PERSEPSI PENGELOLA PROGRAM STUDI BIDANG ILMU KOMUNIKASI SE-INDONESIA TENTANG KEBIJAKAN MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA

Wisnu Widjanarko, Fitria Ayuningtyas, Yuliati Yuliati, Lisa Adhriati, S. Bekti Istiyanto

Abstract


Kebijakan transformatif pendidikan tinggi Indonesia melalui model Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi sistem pendidikan yang selama ini telah mapan, termasuk salah satunya adalah rumpun ilmu komunikasi. Riset ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi pengelola program studi dalam rumpun ilmu komunikasi tentang kebijakan tersebut.  Riset yang dilakukan pada akhir tahun 2022 dengan pendekatan survei, terhadap 122 pengelola program studi dari perguruan tinggi negeri dan swasta se-Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan : 1)  81,9 % pengelola program studi meyakini program ini membantu mahasiswanya siap untuk untuk berdaya saing setelah lulus; 2) 86,9 % program studi telah memfasilitasi hak mahasiswa untuk belajar di luar kampus dengan model MBKM; 3) Terdapat dinamika persepsi pada pengelola program studi, khususnya terkait dengan konversi kredit mata kuliah dalam konteks capaian pembelajaran.    Untuk peningkatan implementasi MBKM, ke depan diperlukan penguatan kerjasama dengan dunia usaha dan industri yang difasilitasi asosiasi program studi dan kesepakatan prosedur operasional baku dalam mekanisme konversi.


Keywords


MBKM, Persepsi, Ilmu Komunikasi

References


Aswita, D. (2022). Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Mbkm): Inventarisasi Mitra Dalam Pelaksanaan Magang Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Biotik, 9(2), 56. https://doi.org/10.22373/pbio.v9i2.11747

Broom, G. M., & Sha, B.-L. (2013). Cutlip and Center’s : Effective Public Relations (11th ed.). Pearson Education Limited.

Hasanah, U. (2022). Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Tantangan dan Prospek Kedepan. Tafahus: Jurnal Pengkajian Islam, 2(1), 26–40. https://doi.org/10.58573/tafahus.v2i1.15

Hastangka, & Hidayah, Y. (2023). KEBIJAKAN DAN MANAJEMEN PENDIDIKAN MERDEKA BELAJAR-. Jurnal Muara Pendidikan, 8(1), 1–16.

Lusiana, Y., Widjanarko, W., & Dewi, W. C. (2022). Peran Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi pada Siswa SDN Klepu 02 Semarang, Jawa Tengah. Jurnal Layanan Masyarakat, 6(2). https://doi.org/https://doi.org/10.20473/jlm.v6i2.2022.439-447

Putra, B. A., Salsabila, A. I., Nabila, K. R., & Zakiah, R. (2022). Peluang dan Tantangan Kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka pada Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Pembangunan Jaya. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(01), 6–13. https://doi.org/10.47709/educendikia.v2i01.1399

Rochana, R., Darajatun, R. M., & Ramdhany, M. A. (2021). Pengaruh Implementasi Kebijakan Kampus Merdeka terhadap Minat dan Keterlibatan Mahasiswa. Journal of Business Management Education (JBME), 6(3), 11–21. https://ejournal.upi.edu/index.php/JBME/article/view/40165

Striany, I., Istiyanto, S. B., & Widjanarko, W. (2023). PERAN HUMAS PT . BANGUN TENERA RIAU PADA PELAKSANAAN PROGRAM CORPORATE SOCIAL. MetaCommunication, 8(1), 33–44.

Waluyo, D. (2018). Tinjauan Standar Kompetensi Wartawan untuk Meningkatkan Kapasitas Media dan Profesionalisme. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 22(2), 167. https://doi.org/10.31445/jskm.2018.220206

Widjanarko, W., Lusiana, Y., Mufrida, F., & Robami, M. E. (2021). Peran Mahasiswa sebagai Penggerak Literasi Bahasa dalam Program Kampus Mengajar Di SD Negeri 02 Longkeyang, Kabupaten Pemalang, Provinsi Jawa Tengah. Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Sastra, Dan Seni 2021, 237–241.

Widjanarko, W., Sumarmono, J., & Rahayu, A. Y. (2023). Pengelolaan Program Praktisi Mengajar Di Perguruan Tinggi: Studi Kasus Di Universitas Jenderal Soedirman Tahun 2022. Seminar Nasional Keguruan Dan Pendidikan, 84–88. https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/SNKP/article/view/1328

Wilcox, D. L., Cameron, G. T., & Reber, Bryan, H. (2015). Public Relations : Strategies and Tactics (7th ed.). Pearson.

.


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/jpsik.v7i2.8802

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.