PENDEKATAN KOMUNIKASI INTERNAL DAN EKSTERNAL PUBLIC RELATIONS DALAM ORGANISASI

Titis Gandariani

Abstract


Komunikasi internal dan eksternal merupakan bagian integral komunikasi organisasi.  Public relations adalah pengelola komunikasi organisasi. Tujuan artikel adalah menguraikan tentang pemahaman, jenis, pendekatan, dan signifikansi komunikasi internal dan eksternal sebagai bagian integral komunikasi organisasi, sekaligus bagaimana peran dan fungsi public relations mengelolanya sesuai dengan kebutuhan organisasi. Metode penelitian adalah deskriptif. Hasil analisis, sebuah pendekatan konseptual komunikasi internal dan eksternal di lingkungan organisasi perlu dipelajari dan diterapkan. Pendekatan komunikasi dapat dilakukan melalui berbagai cara yakni the mechanical approach, the human relations approach, the general systems approach, the cultural approach, the political approach. Tulisan ini diharapkan dapat memberikan tambahan referensi bagi mahasiswa ilmu komunikasi khusus peminatan PR dan praktisi PR dalam melakukan pendekatan komunikasi publik di lingkungan organisasi yang efektif.


Keywords


Komunikasi Internal dan Eksternal; Komunikasi Organisasi; Hubungan Masyarakat.

References


Baskin, Otis and Craig E. Aronoff. (1992). Public Relations The Profession And The Practice. 4th edition. Boston: MC. Graw Hill.

Bungin, Burhan. (2007). Penelitian Kualitatif, Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta : Kencana Prenada Media Group

Cutlip, Scott M.,Center, Allen H, & Broom, Glen M. (2000). Effective Public Relations. Prentice Hall, New Jersey.

Gandariani, Titis. (2023). The Portrait of Public Relations Strategic Planning. Jurnal Mediasi, Vol. 4 (2) Mei 2023, Hlm. 90-102. Melalui: https://ojs2.polimedia.ac.id/index.php/mediasi/article/view/687/pdf_1. Diakses 24/07/2023:13.51 WIB. Doi: https://doi.org/10.46961/mediasi.v421.

______________.(2019). Perencanaan Krisis PR: Sebuah Upaya Strategi Komunikasi Mengatasi Krisis. Jurnal Lentera Komunikasi, Vol 3 (1), Hlm. 44-56. Melalui: https://plj.ac.id/ojs/index.php/jtksi/index Diakses 24/07/2023:13.51 WIB.

Gregory, Anne. (2018). Perencanaan dan Manajemen ‘Kampanye Public Relations’. Jakarta: Erlangga.

Griffin, E.M. (1997). A First Look at Communication Theory, Edisi Ketiga. New York: MCGraw Hill.

Jefkins, Frank & Yadin, Daniel. (2018). Public Relations, Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.

Pace, R Wayne & Faules, Don F. (2005). Komunikasi Organisasi ‘Strategi Meningkatkan Kinerja Perusahaan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Rakhmat, Jalaluddin. (2007). Metode Penelitian Komunikasi, Dilengkapi Contoh Analisis Statistik. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Romli, Khomsahrial. (2011). Komunikasi Organisasi Lengkap. Jakarta: Grasindo.

Sati, Irmulan T. (2006). Komunikasi Internal dan Public Relations: Telaah Strategis dalam Komunikasi Organisasi. Jakarta : Perhumas.

Wirawan. (2007). Budaya dan Iklim Organisasi ‘Teori Aplikasi dan Penelitian’. Jakarta: Salemba Empat.


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/jpsik.v7i2.8560

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.