PENGARUH DEBT TO ASSETS RATIO (DAR), CURRENT RATIO (CR) DAN CORPORATE GOVERNANCE DALAM MEMPREDIKSI FINANCIAL DISTRESS PADA PERUSAHAAN BUMN SEKTOR NON KEUANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Rochman Marota, Asep Alipudin, Ayursila Maiyarash

Abstract


Kemampuan suatu perusahaan untuk dapat bersaing sangat ditentukan oleh kinerja perusahaan. Perusahaan yang tidak mampu bersaing untuk mempertahankan kinerjanya lambat laun akan tergusur dari lingkungan industrinya dan akan mengalami kebangkrutan. Perusahaan yang terus menunjukan kinerja yang menurun dikhawatirkan akan mengalami kondisi financial distress yang berujung pada kebangkrutan perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh Debt to Assets Ratio (DAR), Current Ratio (CR), dan Corporate Governance secara parsial dan simultan dalam memprediksi financial distress pada perusahaan BUMN sektor non keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini menggunakan data sekunder, metode penarikan sampel menggunakan purposive sampling, metode analisis yang digunakan kuantitatif statistik, analisis data pada penelitian ini yaitu verifikatif dengan metode explanatory survey, analisis regresi linear berganda, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Secara parsial, Debt to Assets Ratio (DAR) dan Current Ratio (CR) memiliki pengaruh yang signifikan dalam memprediksi financial distress. Sedangkan Corporate governance tidak memiliki pengaruh yang signifikan dalam memprediksi financial distress (2) Debt to Assets Ratio (DAR), Current Ratio (CR), dan corporate governance secara simultan berpengaruh signifikan dalam memprediksi financial ditress

References


Ambarsari, I. (2018). Pengaruh Analisis Rasio Keuangan Terhadap Financial Distress Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI. Skripsi. Universitas Pakuan.

Ananto, Rangga P., dkk. (2017). Pengaruh Good Corporate Governance (GCG), Leverage, Profitabilitas, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Financial Distress Pada Perusahaan Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ekonomi & Bisnis Dharma Andalas, Vol. 19, No. 1, Januari 2017.

Cahyani, Diah M. dan Diantini, Ayu N., (2016). Peranan Good Corporate Governance dalam Memprediksi Financial Distress. Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis dan Kewirausahaan .Vol. 10, No. 2, Agustus 2016.

Ellen dan Juniarti. (2013). Penerapan Good Corporate Governance, Dampaknya Terhadap Prediksi Financial Distress pada Sektor Aneka Industri dan Barang Konsumsi. Business Accounting Riview. Vol.1, No. 2, 2013.

Embu, Wilfridus S. (2017). Ini daftar perusahaan pemilik tata kelola terbaik se-Indonesia. Merdeka.com, Tersedia di: https://www.merdeka.com/uang/ini-daftar-perusahaan-pemilik-tata-kelola-terbaik-se-indonesia.html [Diakses pada 15 Oktober 2018]

Hamdani (2016). Good Corporate Governance : Tinjauan Etika dalam Praktik Bisnis. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Harahap, S. (2013). Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. Edisi 11. Jakarta: Rajawali Pers.

Hery. (2016). Analisis Laporan Keuangan : Integrated and Comprehensive Edition. Jakarta: Grasindo.

. (2017). Kajian Riset Akuntansi : Mengulas Berbagai Hasil Penelitian Terkini dalam Bidang Akuntansi dan Keuangan. Edisi pertama. Jakarta: PT Grasindo.

Iddhom. (2017). 24 BUMN Masih Merugi Selama Semester I 2017. Tirto.ID, Tersedia di: https://tirto.id/24-bumn-masih-merugi-selama-semester-i-2017-cvzn [Diakses 8 September 2018]

Juniarti dan Natalia, L. (2012). Corporate Governance Perception Index (CGPI) and Cost of Debt. International Journal of Business and Social Science. Vol. 3 No. 18 (2012).

Rahmawati, D. dan Khoiruddin, M. (2017). Pengaruh Corporate Governance dan Kinerja Keuangan dalam Memprediksi Kondisi Financial Distress. Management Analysis Journal . Vol. 6 (1) 2017.

Rudianto. (2013) Akuntansi Manajemen Informasi untuk Pengambilan Keputusan Strategis. Jakarta: Erlangga.

Wardiyah, Mia L. (2017). Analisis Laporan Keuangan. Edisi Pertama (Cetakan kesatu). Bandung: CV Pustaka Setia.

Wijoyo, Agung N. (2016). Menakar Kinerja Perusahaan Pembiayaan: Kesulitan Keuangan Perusahaan Pembiayaan (Financial Distress) (Jilid 2). Jakarta: Universitas Indonesia (UI-Press).

www.idx.co.id. Annually Report. (Diakses pada September 2018


Full Text: PDF

DOI: 10.34204/jiafe.v4i2.1202

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JIAFE (Jurnal Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.