Bauran Promosi RSUD Ciawi Kabupaten Bogor dalam meningkatkan Brand Awareness

Muhammad Ivan Maulana

Abstract


Komunikasi pemasaran rumah sakit merupakan bagian penting dalam promosi rumah sakit sebagai tujuan untuk menjalankan bisnis demi mendapatkan profit dan memastikan keberlanjutan usaha rumah sakit. Proses pemasaran merupakan salah satu hal yang menantang dalam aktivitas manajemen rumah sakit. Sebagai penerapan misi preventif, kegiatan pemasaran rumah sakit juga harus mengikuti aturan dan kode etik profesi yang harus senantiasa diperhatikan. Namun, di sisi lain aspek bisnis yang menjadi salah satu tujuan operasional rumah sakit juga harus dipertimbangkan. Oleh karena itu, pendekatan pemasaran rumah sakit memiliki penyesuaian dan harus diadaptasi dengan baik dari konsep pemasaran pada dunia bisnis pada umumnya, diperlukan strategi-strategi yang tepat dalam promosi rumah sakit agar  memberikan value yang unik dan berbeda dari pesaing di dunia usaha rumah sakit. Dengan strategi komunikasi pemasaran melalui promosi yang terencana dan baik akan membawa dampak yang baik pada peningkatan brand awareness sebuah perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi elemen bauran promosi yang dilakukan oleh RSUD Ciawi Kabupaten Bogor dalam meningkatkan brand awareness.  Penelitian ini menggunakan  metode kualitatif deksriptif melalui wawancara terstruktur. Hasil dari penelitian ini adalah RSUD Ciawi Kabupaten Bogor melakukan lima bauran promosi yaitu Periklanan (Advertising), Promosi Penjualan (Sales Promotion), Penjualan Personal (Personal Selling), Pemasaran Langsung (Direct Marketing), Hubungan Masyarakat (Public Relations) untuk meningkatkan brand awareness. Melalui berbagai informasi program dan layanan kesehatan RSUD Ciawi Kabupaten Bogor mampu dikenal oleh masyarakat luas dan meningkatkan brand awareness.  


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/jpsik.v7i1.7854

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.