APLIKASI HELPDESK TEKNOLOGI INFORMASI BERBASIS WEBSITE

Muhammad Suhendra, Halimah Tus Sadiah

Abstract


Perusahaan yang berkembang didalam bidang retail waralaba sangat dibutuhkan suatu layanan complain online untuk wadah komunikasi antara toko dan kantor bila terjadi masalah pada toko. Dan layanan complain online tersebut sudah ada dan diberikan tanggung jawab ke department EDP (electronic data processing) untuk menyelesaikan complain tersebut. Namun, pada perusahaan peneliti belum tersedia layanan complain online antar departemen. Sistem complain yang sedang berjalan hanya menggunakan 1 telfon kantor untuk menghubungi IT Support bila terjadi masalah jaringan/komputer. Hal ini tentu menjadi hambatan bila terjadi complain dari beberapa department dalam satu waktu. Penelitian ini bertujuan untuk membangun aplikasi helpdesk teknologi informasi berbasis website. Metode Penelitian ini menggunakan metode waterfall yang tahapannya terdiri atas analisis kebutuhan fungsional, perancangan, implementasi dan pengujian. Penelitian ini menghasilkan produk berbasis website yang memiliki fitur pengelolaan complain, fitur rate penilaian karyawan menggunakan SLA dan fitur laporan complain. Aplikasi ini telah diuji menggunakan blackbox testing dengan nilai skor uji adalah 100%.  Aplikasi ini telah  berjalan sesuai dengan output yang diharapkan.


Keywords


aplikasi; helpdesk; teknologi informasi; website;

References


N.L.Y. Lestari, B.S.Fil, K.W.D. Wismayanti. Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Berbasis E-Government (Studi Kasus Pengelolaan Pengaduan Rakyat Online Denpasar Pada Dinas Komunikasi Dan Informatika Kota Denpasar Tahun 2014). CITIZEN CHARTER, Vol.1,No.2. Desember 2015.

G.Nalendro. Sistem Informasi Pengaduan Layanan Universitas Islam Indonesia berbasis mobile. Universitas Islam Indonesia. 2019. Diakses pada tanggal 21 desember 2020. https://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/13526/Laporan%20TA-14523047.pdf?sequence=1&isAllowed=y.

S. Gerizky. Pengembangan Sistem Penanganan Keluhan Berbasis Website di Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah. 2016. Diakses pada tanggal 24 Desember 2020 http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/4560

M. Tabrani, E. Pudjiarti. Penerapan Metode Waterfall pada Sistem Informasi Inventory PT. Pangan Sehat Sejahtera. Jurnal Inkofar, vol. 1, No.2, pp, 30-40. Desember 2017.

G. W. Sasmito. Penerapan metode Waterfall pada Desain Sistem Informasi Geografis Industri Kabupaten Tegal. Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT (JPIT), vol 2,No1,pp. 6-12. Januari 2017.

M.A.S.Budi, H.T.Sadiah.Digitalisasi Pengarsipan Surat Pada Kantor Kecamatan Cigudeg. JUBIKOM | Jurnal Aplikasi Bisnis dan Komputer .Vol.1,No.1,pp.38-43. Februari 2021.

F.N.Hidayat, A.Qur'ania. H.T.Sadiah.Aplikasi Pengelolaan Data Dokumen Mahasiswa Diploma Tiga Sistem Informasi Universitas Pakuan. JUBIKOM | Jurnal Aplikasi Bisnis dan Komputer .Vol. 1 (1): 13-21, Feb 2021.

A.R. Sinulingga, M.Zuhri, R.B.Mukti, Ziasyifa, A. Saifudin. 2020. Pengujian Black Box pada Sistem Aplikasi Informasi Data Kinerja menggunakan Teknik Equivalence Partitions, Jurnal Teknologi Sistem Infomasi dan Aplikasi, vol. 3, no. 1, pp. 9-14, Januari 2020.

T.S. Jaya. Pengujian Aplikasi dengan Metode Blackbox Testing Boundry Value Analysis (Studi Kasus: Kantor Digital Politeknik Negeri lampung). Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT (JPIT), vol.03, No.02, pp. 45-48, Januari 2018.

H.T.Sadiah, M.S.N.Ishlah, N.S.A.L.Elfrieda. M.A.Gasbara. KMS (Knowledge Management System) Obat Ibu Hamil Berbasis Android. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK).Vol.8, No. 2, pp. 253-264.April 2021.


Full Text: PDF Abstract views : 838 views : 386

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Aplikasi Bisnis dan Komputer

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.