Analisis Hubungan Konten Media Sosial @tabu.id pada Persepsi Seksual Aman Generasi z di Wilayah Jabodetabek

Valianty Sariswara, Pelangi Deana Putri, Muhammad Reza

Abstract


Era teknologi digital menyorong generasi Z menelusuri informasi melalui media sosial secara bebas dan terbuka, menciptakan pengguna dapat mengakses beragam konten isu yang tidak dapat dibatasi. Konten yang kencang didengar adalah terkait adanya isu seksualitas, Instagram sebagai akun media sosial yang digemari generasi Z mengakibatkan berbagai konsumsi isu bebas di sajikan. Hadirnya akun @Tabu.id sebagai salah satu akun media sosial Instagram yang memberikan wadah edukasi seksual aman dan reproduksi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana hubungan konten media sosial Instagram @Tabu.id pada persepsi seksual aman generasi Z di Jabodetabek. Metode penelitian kuantitatif dipilih sebagai fondasi penelitian ini, menggunakan teknik analisis data dengan uji korelasi dengan bantuan program SPSS. Hasil memaparkan adanya hubungan yang sangat signifikan terkait indikator konten media sosial (X) terhadap persepsi seksual aman generasi Z (Y) dengan korelasi indikator tertinggi didapati oleh indikator fungsi (X3) serta peran (X4) pada persepsi afektif (Y2) serta konatif (Y3) dengan nilai sebesar 0,927. Sehingga konten media sosial pada akun @Tabun.id bukan hanya memberikan informasi melainkan dapat membentuk persepsi emosional kecenderungan terhadap perilaku generasi Z dalam mengkonsumsi isu pendidikan seksual aman.


Keywords


Generasi Z; Instagram; Media sosial; Persepsi seksual aman; @Tabu.id.

References


Afrilia, A. M., & Arifina, A. S. (2020). Buku Ajar Komunikasi Interpersonal. Pustaka Rumah C1nta.

Ahdiat, A. (2024). Media Sosial Favorit Gen Z dan Milenial Indonesia. Databoks.Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/infografik/2024/09/24/media-sosial-favorit-gen-z-dan-milenial-indonesia

Anggraini, C., Ritonga, D. H., Kristina, L., Syam, M., & Kustiawan, W. (2022). Komunikasi Interpersonal. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 1(3), 337–342. https://doi.org/10.37676/mude.v1i3.2611

Baskoro, A. A., & Kistiana, S. (2024). Nikah Dini Bermodal Cinta hingga Pendidikan Seks, Isu Seksualitas Gen Z. Magdalene.Co. https://magdalene.co/story/seksualitas-gen-z/

Cholik, C. A. (2021). Teknologi Informasi, ICT. Jurnal Fakultas Teknik, 2(2), 39–46.

Dihni, V. A. (2021). Instagram, Media Sosial Favorit Generasi z di Dunia. Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/09/14/instagram-media-sosial-favorit-generasi-z-di-dunia

Fajri, R. C., Prikurnia, A. K., & Agustina, M. (2022). Pengaruh Model Sikap Tiga Komponen Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Buds Organics. Jurnal Aktual Akuntansi Keuangan Bisnis Terapan (AKUNBISNIS), 5(2), 266. https://doi.org/10.32497/akunbisnis.v5i2.4158

Fikrie, M. (2024). Survei Invinyx dan Jakpat: Instagram Medsos Terpopuler di Kalangan Gen Z. Kumparan.Com. https://kumparan.com/kumparantech/survei-invinyx-dan-jakpat-instagram-medsos-terpopuler-di-kalangan-gen-z-22R8H65PDmc?utm_source=chatgpt.com

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Pogram IBM SPSS (9th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gustini, R. (2020). Akun Instagram Tabu.Id Sebagai Media Pendidikan Seksual Bagi Remaja. Mankom.Fikom.Unpad.Ac.Id, 2507(February), 1–9.

Karunia H, H., Ashri, N., & Irwansyah, I. (2021). Fenomena Penggunaan Media Sosial : Studi Pada Teori Uses and Gratification. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(1), 92–104. https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i1.187

Komnas Perempuan. (2020). Siaran Pers Komnas Perempuan: Memperkuat Kelembagaan Layanan berbasis Masyarakat Untuk Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual. Komnasperempuan.Go.Id. https://komnasperempuan.go.id/siaran-pers-detail/siaran-pers-komnas-perempuan-memperkuat-kelembagaan-layanan-berbasis-masyarakat-untuk-pencegahan-dan-penanganan-kekerasan-seksual

Maheswari, A. T. P., Parahita, B. N., & Purwanto, D. (2023). Hiperealitas Pada Media Sosial Instagram Dalam Merepresentasikan Relasi Sosial Pertemanan Generasi z. Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi Dan Informasi, 8(3), 398–415. https://doi.org/10.52423/jikuho.v8i3.84

Nurudin. (2016). Ilmu Komunikasi Ilmiah dan Populer (Pertama). PT RajaGrafindo Persada.

Ono, D. K., Handayani, P., Adinda, S., Andarini, P., & Milono, Y. K. (2024). Komunikasi Interpersonal Antar Pelaku Narapidana Dalam Pengembangan Kopi Krabu Pendahuluan Dalam upaya untuk mengungkap seluk-beluk komunikasi interpersonal dalam program Kopi Krabu di Rutan Depok Kelas 1 , penelitian ini dengan cermat mengadopsi pendekat. Jurnal Penelitan Sosial Ilmu Komunikas, 8, 162–169.

Prabowo, D. (2020). Pengaruh Media Sosial Instagram, Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Kemudahan Mengakses Produk Terhadap Niat Beli Konsumen (Studi Terhaadap Konsumen Akun Instagram Falish.Store). Fakultas Bisnis Dan Ekonomika Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Rahmawati, M., & Budiman, A. (2023). Kerangka Hukum tentang Aborsi Aman di Indonesia 2023. Institute for Criminal Justice Reform, 1–19.

Setiawan, W. (2017). Era Digital dan Tantangannya. Seminar Nasional Pendidikan. Seminar Nasional Pendidikan, 1–9.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, Cv.

Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Alfabeta, Cv.

Suherman, A. (2020). Buku Ajar Teori-Teori Komunikasi (1st ed.). CV. Budi Utama.

Wulandari, D. Y. (2018). Tabu.Id: Mengupas Hal yang Dianggap Tabu dengan Bijaksana. Goodnewsfromindonesia.Id. https://www.goodnewsfromindonesia.id/2018/12/17/tabu-id-mengupas-hal-yang-dianggap-tabu-dengan-bijaksana


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/jpsik.v9i1.11914

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.