E-COMMERCE PENJUALAN IKAN CUPANG BERBASIS WEBSITE

Ema Kurnia, Halimah Tus Sadiah, Teddy Setiawan, Setiawan Kriswanto, Bambang Wahyudiono, Selvi Arsanti, Fitra Syafaat

Abstract


Pandemi covid-19 sudah berlangsung selama kurang lebih 1 tahun sejak tahun 2020. Selama 1 tahun itu banyak sektor yang terkena dampak pandemi covid-19 ini. Salah satu sektor yang terkena dampak pandemi covid-19 ini adalah sektor ekonomi, karena pemerintah mengharuskan lockdown guna mengurangi penyebaran virus, perputaran uang menjadi lebih lambat sehingga banyak perusahaan merugi yang berujung banyaknya pemotongan hubungan kerja dan menyebabkan banyaknya pengangguran baru. Penjualan ikan cupang karang taruna patriot dilakukan dengan cara offline atau membuka toko. Toko dibuka dipinggir jalan raya agar mudah terlihat oleh orang maupun kendaraan yang lewat. Namun ternyata cara ini kurang efektif untuk jualan karena hanya menunggu pelanggan datang ke toko dan ruang lingkup yang kecil. Maka dari itu diperlukan toko online berbasis web untuk meluaskan pasar dari toko ikan cupang karang taruna patriot ini. Perlu adanya aplikasi e-commerce untuk dapat membantu pemasaran secara online. Tujuan penelitian ini, yaitu membangun e-commerce berbasis website untuk penjualan cupang. Metode Penelitian menggunakan metode waterfall yang langkahnya terdiri atas analisis, desain, implementasi dan pengujian. Penelitian ini telah berhasil membangun e-commerce yang hak akses sistem terdiri dari 3 hak akses, yaitu user tanpa akun, user dengan akun, admin dan super admin.

Keywords


e-commerce; ikan cupang; penjualan; website

References


Bhatti, A., Akram, H., Basit, H. M., Khan, A. U., Mahwish, S., Naqvi, R., & Bilal, M. (2020). E-commerce trends during COVID-19 Pandemic. International Journal of Future Generation Communication and Networking, 13(2), 14491452.

Tolstoy, D., Nordman, E. R., Hånell, S. M., & Özbek, N. (2021). The development of international e-commerce in retail SMEs: An effectuation perspective. Journal of World Business, 56(3). https://doi.org/10.1016/j.jwb.2020.101165.

Sadiah.,H.,T. 2012. Kajian Usability Website E-Commerce Indonesia Berdasarkan Perspektif Tipe Pengguna Browser dan Evaluator. [Skripsi]. Bogor: IPB.

Chang, H. H., & Meyerhoefer, C. D. (2021). COVID-19 and the Demand for Online Food Shopping Services: Empirical Evidence from Taiwan. American Journal of Agricultural Economics, 103(2), 448465. https://doi.org/10.1111/ajae.12170

Kasmi, Candra A.,N. 2017. Penerapan E-Commerce Berbasis Business To Consumers Untuk Meningkatan Penjualan Produk Makanan Ringan Khas Pringsewu. Jurnal Aktual STIE Trisna Negara. 15(2). pp. 109-116.

Destriana., R. 2019. Analisis dan Perancangan E-bisnis dalam Budidaya dan Penjualan Ikan Cupang Menggunakan Metodelogi Overview. Jurnal Informatika, 3(1), pp. 51-58. doi:10.31000/jika.v3i1.2045.

Putra, M.,T.,F. 2021.Sistem Informasi Penjualan Ikan Cupang Berbasis E-Commerce Pada Rex Betta Gallery Magetan. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi-2021. pp.255-263.

Sasmito., G., W. 2017. Penerapan Metode Waterfall Pada Desain Sistem Informasi Geografis Industri Kabupaten Tegal. Jurnal Informatika:Jurnal Pengembangan IT (JPIT). 2(1):6-11.

Rahmayu M. 2016. Rancang Bangun Sistem Informasi Pada Rumah Sakit Dengan Layanan Intranet Menggunakan Metode Waterfall. Jurnal Evolusi. 4(2): 33-40.

M.A.S.Budi, H.T.Sadiah.Digitalisasi Pengarsipan Surat Pada Kantor Kecamatan Cigudeg. JUBIKOM | Jurnal Aplikasi Bisnis dan Komputer .1(1),pp.38-43. Februari 2021.


Full Text: PDF Abstract views : 564 views : 331

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Aplikasi Bisnis dan Komputer

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.