TATA CARA PELAKSANAAN JASA PERBANKAN ATAS TRANSAKSI KLIRING PADA PT. BANK NEGARA INDONESIA KANTOR CABANG UTAMA CIBINONG
Abstract
ABSTRAK
Transaksi keuangan semakin meningkat seiring dengan perkembangan perekonomian dan perdagangan, sehingga para pelaku usaha membutuhkan sistem pembayaran yang lebih cepat, mudah dan aman yaitu dengan sistem pembayaran non tunai seperti menggunakan cek dan bilyet giro melalui kliring. Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui mekanisme sistem kliring di BNI KCU Cibinong. Metode penelitian dilakukan dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa sistem penyelenggaraan kliring di BNI KCU Cibinong menggunakan Sistem Kliring Manual, Sistem Kliring Semiotomasi, Sistem Kliring Otomasi, dan Sistem Kliring Elektronik. Mekanisme kliring terdiri dari kliring penyerahan dan kliring pengembalian. Penyelenggaraan kliring memberikan manfaat bagi nasabah, bank peserta kliring dan Bank Indonesia. BNI KCU Cibinong diharapkan untuk lebih menyempurnakan sistem penyelenggaraan kliring, dan terus melakukan evaluasi serta pengelolaan yang baik terhadap pelaksanaan kliring untuk meningkatkan kualitas layanan kliring.
Kata kunci : Sistem Kliring, Transaksi Keuangan, Mekanisme Kliring, Jasa, Perbankan.
ABSTRACT
Financial transactions are increasing in line with developments in the economy and trade, so that business people need a payment system that is faster, easier and safer, namely a non-cash payment system such as using checks and giro bills through clearing. This writing aims to determine the mechanism of the clearing system at BNI KCU Cibinong. The research method was carried out using data collection techniques, namely observation and interviews. The results of this study can be concluded that the clearing system at BNI KCU Cibinong uses a Manual Clearing System, a Semiautomated Clearing System, an Automated Clearing System, and an Electronic Clearing System. The clearing mechanism consists of delivery clearing and returns clearing. The operation of clearing provides benefits for customers, clearing participating banks and Bank Indonesia. BNI KCU Cibinong is expected to further improve the clearing system, and continue to evaluate and properly manage clearing operations to improve the quality of clearing services.
Keywords: Clearing System, Financial Transactions, Clearing Mechanism, Services, Banking.
References
DAFTAR PUSTAKA
Atarina, Ivalaina dan Angga Hapsila, 2015, Manajemen Perbankan, Deepublish, Jakarta.
Kasmir,2010, Manajemen Perbankan, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Irawan, dan James Julianto, 2016, Surat Berharga, Kencana, Jakarta.
Ismail, 2010, Manajemen perbankan dari teori menuju aplikasi, Prenadamedia Group,
Jakarta.
Muchtar, Rahmidani dan Siwi, 2016, Bank dan Lembaga Keuangan Lain, Kencana, Jakarta.
Ikatan Bankir, 2013, Memahami Bisnis Bank, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Iskandar Wassid, dan Dadang Sunendar, 2013, Konsep Pembelajaran Bahasa, Remaja Rosdakarya, Bandung.
Zain, Irsyadi dan Rahmat Akbar, 2020, Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya, Deepublish, Yogyakarta.
Ikatan Bankir Indonesia, 2017, Memahami Audit Intern Perbankan, Gramedika Pustaka Utama, Jakarta.
Ketut Rindjin, 2012, Pengantar Perbankan dan Lembaga Keuangan Bukan Bank, Gramedika Pustaka Utama, Jakarta.
end>
DOI: 10.33751/jubikom.v5i2.12129


Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Aplikasi Bisnis dan Komputer

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.