APLIKASI PENGELOLAAN DATA DOKUMEN MAHASISWA DIPLOMA TIGA SISTEM INFORMASI UNIVERSITAS PAKUAN

Fajar Nur Hidayat, Arie Qur'ania, Halimah Tus Sa'diah

Abstract


Pengelolaan data dan dokumen mahasiswa pada program studi DIII Sistem Informasi Universitas Pakuan Masih terdapat kekurangan, mulai dari hilangnya berkas fisik sampai pengumpulan data dan dokumen berulan-ulang. Tujuan penelitian ini, yaitu membangun aplikasi pengelolaan data dokumen mahasiswa (APD2M) DIII sistem informasi universitas pakuan. Metode yang digunakan adalah system development life cycle (SDLC). Aplikasi ini diharapkan dapat membantu bagian tata usaha program diploma tiga sistem informasi universitas pakuan dalam mengelola data dokumen diri yang mencangkup data dokumen kependudukan, pendidikan dan keluarga. Serta data dokumen sertifikat dengan kategori prestasi, pelatihan, kegiatan kepanitiaan, seminar dan sertifikat lain-lain, serta dapat membantu proses pembuatan surat keterangan pendamping ijazah dan proses akreditasi program studi. Di aplikasi ini Mahasiswa dapat memasukan data dokumen, kemudian tata usaha mendapat notifikasi pengajuan data dokumen mahasiswa untuk divalidasi, jika data dokumen yang divalidasi menghasilkan dokumen yang valid, maka data dan dokumen mahasiswa dapat dilihat oleh kaprodi, jika dokumen yang divalidasi tidak valid maka data dokumen mahasiswa harus diperbaiki kembali oleh mahasiswa. Data dokumen mahasiswa dapat dicetak berdasarkan nama mahasiswa, angkatan asal sertifikat, tanggal sertifikat dan jenis sertifikat


Keywords


PHP; MySQL,; Struktural; Data; Dokumen;

References


Priyanto O.S. Pemanfaatan Teknologi Internet Dalam Pengelolaan Dokumen Digital Di Perguruan Tinggi. http://eprints.undip.ac.id/49299/1/Pemanfaatan_Teknologi_Internet_dalam_Pengelolaan_Dokumen_Digital_di_PT.pdf diakses tanggal 21 Desember 2020

Satoto K.I., Rochim A.F., Christyono Y., Handayani T., Taufiq A., Suharso P., Studi Perbaikan Pengelolaan Perpustakaan dan Sistim Pengelolaan Arsip d& Dokumen Di PT Badak NGL.Jurnal Sistem Komputer. 1(1): 21-30.

Sahidi. 2017. Manajemen Dokumen Elektronik di UD. Social Agency Baru Ambarukomo Yogyakarta. JIPI (Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi). 2 (2): .

Nyfantoro F., Salim T.,A. Mirmani A., 2019.Perkembangan Pengelolaan Arsip Elektronik di Indonesia: Tinjauan Pustaka Sistematis. Diplomatika:Jurnal Kearsipan Terapan. 3(1): 1-15.

Rifauddin, M. 2016. Pengelolaan arsip elektronik berbasis teknologi. Khizanah Al- Hikmah Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan. 4(2): 168-178.

Nugraha A. 2020. Sistem Pengelolaan Dokumen Elektronik untuk Digitalisasi pada Layanan Publik. Jurnal Komputer dan Informatika. 15(2) : 274-281.

Pangestu. Digitalisasi Dokumen Dosen Berbasis Web [Tugas Akhir]. Bogor (ID): Universitas Pakuan. 2017.

Simangunsong. 2018. Sistem Informasi Pengarsipan Doku men Berbasis Web. Jurnal Mantik Penusa. Volume 2 (No. 1 Juni 2018) : 1 19.

Imasita., Andi G., Hirman. 2015.Pengembangan Model Pengelolaan Arsip (Surat) dan Dokumen Pemerintah Berbasis Web pada Kantor Pemerintah Kabupaten Sidrap Provinsi Sulawesi Selatan. Jurnal Sainsmat. Vol 4 (2): 194-204.

Lestanti, S., & Susana, A. D. (2016). Sistem Pengarsipan Dokumen Guru Dan Pegawai Menggunakan Metode Mixture Modelling Berbasis Web. Antivirus : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika, 10(2). https://doi.org/10.35457/antivirus.v10i2.164


Full Text: PDF Abstract views : 488 views : 241

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Aplikasi Bisnis dan Komputer

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.