Analisis Teknik Penerapan Search Engine Optimization (SEO) pada Media Daring Pikiran-rakyat.com dalam Meningkatkan Jumlah Pembaca

Anastasha Savira Josepina, Sardi Duryatmo, Imani Satriani

Abstract


Kemajuan penggunan internet saat ini semakin pesat dan Google menjadi wadah mesin
pencari terbanyak yang dikunjungi, perusahaan media mulai berbondong-bondong
meningkatkan kinerja publikasi mereka dengan menerapkan optimasi Search Engine
Optimization (SEO) agar mampu berada di halaman teratas pada mesin pencari
Google. Media daring Pikiran-rakyat.com menggunakan optimasi Search Engine
Optimization (SEO) agar mampu berada di halaman utama Google dan mendapatkan
pembaca lebih banyak. Tujuan penelitian ini mengetahui teknik penerapan Search
Engine Optimization (SEO) pada media daring Pikiran-rakyat.com dalam meningkatkan
jumlah pembaca. Sebagai perusahaan, Pikiran-rakyat.com menggunakan teori
Geomelakis & Veglis (2015) mengenai metode penerapan Search Engine Optimization
(SEO). Search Engine Optimization (SEO) merupakan proses editor website untuk
menyesuaikan judul, lead, atau isi teks artikel guna meningkatkan penempatan situs
tersebut di mesin pencari dan memilki peluang untuk mudah ditemukan dan dibaca oleh
audiens. Teori Geomelakis & Veglis (2015) menjelaskan Search Engine Optimization
(SEO) memiliki dua metode, yaitu metode optimasi On-page yang berkaitan dengan
pengoptimalan pada konten yang disesuaikan dengan aturan dari optimasi Search
Engine Optimization (SEO) dan Off-page berkaitan dengan faktor luar yang terhubung
dengan Search Engine Optimization (SEO) seperti media sosial. Penelitian ini
menggunakan metode desktiptif dengan pendekatan kualitatif, melakukan pengumpulan
data melalui wawancara, obeservasi, dan dokumentasi. hasil penelitian ini,
menunjukkan bahwa Pikiran-rakyat.com melakukan teknik penerapan Search Engine
Optimization (SEO) selaras dengan yang dikemukakan oleh teori Geomelakis & Veglis
(2015) terutama pada kedua metode On-page dan Off-page yang menjadi pilar
pemanfaatan Search Engine Optimization (SEO). Meskipun begitu, Pikiran-rakyat.com
tentunya perlu berusaha mengembangkan dengan baik lagi terhadap penerapan
Search Engine Optimization (SEO) dalam meningkatkan jumlah pembaca ini.


Keywords


media daring ; on-page ; off-page ; pembaca ;search engine optimization; , on-page ; off-page ; online media ; readers ; search engine optimization ;

References


Alexa.com (2022). Top Sites in Indonesia. Diakses pada tanggal 11 April 2022. https://www.alexa.com/topsites/countries/ID

Aryanto, Dwi (2022. Data Tren Pengguna Internet dan Media Sosial di Indonesia Tahun 2022. Diakses pada tanggal 10 Januari 2023. https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2022/

Briggs, M. (2010). Journalism next A practical guide to digital reporting and publishing. Sage. Los Angeles

Creeber,G. (2011). Digital culture. Maidenhead. Opera University Press.

Databoks (2022). Masyarakat Indonesia Paling Banyak Akses Berita Dari Media Daring. Diakses pada tanggal 13 Mei 2022. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/06/28/masyarakat-indonesia-paling-banyak-akses-berita-dari-media-daring

Faradilla, Mitha (2022, Desember,17). Personal interview

Gustaf, (2020). Membangun Minat Baca Pada Siswa Sekolah Dasar. Jawa Tengah. CV. Pena Persada Redaksi.

Giomekalis, D and A.Veglis, (2015). Investigating search engine optimization factors in media websites. Digital Journalisme.

Harahap,N.(2020). Penelitian Kualitatif. Wal ashri Publishing. Medan Sumatera Utara

Helaluddin, Hengki Wjiaya (2019) . Analisis Data Kualitatif: Sebuah Tinjauan Teori & Praktik. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray. Indonesia

Kemp,S. (2022). Internet Use in Indonesia 2022. Diakses pada tanggal 11 April 2022. https://datareportal.com/reports/digital-2022-indonesia

Lenggawa, (2019). Strategi Jawa Pos dalam Menghadapi Persaingan Bisnis Media di Era Revolusi Industri 4.0. Universitas Paramadina. Jakarta

Morissan,( 2013). Teori Komunikasi Individu Hingga Massa. Prenadamedia Group. Jakarta

McQuail’s Media and Mass Communication Theory (Denis McQuail, Mark Deuze) (z-Lib.Org), n.d.)

Nurjannah & ST, (2019). Penerapan “Search Engine Optimization (SEO) Friendly untuk Meningkatkan Minat Baca Pelanggan Media Online Tribun Timur Makassar. Universitas Alauddin Makassar

Prof. Dr. Sugiyono, (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV. Alfabeta. Bandung

Samsu, (2017). Metode Penelitian Teori dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, serta Research Development. Pusaka Jambi. Jambi

Subandi,D. (2022). Apa Itu Search Engine Optimization (SEO). Diakses pada tanggal 11 April 2022. https://www.artistsfoundation.org/apa-itu-search-engine-optimization/

Similarweb.com (2022). Pikiran-rakyat.com. Diakses pada tanggal 20 Desember 2022. https://www.similarweb.com/website/pikiranrakyat.com/#overview

Salsabila, Putri (2022, Desember, 31). Personal interview

Soyomukti. (2012). Pengantar Ilmu Komunikasi. Ar-Ruzz Media. Jogyakarta.

Statshow.com (2023). Pikiran-rakyat.com. Diakses pada tanggal 2 Februari 2023. https://www.statshow.com/www/Pikiran-rakyat.com#internet_presence

Wijayanarko, Yusuf (2022, Desember,22). Personal interview


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/jpsik.v8i1.9795

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.