Strategi Komunikasi Persuasif Orang Tua Murid SD Negeri Kedung Badak 4 Bogor Dalam Mengurangi Intensitas Penggunaan Smartphone Pada Anak

Luqman Syam, Prameswari Handayani, Yogaprasta Adi Nugraha

Abstract


Dalam era digital saat ini, penggunaan smartphone telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, termasuk di kalangan anak-anak. SD Negeri Kedung Badak 4 Bogor, menghadapi tantangan dalam mengatur penggunaan smartphone di kalangan siswanya. Dampak penggunaan smartphone yang berlebihan pada anak anak seringkali menimbulkan kekhawatiran, terutama terkait dengan pengaruhnya terhadap kesehatan mental, kinerja akademik, dan interaksi sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi persuasif orang tua murid SD Negeri Kedung Badak 4 Bogor dalam mengurangi intensitas penggunaan smartphone pada anak, serta mengetahui faktor penghambatnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa orang tua murid SD Negeri Kedung Badak 4 Bogor mengimplementasikan: 1) The psychodynamic strategy orang tua murid yaitu berkomunikasi secara terbuka dan jujur, berbicara secara perlahan, serta memberikan apresiasi. 2) The Sociocultural Strategy orang tua murid yaitu menetapkan aturan penggunaan smartphone yang jelas, melibatkan anak dalam kegiatan keluarga atau kegiatan sosial. 3) The Meaning Construction Strategy orang tua murid yaitu mengedukasi dengan bahasa mudah dipahami, membagikan contoh nyata dan sumber daya digital, serta memberikan contoh penggunaan smartphone yang baik. Faktor penghambat strategi komunikasi persuasif orang tua murid SD Negeri Kedung Badak 4 Bogor meliputi faktor motivasi, prejudice atau prasangka, dan kebisingan atau noise factor. Kesimpulannya, orang tua murid SD Negeri Kedung Badak 4 Bogor berhasil mengimplementasikan strategi komunikasi persuasif yang meliputi The Psychodynamic Strategy, The Sociocultural Strategy, dan The Meaning Construction Strategy. Namun, terdapat beberapa faktor penghambat yang dialami para orang tua yaitu faktor motivasi, faktor prejudice atau prasangka, dan faktor kebisingan atau noise factor.

Keywords


Child; Persuasive Communication; Parents; Smartphone Use

References


Erviani, O. (2017). Teknik Komunikasi Persuasif Dinas Pariwisata Kota Samarinda Dalam Meningkatkan Kualitas Daya Tarik Wisata Kota Samarinda. Ejurnal Ilmu Komunikasi, 5(3).

Firmansyah, M., Siregar, MRS., Nuraini Q. (2018). Strategi Komunikasi Interpersonal Pengelola Grup Penjualan Jersey di Facebook. Jurnal Penelitian Sosial Ilmu Komunikasi, 3(1), 13 – 29.

Handayani, F., Maharani, R. A., Desyandri, D., & Irdamurni, I. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Perkembangan Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 11362–11369.

Komariah, A. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif.

Martha, L. P., & Adiyasa, I. S. (2022). Analisis Strategi Komunikasi Dalam Sosialisasi Program Kartu Identitas Anak. Jurnal Penelitian Sosial Ilmu Komunikasi, 6(1), 9–18.

Novyanto, A. R. (2021). Komunikasi Persuasif Dalam Pelaksanaan Kampung Tangguh Semeru Di Kelurahan Gedongan Kota Mojokerto. The Commercium, 4(01), 100–110.

Nugroho, R., Artha, I. K. A. J., Nusantara, W., Cahyani, A. D., & Patrama, M. Y. P. (2022). Peran Orang Tua Dalam Mengurangi Dampak Negatif Penggunaan Gadget. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5425–5436.

Pratama, A. P. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sd. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 88–95.

Putri, L. D. (2021). Waspadai Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. Jendela Pls: Jurnal Cendekiawan Ilmiah Pendidikan Luar Sekolah, 6(1), 58–66.

Putri, S., & Amelia, A. (2022). Strategi Komunikasi Persuasif. Komunikasia: Journal Of Islamic Communication And Broadcasting, 2(2), 138–153.

Rahman, D., & Yasya, W. (2020). Komunikasi Persuasif Dalam Penghimpunan Dana Zakat Di Lembaga Amil Zakat Darussalam Kota Wisata Cibubur. Perspektif Komunikasi: Jurnal Ilmu Komunikasi Politik Dan Komunikasi Bisnis, 4(1), 1–10.

Rahmawati, D. S. (2016). Komunikasi Persuasif Leader Dalam Merekrut Calon Agen Asuransi Pada Pt. Prudential Life Assurance Cabang Pekanbaru. Jom Fisip, 3(2).

Sakhinah, S., & Arbi, A. (2019). Persuasive Strategic Communication: Tabligh In Komunitas Anak Muda Berhijrah Or Hijrah Youth Community. Dakwah: Jurnal Kajian Dakwah Dan Kemasyarakatan, 23(1), 22–39.

Sumirat, S., & Asep, S. (2014). Komunikasi Persuasif. Banten: Universitas Terbuka.

Wulandari, S. P., Umayaroh, S., & Mahanani, P. (2021). Analisis Dampak Negatif Penggunaan Smartphone Pada Pembelajaran Daring Ditinjau Dari Perilaku Anak Kelas V Sd. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 1(6), 456–464.

Zain, N. L. (2017). Strategi Komunikasi Persuasif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Nomosleca, 3(2).


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/jpsik.v8i1.9784

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.