PEMETAAN DAN REKOMENDASI INDEKOS MENGGUNAKAN METODE AHP DI SEKITAR KAMPUS (Studi Kasus: Indekos Di Sekitar Kampus Universitas Kristen Wira Wacana Sumba)

Obed Hunggu Li, Arini Aha Pekuwali, Alfrian Carmen Talakua

Abstract


Universitas Kristen Wira Wacana (Unkriswina) Sumba adalah Universitas satu-satunya yang ada di Kabupaten Sumba Timur dengan memiliki sepuluh program studi. Perkembangan Unkriswina Sumba dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) menjadi Universitas mengakibatkan banyaknya mahasiswa atau pegawai yang dari luar maupun dari dalam daerah yang ingin melanjutkan studinya atau untuk bekerja di kampus tersebut. Hal tersebut disebabkan oleh upaya untuk memperbaiki tingkat pendidikan dan pendapatan. Keberadaan Unkriswina Sumba di Waingapu memberikan dampak pada roda perekonomian di Kabupaten Sumba Timur salah satunya keberadaannya indekos. Indekos merupakan sebuah hunian yang dipergunakan oleh sebagian kelompok masyarakat sebagai tempat tinggal sementara dengan sistem pembayaran per bulan atau per tahun. Seiring dengan perkembangan Unkriswina Sumba memberikan implikasi pada ketersediaan tempat tinggal yang sifatnya sementara/ indekos. Ketersediaan informasi mengenai sebaran indekos di sekitar kampus sangat penting bagi mahasiswa atau pegawai yang berasal dari luar daerah. Di Kota Waingapu, banyak terdapat indekos tetapi informasi mengenai penyebaran tentang indekos tersebut belum ada. Sehingga hal ini menyulitkan mahasiswa atau pegawai dari luar daerah untuk mendapatkan titik-titik keberadaan lokasi indekos. Ketersediaan informasi mengenai sebaran indekos dalam hal ini peta sebaran indekos sangat berperan penting dalam pencarian indekos. Untuk menjawab hal itu perlu dilakukan pemetaan sebaran  indekos yang ada di sekitar kampus Unkriswina Sumba. Oleh karena itu penelitian ini, dibuatlah pemetaan sebaran indekos di sekitar lokasi kampus Unkriswina Sumba untuk mempermudah mahasiswa atau pegawai mencari titik lokasi indekos dekat kampus. Pada penelitian ini menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) merupakan suatu model pendukung keputusan yang digunakan untuk menentukan nilai terbaik.


Keywords


Indekos, metode AHP, Peta Digital, Unkriswina Sumba

References


Ayuba, rahayu, sri. Ghinia Anastasia Muhtar. (2018). Pemetaan Persebaran Sarana Dan Prasarana Sekolah Menengah Atas Dan Sederajat Melalui Pemanfaatan Sistem Informasi Geografi (Sig) Di Kabupaten Bone Bolango. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Geografi FKIP UMP. ISBN: 978-602-6697-25-7. Purwokerto.

Bahri, Syamsul, Dwi Marisa Midyanti, Rahmi Hidayati. 2020. Pemanfaatan Qgis Untuk Pemetaan Fasilitas Pelayanan Masyarakat Di Kota Pontianak Rudyanto, CESS (Journal of Computer Engineering System and Science) p-ISSN : Vol. 5 (1). 2502-7131.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2021). https://kbbi.web.id/indekos.html. Akses 25 juni 2021 pukul 09:30.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2021). https://kbbi.web.id/peta.html. Akses 25 juni 2021 pukul 10:27.

Kurniawan, Andre. (2015). Analisis Pengaruh Lokasi Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Tempat Indekos Dengan Harga Sewa Indekos Sebagai Variabel Moderasi Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Vol. 15 (2): 236 244.Juhadi, dan Dewi Liesnoor S. 2001. Desain dan Komposisi Peta Tematik. Semarang:CV.Indoprint.

Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor : 29/Prt/M/2006 Tentang Pedoman Persyaratan Teknis Bangunan Gedung.

Rahmenda, Alfien. Moehammad Awaluddin, Arief Laila Nugraha (2017). Pembuatan Aplikasi Sebaran Lokasi Kost Berbasis Webgis Menggunakan Google Map Api (Studi Kasus: Area Kampus Universitas Diponegoro). Jurnal Geodesi Undip. Vol. 6 (1), ISSN : 2337-845X.

Setiawan, Kiki (2018). Menghitung Rute Terpendek Menggunakan Algoritma A* dengan Fungsi Euclidein Distance. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi. ISSN: 2089-9815. Yogyakarta.


Full Text: PDF Abstract views : 255 views : 157

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Aplikasi Bisnis dan Komputer

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.