi, 1(3), 63–72. https://doi.org/10.61132/jusbit.v1i3.174
Sarah. (2022). PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL CUSTOMER SERVICE TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT. SUCOFINDO CABANG BANJARMASIN. 10(1), 1–52. https://doi.org/10.21608/pshj.2022.250026
Siagian, T., Fachruddin, I., & Zakiyah, R. (2020). Optimalisasi Kinerja Divisi Chartering Dan Marketing Terhadap Pencapaian Target Management Pt. Humpuss Transportasi Kimia. Meteor STIP Marunda, 13(1), 15–25. https://doi.org/10.36101/msm.v13i1.140
Suherman. (2020). INDUSTRY 4.0 vs SOCIETY 5.0 (Issue May).
Suswanto, P., & Setiawati, S. D. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Shopee Dalam Membangun Positioning Di Tengah Pandemi Covid-19 Di Indonesia. Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 16–29.
http://52.221.78.156/index.php/linimasa/article/view/2754
Syarif, Birgantoro, B. A., Hermawan, A., Gani, M. A., Sugiyanto, S., & Maddinsyah, A. (2022). Optimalisasi Pemasaran Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Makanan Dengan Pemanfaatan Whatsapp. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 2(1), 54–66. https://doi.org/10.51805/jpmm.v2i1.56
Tjiptono. (2019). Jurnal Ilmiah Swara MaNajemen (Swara Mahasiswa Manajemen). Ilmiah Swara MaNajemen (Swara Mahasiswa Manajemen), 4(1), 172–186. https://doi.org/10.32493/jism.v4i1
Wahid. (2024). Strategi Pemasaran Usaha Melalui Digital Marketing. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4(1), 6475–6485.
DOI: 10.33751/jpsik.v9i1.11639
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.