APLIKASI KEHADIRAN KEGIATAN PERKULIAHAN SEKOLAH VOKASI UNIVERSITAS PAKUAN BOGOR BERBASIS WEB

Dian Kartika Utami

Abstract


Kehadiran mahasiswa dan dosen pada kegiatan perkuliahan merupakan hal yang sangat penting dikarenakan berkaitan dengan berlangsungnya proses kegiatan perkuliahan itu sendiri. Selain itu, kehadiran mahasiswa akan berpengaruh terhadap capaian perkuliahan terkait suatu matakuliah, begitupun dengan kehadiran dosen. Kehadiran mahasiswa dan dosen pada kegiatan perkuliahan berfungsi sebagai bentuk evaluasi terhadap suatu matakuliah yang mahasiswa ikuti dan diampuh oleh dosen tersebut. Hal ini membuat kehadiran mahasiswa dan dosen menjadi sangat penting dalam terselenggaranya perkuliahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk membangun suatu aplikasi kehadiran mahasiswa dan dosen yang tepat untuk mempermudah proses evaluasi kegiatan perkuliahan. Dengan adanya aplikasi kehadiran yang berbasis web sebagai media inputnya dengan harapan dapat memberikan solusi dan alternatif absensi agar tidak membutuhkan waktu yang lama. Dengan aplikasi kehadiran, mahasiswa dan dosen tidak perlu lagi tanda tangan pada absensi, namun cukup login melalui aplikasi dan mengisi kehadiran setelah dosen membuka kelas pada aplikasi kehadiran tersebut. Sebagai tahap awal sistem ini akan diterapkan pada program studi Sistem Informasi Program Diploma Universitas Pakuan.


Keywords


Aplikasi; Kehadiran; Website;

References


Maulana Y.I. 2017. Perancangan Perangkat Lunak Sistem Informasi Pendataan Guru dan Sekolah (SINDARU) Pada Dinas Pendidikan Kota Tanggerang Selatan. Jurnal Pilar NUsa Mandiri. 13(1): 21-27.

Astyono A. 2014. Algoritma Dijktra Sebagai Teknik Pencarian Jalur Terpendek Parawisata di Kabupaten Semarang. http://eprints.dinus.ac.id/13484/1/jurnal_14145.pdf. Diakses pada tanggal 22 Desember 2020.

Putri D.P.M., Supriyono.H.2019.Rancang Bangun Sistem Presensi Berbasis QR Code Menggunakan Framework Codeigniter (Studi Kasus Kehadiran Asisten Praktikum).https://core.ac.uk/download/pdf/234752316.pdf. Diakses tanggal 8 Desember 2020.

Sulistiani H. 2020. Rancang Bangun Aplikasi Presensi Sms Gateway Berbasis Web Dengan Framework Codeigniter Pada SMKN 1 Trimurjo. Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak. 1(1):43-50.

Rahayu S. 2015. Perancangan Aplikasi Absensi Peserta Bimbingan Belajar Berbasis Web dengan menggunakan Framework Yii. https://core.ac.uk/download/pdf/285995859.pdf . Dikases tanggal 2 Desember 2020.

Aini Q., Graha YI., Zuliana S.R. Penerapan Absensi QRCode Mahasiswa Bimbingan Belajar pada Website berbasis YII Framework. Sisfotenika. https://www.sisfotenika.stmikpontianak.ac.id/index.php/ST/article/viewFile/145/140

Pressman, Roger S, 2010. Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktisi (Buku Satu). Yogyakarta: Andi.

J. W. Satzinger, R. B. Jackson and S. D. Burd. 2011. Systems Analysis and Design in a Changing World, Sixth ed., 2011.

Sadiah H.T., Ishlah M.S.N. Implementation the Knuth Morris Pratt (KMP) Algorithm in Interactive Web Monitoring and Recording Rabbit Reproduction System. 2019. Indonesian Journal of Artificial Intelligence and Data Mining (IJAIDM). 2(2) : 83 92

Abdukkah D. 2017.Merancang Aplikasi Perpustakaan menggunakan SDLC. Aceh: Sefa Bumi Persada.


Full Text: PDF Abstract views : 262 views : 111

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Aplikasi Bisnis dan Komputer

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.