HUBUNGAN PERILAKU KONSUMEN DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PT. MITRA BUANA FORESINDO

Choirun Nisa NoviyantI, Qoute Nuraini Cahyaningrum, Sabila Adinda Puri Andarini

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hubungan perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian pada travel umrah dan haji Niat Umroh (PT. Mitra Buana Foresindo). Umrah Backpacker pada saat ini sedang ramai diperbincangkan oleh masyarakat khususnya di Indonesia. Fenomena ini menjadi salah satu hal yang dapat mempengaruhi persaingan sektor bisnis di bidang jasa travel umrah dan haji, untuk meninjau lebih lanjut peneliti ingin mencari tahu hubungan antara variabel x (perilaku konsumen) dengan variabel y (keputusan pembelian) di travel Niat Umroh. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif deskriptif korelasi. Pada penelitian ini menggunakan 101 sampel dari populasi yang berjumlah 135. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara variabel X Perilaku Konsumen dengan variabel Y Keputusan Pembelian dengan kategori kuat. Dilihat dari hasil penelitian, perilaku konsumen travel Niat Umroh menunjukkan hasil kategori paling tinggi terdapat pada indikator X3 Perasaan Pada Produk Tertentu dengan Y4 Resiko. Dilihat dari uji korelasi dapat dilihat nilai korelasi koefisien berjumlah 0,765 dengan keterangan kuat dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Faktor ini disebabkan dengan mayoritas responden menjawab dengan jawaban positif.

 

Kata Kunci: keputusan pembelian, perilaku konsumen, travel umrah dan haji niat umroh, umrah backpacker.

 

Abstract

This study aims to explain consumer behavior and purchasing decisions in Niatumrah Umrah and Hajj travel (PT. Mitra Buana Foresindo). Umrah Backpacker is currently a hot topic of discussion among the public, especially in Indonesia. This phenomenon has become one of the factors that can influence competition in the Umrah and Hajj travel services sector. To further investigate, the researcher seeks to understand the relationship between variable X (consumer behavior) and variable Y (purchasing decisions) in Niatumrah travel. This study employs a descriptive correlational quantitative approach. It uses a sample of 101 from a population of 135. The study concludes that there is a strong relationship between variable X (Consumer Behavior) and variable Y (Purchasing Decisions). According to the research results, the highest category of consumer behavior in Niatumrah travel is found in the indicator X3 (Feelings Towards a Specific Product) with Y4 (Risk). From the correlation test, the correlation coefficient value is 0.765, indicating a strong relationship, with a significance value of 0.000. This factor is due to the majority of respondents providing positive responses.

 

Keywords: consumer behavior, niat umroh and hajj travel, purchasing decisions, umrah backpacker.


Keywords


consumer behavior, niat umroh and hajj travel, purchasing decisions, umrah backpacker.

References


Abdul, B. (2023, September 23). Umrah Backpacker, Gak Bahaya Tah? Retrieved from Kementerian Agama Republik Indonesia: https://kemenag.go.id/opini/umrah-backpacker-gak-bahaya-tah-r0Wmc

Ahmad. (2015). Pemasaran Salesmanship 2013, Aplikasi Perilaku Konsumen, Cetakan Keempat. In Ahmad, Pemasaran Salesmanship 2013, Aplikasi Perilaku Konsumen, Cetakan Keempat (p. 82). Jakarta: Lentera Ilmu Cendekia.

Ahmad, (2019). Dampak Lokasi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Paket Haji -Umrah di PT Al Ikhlas Wisata Mandiri. Jurnal Iqtisaduna Vol 5 No.2. Makasar: Universitas Alaudin.

Anggoro, H. (2023, Oktober 18). Fenomena “Umrah Backpacker”, Ini Penjelasan Kemenag. Retrieved from Direktorat Jendral Penyelenggaraan Haji dan Umrah: https://haji.kemenag.go.id/v5/detail/fenomena-umrah-backpacker-ini-penjelasan-kemenag

Chaidir. (2024, Februari 20). Arab Saudi Permudah Umrah Mandiri, Indonesia Malah Melarang. Ketua MPR RI Angkat Bicara. Retrieved from DESKDIY DOT ID: https://deskdiy.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-3077737252/arab-saudi-permudah-umrah-mandiri-indonesia-malah-melarang-ketua-mpr-ri-angkat-bicara?page=all

Intan, Elsi Maya. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Konsumen terhadap Keputusan Memilih biro Perjalanan Umroh dan Haji Khusus. Jurnal Al Iqtishad Edisi 18 Vol.2. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Alma Ata

Keller. (2016). A framework for marketing management. In K. L. Philip Kotler, A framework for marketing management. Pearson Boston, MA.

Kotler, Philip. (2015). Marketing Management, Global Edition . Pearson Education Limited: Essex, England

Kotler. (2015). Manajemen Pemasaran Edisi Milenium . In Kotler, Manajemen Pemasaran Edisi Milenium . Jakarta: PT. Prehalindo.

Prodjo, W. A. (2017, Juni 02). Sejak Kapan Umrah "Backpacker" Mulai Populer? Retrieved from Kompas.com: https://travel.kompas.com/read/2017/06/02/210500727/sejak.kapan.umrah.backpacker.mulai.populer.

Sari, S. F. (2018). Pengaruh persepsi harga dan perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian produk Oriflame. Robby Fauji, Sihabudin, Fitri Indah Sari, 255

Solomon. (2009). Consumer Behavior: Buying, Having, and Being (8th ed.) Management Decision, 47(5),. Solomon, M, R, 845–848.

Sugiyono. (2023). Metode penelitian kuantitatif kualitatif. Bandung: ALFABETA.

Umar. (2002). Metode Riset Komunikasi Organisasi. In Umar, Metode Riset Komunikasi Organisasi (p. 27). Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/jpsik.v9i1.12076

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.