Pengaruh Kecocokan Produk dan Influencer Terhadap Output Iklan di Instagram

Hajeng Hega Utomo, Diajeng Herika Hermanu

Abstract


Dengan banyaknya pengguna media sosial, perusahaan mengubah cara untuk mengiklankan produk yang mereka miliki. Saat ini, pertumbuhan pemasaran menggunakan influencer telah menjadi strategi yang efektif. Influencer semakin banyak digunakan oleh perusahaan untuk membantu mempromosikan produk mereka di-posting-an Instagram. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan iklan dengan kecocokan produk terhadap influencer akan berdampak terhadap output dari iklan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif untuk melihat tingkat pengaruh variabel independen (bebas) terhadap variabel dependen (terikat). Populasi penelitian ini mencakup seluruh pengikut akun sosial media Instagram Pantene di Indonesia (@panteneid) pada Januari 2024, dengan total sebanyak 36.000 pengikut. Sampel yang dibutukan sebanyak 100 sampel. Pemilihan influencer @keanuagl sebagai bintang iklan Pantene dianggap relevan dengan kondisi pengikut. Kecocokan Produk dengan Influencer memiliki pengaruh yang terlihat cukup kuat pada Output Iklan. Penelitian ini mengidentifikasi bahwa Kecocokan Produk dengan Influencer memberikan kontribusi yang positif terhadap Output Iklan. Pengaruh yang cukup kuat ini menunjukkan bahwa Kecocokan Produk dengan Influencer memiliki potensi untuk meningkatkan Output Iklan pada pengikut akun Instagram @panteneid. Pada variabel X, indikator relevansi tertinggi (1) menunjukkan kecocokan yang baik antara produk Pantene dengan @keanuagl. Pada variabel Y, indikator purchase intention tinggi (1) menunjukkan minat beli karena masalah rambut yang sama seperti yang diiklankan.


Keywords


Influencer; Kecocokan Produk; Komunikasi Iklan; Output Iklan.

References


Agustina, W., & Sari, W. P. (2021). Pengaruh Influencer Marketing Tiktok terhadap Brand Image Bittersweet by Najla. Prologia, 5(2), 356. https://doi.org/10.24912/pr.v5i2.10211

Candra, W. K. S. (2023). The Effect of Social Media Influencer Characteristics on Purchase Intention on Beauty Products in Indonesia. 19. https://doi.org/https://doi.org/10.18860/iq.v19i2.22544

Darmawan, D., Mardikaningsih, R., & Hariani, M. (2019). The Effects Of Endorser Credibility, Attitude Toward To ADS, And Brand Attitude On Purchase Intention. Relasi : Jurnal Ekonomi, 15(2), 263–276. https://doi.org/10.31967/relasi.v15i2.311

Dzikriyana. (2023). Instagram Ads: Cara Beriklan, Tips, dan Biaya. https://revou.co/panduan-teknis/instagram-ads

Faradilla, M. A., & Andarini, S. (2022). Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Minat Beli Produk Maybelline New York Melalui Sikap pada Iklan Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB, 12(1), 97–104. www.fda.gov,2016

Ghazali Nugraha Pratama, & Diajeng Herika Hermanu. (2023). Karakteristik Micro Influencer Tiktok Terhadap Kebutuhan Informasi Followers Gen Z. Bandung Conference Series: Journalism, 3(3), 279–283. https://doi.org/10.29313/bcsj.v3i3.9637

Herrando, C., & Martín-De Hoyos, M. J. (2022). Influencer endorsement posts and their effects on advertising attitudes and purchase intentions. International Journal of Consumer Studies, 46(6), 2288–2299. https://doi.org/10.1111/ijcs.12785

Janssen, L., Schouten, A. P., & Croes, E. A. J. (2022). Influencer advertising on Instagram: product-influencer fit and number of followers affect advertising outcomes and influencer evaluations via credibility and identification. International Journal of Advertising, 41(1), 101–127. https://doi.org/10.1080/02650487.2021.1994205

Jelita, A. F., & Rimiyati, H. (2021). Pengaruh Kredibilitas Influencer Pada Efektivitas Iklan Media Sosial Instagram Dalam Membentuk Minat Beli Konsumen (Studi Pada Pengikut Instagram Ayudia Bing Slamet). Jurnal Fokus Manajemen Bisnis, 11(1), 22. https://doi.org/10.12928/fokus.v11i1.3734

Julius, N. (2024). Data Jumlah Pengguna Instagram di Indonesia 2024. Https://Upgraded.Id/Data-Jumlah-Pengguna-Instagram-Di-Indonesia. https://upgraded.id/data-jumlah-pengguna-instagram-di-indonesia

Lawinsider.com. (2023). Advertising Communication definition. Https://Www.Lawinsider.Com/Dictionary/Advertising-Communication#:~:Text=Advertising%20Communication%20means%20a%20discussion,Specific%20purchase%20that%20includes%20Advertising. https://www.lawinsider.com/dictionary/advertising-communication#:~:text=Advertising Communication means a discussion,specific purchase that includes Advertising

Lenaini, I. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive Dan Snowball Sampling. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33–39. http://journal.ummat.ac.id/index.php/historis

Nursyamsi, J., Sukirman, E., & Utomo, J. (2024). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Inovasi Produk Dan Kinerja Pemasaran Terhadap Keunggulan Bersaing. 3(2), 76–85.

Riza Dwiatmaja, A., & Setiosuci Perbawani, P. (2021). Endorser Laki-Laki Produk Kosmetik Perempuan Dan Pengaruhnya Terhadap Sikap Khalayak. Jurnal Komunikasi, 15(2), 79–90. https://doi.org/10.20885/komunikasi.vol15.iss2.art1

Rusanti, E., & Sofyan, A. S. (2021). Strategi Periklanan “Celebrity and Influencer Endorsers” dalam Mendorong Gaya Hidup Konsumtif. Study of Scientific and Behavioral Management (SSBM), 2(3), 1–16. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/ssbm

Schouten, A. P., Janssen, L., & Verspaget, M. (2020). Celebrity vs. Influencer endorsements in advertising: the role of identification, credibility, and Product-Endorser fit. International Journal of Advertising, 39(2), 258–281. https://doi.org/10.1080/02650487.2019.1634898

Sesar, V., Martinčević, I., & Boguszewicz-Kreft, M. (2022). Relationship between Advertising Disclosure, Influencer Credibility and Purchase Intention. Journal of Risk and Financial Management, 15(7). https://doi.org/10.3390/jrfm15070276

Sugiyono, & Lestari, P. (2021). Metode Penelitian Komunikasi (Sunarto (ed.)). Alfabeta, cv.

Yudha, G. P., & Kurnia, K. (2023). “Pop-up Ads, Skip, or Strike?” Studi Efektifitas Format Pop-up Ads terhadap Web User’s Attitude. Inter Community: Journal of Communication Empowerment, 4(2), 52. https://doi.org/10.33376/ic.v4i2.1745


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/jpsik.v9i1.11699

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.