RANCANG BANGUN ADD-ON AUTOGRADING QUIZ DARING BERTIPE ESAI MENGGUNAKAN METODE JARO-WINKLER DISTANCE PADA GOOGLE FORMS

Muhamad Saad Nurul Ishlah

Abstract


Maret tahun 2020 lalu menandai mewabahnya pandemik COVID-19 yang terjadi secara global. Hal ini menyebabkan kegiatan belajar mengajar (KBM) harus dilakukan secara daring. Keadaan ini mendorong pemanfaatan teknologi komputer dan sistem informasi secara masif untuk mendukung terselenggaranya KBM. Salah satunya adalah penggunaan Google Forms untuk keperluan pengevaluasian pemahaman peserta didik melalui Quiz dengan memanfaatkan fitur penilaian otomatisnya. Namun demikian, fitur tersebut belum dapat melakukan penilaian untuk pertanyaan dengan tipe short/long answer (esai). Sehingga pendidik masih perlu melakukan pemeriksaan secara manual untuk tipe jawaban short/long answer. Di lain pihak terdapat salah satu algoritma untuk mengukur kesamaan antar-string yang disebut algoritma Jaro-Winkler Distance. Algoritma ini dapat menjadi salah satu solusi untuk pengecekan tipe pertanyaan bertipe short/long answer. Penelitian ini bertujuan untuk merancang add-on pada Google Forms, dengan mengimplementasikan algoritma Jaro-Winkler Distance untuk mengukur kesamaan jawaban peserta didik pada pertanyaan bertipe short/long answer. Berdasarkan pengujian terhadap data jawaban dari 25 siswa, purwa rupa add-on ini dapat berjalan dengan baik untuk memeriksa jawaban yang identik/sama secara terurut.


Keywords


Add-on, COVID-19, Google Forms, Google Script, Jaro-Winkler Distance

References


Adi, T. N. 2015. Generator Kode Unit Testing Untuk Javascript Berbasis Framework Qunit. Jurnal Rekayasa Sistem & Industri (JRSI), 2(03), 80-88.

Batubara. 2016. Penggunaan Google Forms Sebagai Alat Penilaian Kinerja Dosen di Prodi Pgmi Uniska Muhammad Arsyad Al Banjari

Deddy Winarsono, dkk. 2009. Sistem Penilaian Otomatis Kemiripan Kalimat Menggunakan Syntactic-Semantic Similarity Pada Sistem E-Learning. Sistem Informasi, STMIK Indonesia, Banjarmasin

Deka Maulidiansyah, Haratua Tiur Maria Silitonga, Hamdani. 2018. Pengembangan Tes Diagnostik menggunakan Aplikasi Google Forms Materi Momentum dan Impuls untuk Siswa SMA. Pendidikan Fisika FKIP, Untan Pontianak.

Febriyanto F. 2019. Sistem Penilaian Otomatis Jawaban Esai Dengan Menggunakan Metode Vector Space Model Pada Beberapa Perkuliahan Di Stmik Indonesia Banjarmasin.

Flores, V. A., et al. 2020.Analisis Sentimen untuk Mengetahui Kelemahan dan Kelebihan Pesaing Bisnis Rumah Makan Berdasarkan Komentar Positif dan Negatif di Instagram. Majalah Ilmiah Teknologi Elektro Vol 19, No.1.

Kilah, F.S.N. 2018. Analisis Sentimen Masyarakat Terhadap Peserta Pemilu Pada Media Sosial Twitter Menggunakan Perbandingan Metode Naive Bayes Classifier Dan Support Vector Machine, Universitas Pakuan Bogor.

Kurniawati A, dkk. 2010. Implementasi Algoritma Jaro-Winkler Distance untuk Membandingkan Kesamaan Dokumen Berbahasa Indonesia, Universitas Gunadarma.

Panji Novantara dan Opin Pasruli. 2017. Implementasi Algoritma Jaro-Winkler Distance Untuk Sistem Pendeteksi Plagiarisme Pada Dokumen Skripsi, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Kuningan.

Ruslan, Gunawan, Suhatati Tjandra. 2017. Implementasi Generalized Latent Semantic Analysis untuk Penilaian Otomatis Jawaban Esai Siswa pada Tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA).

R. Feldman dan J. Sanger. 2007. The Text Mining Handbook: Advanced Approaches in Analyzing Unstructured Data. New York: Cambridge University Press.

Tinaliah dan Triana Elizabeth. 2018. Perbandingan Hasil Deteksi Plagiarisme Dokumen dengan Metode Jaro-Winkler Distance dan Metode Latent Semantic Analysis, Program Studi Manajemen Informatika AMIK MDP.

Tria Mardiana. 2017. Google Forms Sebagai Alternatif Pembuatan Latihan Soal Evaluasi. PGSD, Universitas Muhammadiyah Magelang

Trisna Ari Roshinta, Faisal Rahutomo, Deddy Kusbianto. 2017. Analisis skema skema kemiripan vector pada system penilaian ujian essay online. Teknologi Informasi, Politeknik Negeri Malang.


Full Text: PDF Abstract views : 24 views : 22

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Aplikasi Bisnis dan Komputer

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.