PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI DENGAN METODE GABUNGAN (HYBRID) SEBAGAI DASAR PENENTUAN HARGA JUAL SEMUA PRODUK PADA PT. MEGAH NUSANTARA PERKASA

Yanto Sugianto, Rochman Marota, Zul Azhar

Abstract


ABSTRAK

 

Menurunnya tingkat profitabilitas pada PT. Megah Nusantara Perkasa salah satunya dipengaruhi oleh tingginya Harga Pokok Produksi. Hal ini menjadi salah satu indikasi adanya kelemahan dalam sistem penghitungan harga pokok. Diperlukan adanya evaluasi terhadap beberapa faktor, antara lain pengklasifikasian biaya, proses akumulasi biaya, dan metode perhitungan harga pokok produksi. Untuk mendukung penelitian, penulis menerapkan metode pengumpulan data melalui Studi Kepustakaan, penulis memperoleh referensi dan informasi dari beberapa buku dan jurnal. Studi lapangan dilakukan di lokasi perusahaan dengan melakukan wawancara dengan narasumber terkait dan melalui observasi lapangan. Produk yang dihasilkan oleh PT. Megah Nusantara Perkasa dibagi menjadi 3 kategori, produk hasil cetakan, produk komponen presisi dan produk Advertising. Dalam proses akumulasi biaya perusahaan menggunakan metode proses costing, sedangkan sistem biayanya, perusahaan menggunakan kombinasi antara Actual Cost System dan Standard Cost System. Adapun simpulan dari hasil penelitian ini adalah perusahaan mengklasifikasikan gaji Supervisor dan Leader sebagai biaya tenaga kerja langsung, yang seharusnya merupakan bagian dari biaya overhead pabrik. Oleh karena itu Perusahaan perlu mengevaluasi kembali mengenai klasifikasi biaya-biaya yang terjadi di perusahaan dengan tepat. Selain itu selisih biaya overhead pabrik relatif sangat besar, sehingga perlu dilakukan evaluasi dan penekanan terhadap sejumlah biaya overhead berikut tarif pembebanannya.

 

Kata kunci : Harga pokok produksi, Klasifikasi Biaya, Sistem Penentuan Biaya


References


DAFTAR PUSTAKA

Agus .P., Wibowo, dan Murtanto .H, 2018. Akuntansi Biaya. Edisi 2. Jakarta: Salemba Empat.

Susila Putri, A.C., 2019. Praktik Penentuan Harga Pokok Produksi Di Kampoeng Gerabah Pagerjurang (Doctoral dissertation, UAJY).

Ardi .P. U. 2020. Virus Corona Diperkirakan Muncul di Wuhan sejak Agustus 2019. Kompas.com. https://internasional.kompas.com/read/2021/10/08/144239870/revolusi-industri-sejarah-faktor-dan-perkembangannya?page=all (Diakses pada tanggal 05 Juni 2021).

Arfiana .Z .A. 2019. Pengaruh Biaya Pemasaran, Biaya Iklan, Dan Harga Jual Terhadap Volume Penjualan Di Galeri AskaTulungagung. Tulungagung: IAIN Tulungagung. Hal 23- 123.

Bustami dan Nurlela. 2013. Akuntansi Biaya. Edisi 5. Jakarta: Salemba Empat.

Carter, William K. (2009). Akuntansi Biaya Buku 1:Cost Accounting / William K. Carter Edisi 14. Jakarta: Salemba Empat.

Faizal Fanani. 2020. Virus Corona Terjadi 6 Bulan, Daya Beli Masyarakat Terpukul Paling Berat. Merdeka.com. (Diakses pada tanggal 05 Juni 2021).

Fidya Arie Pratama. 2016. Akuntansi Biaya. Yogyakarta: Yayasan Insan Shodiqin Gunung Jati.

Firdaus Dunia, Wasilah Abdullah, dan Catur sasongko. 2018. Akuntansi Biaya.Edisi 4. Jakarta: Salemba Empat.

Hansen D.R dan Mowen, 2012. Akuntansi Biaya. dialihbahasakan oleh Dewi. A. Hermawan. Jakarta: Salemba Empat.

Kautsar Riza Salman dan Mochammad farid. 2016. Akuntansi Manajemen. Jakarta: Indeks.


Full Text: PDF Abstract views : 41 views : 35

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Aplikasi Bisnis dan Komputer

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.