ANALISIS PEMASARAN DIGITAL TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN APLIKASI OVO ANALYSIS OF DIGITAL MARKETING ON THE DECISION TO USE THE OVO APPLICATION

Yetty Husnul Hayati, Sandi Wahyu Sasongko, Salmah Salmah

Abstract


ABSTRAK

 

Pertumbuhan bisnis digital atau digital marketing memberi dampak kemajuan pada berbagai sektor yang baik di kehidupan manusia. Pemasaran digital telah mengubah cara perusahaan beroperasi dan berkomunikasi dengan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat efektivitas Digital Marketing SEO (Search Engine Optimization), SEM (Search Engine Marketing), SMO (Social Media Optimization), SMM (Social Media Marketing). Penelitian dengan kualitatif asosiatif, menggunakan data utama atau primer dan sekunder dimana tabulasi sederhana sebagai perhitungan dari skor rata-rata. Kemudian uji validitas, reliabilitas, dan normalitas dengan menggunakan regresi linier sederhana, dimana uji  suatu hipotesis dengan melakukan parsial atau uji-t dan simultan sengan kata lain uji F serta uji pada koefisien menghasilkan determinasi yang diolah dengan menggunakan IBM SPSS 25 yang masuk dalam metode analisis data yang digunakan. Hasil data penelitian menunjukkan tingkat efektivitas Digital Marketing dan Pengambilan Keputusan sebesar 3,45 dan 3,42 yang jika dimasukkan ke dalam skala keputusan masuk dalam kategori efektif, rentang 3,40 - 4,20. Analisis uji F diperoleh nilai F hitung sebesar 220,223 dengan nilai F tabulasi sebesar 3,94 dan t hitung sebesar 16,087 dengan nilai t tabulasi sebesar 1,986 pada taraf signifikansi 5%, menunjukkan adanya pengaruh keputusan Digital Marketing (X1). Oleh karena itu, semakin baik Digital Marketing maka akan semakin berpengaruh terhadap penggunaan aplikasi. Nilai R-square sebesar 0,698 berarti Digital Marketing mempengaruhi keputusan penggunaan aplikasi OVO 69,8% selebihnya bernilai 30,2%. Koefisien determinasi 73,27% menunjukkan 73,27% perubahan Pengambilan dari suartu keputusan para pemakai OVO.

 

Kata kunci : Aplikasi OVO, Bisnis, Digital Marketing, Ekonomi, Keputusan Penggunaan.

 

 

ABSTRACT

 

The growth of digital business or digital marketing has impacted progress in various good sectors of human life. Digital marketing has changed the way companies operate and communicate with customers. This study aims to analyze the level of effectiveness of Digital Marketing SEO (Search Engine Optimization), SEM (Search Engine Marketing), SMO (Social Media Optimization), SMM (Social Media Marketing). Research with associative qualitative, using primary or primary and secondary data where simple tabulation as a calculation of the average score. Then test the validity, reliability, and normality using simple linear regression, where the test of a hypothesis by doing a partial or t-test and simultaneous in other words the F test and test the coefficient of determination processed using IBM SPSS 25 which is included in the data analysis method used. The results of the research data show the level of effectiveness of Digital Marketing and Decision Making of 3.45 and 3.42 which if put into the decision scale falls into the effective category, the range of 3.40 - 4.20. The F test analysis obtained a calculated F value of 220.223 with a tabulated F value of 3.94 and t count of 16.087 with a tabulated t value of 1.986 at a significance level of 5%, indicating the influence of Digital Marketing (X1) decisions. Therefore, the better the Digital Marketing, the more it will affect the use of the application. The R-square value of 0.698 means that Digital Marketing affects the decision to use the OVO application 69.8%, the rest is worth 30.2%. The coefficient of determination of 73.27% shows 73.27% change in the take-up of the decision of OVO users.

 

Keywords: OVO App, Business, Digital Marketing, Economy, Usage Decision.


References


DAFTAR PUSTAKA

Adil (2019),”Pengaruh Digital Marketing dan Promotion Terhadap Keputusan Pembelian OVO (Studi Kasus Pada Mahasiswa STIE Eka Prasetya)”.Skripsi jurusan manajemen fakultas ekonomi stie eka prasetya medan

Agus Widarjono, (2018). Ekonometrika Pengantar dan Aplikasinya Disertai Panduan Eviews. Edisi Keli. Yogyakarta: UPP STIM YKPN Yogyakarta

Aryani, Lilis, (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi dan Pelayanan Distributor Terhadap Keputusan Pembelian, Skripsi FE Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Burgess (2016) Najua 2012. Pengaruh Ekuitas Merek Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Konsumen Cokelat Roso di Depok, Sleman, Yogyakarta). Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Fandy tjiptono, (2012). Pemsaran Strategik – Mengupas Pemasaran Strategik, Branding Strategik, Costomer Satisfaction, Strategik Kompetitif, Hingga e- marketing Edisi 2. Yogyakarta C.V Andi OFFSET 2012

Fitrianna, Hafizh (2020). Pengaruh Digital Marketing Pada Peningkata Brand Warness Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Cokelat Monggo Di Yogyakarta. INOBIS Vol 3, No 3, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Jalil Nur Rahman, Muhammad Yahya Arwiyah (2021) “Pengaruh Digital Marketing dan brand trust terhadap keputusan memakai Dana dompet digital pada masyarakat kota bandung” E-proceeding of management : vol.8, no.5 oktober 2021

Kotler, Philip. (2016), Manajemen Pemasaran Analisis Perencanaan Implementasi Dan Kontrol, Jilid 1, Jakarta, PT. Prehalindo.

Lestari, Ayu Dita (2020) Pengaruh daya tarik iklan go-pay melalui media sosial instagram terhadap minat beli pengikut akun instagram @gopayindonesia “Skripsi program studi ilmu komunikasi Fakultas ilmu sosial dan ilmu politik Universitas Atma jaya Yogyakarta 2020.

M. Astri Yulidar Abbas , Rita Rachmatika Firdaus (2021) “Pengaruh minat penggunaan financial technology ovo dan Digital Marketing terhadap keputusan pembelian konsumen di Matahari department store samarinda” Jurnal ekonomika Manajemen, akuntansi danperbankan syari’ah Vol. 10 no. 2, september 2021 E-issn: 25808117; p-issn: 25276379

Rudi Yacub, Wahyu Mustajab & Tumer, (2020 ) “Analisis pengaruh pemasaran digital (Digital Marketing) terhadap brand awareness pada e-commerce” Jurnal manajemen dan sistem informasi Vol 19, no 2 (2020)

Silviana, (2020). “Pengaruh Digital Marketing Terhadap Penjualan Melalui Sosial Media (Studi Kasus Di Kecamatan Bone – Bone). Skripsi Sulawesi Selatan: Universitas Muhammadiyah Palopo

Sugiyono, (2016), Memahami Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: IKAPI

https://katadata.co.id/desysetyowati/digital/605d9ee9399b9/jumlah-pengguna- shopeepay-OVO-dana-melonjak-hingga-267 [di akses 23 desember 2021 ]

https://katadata.co.id/pingitaria/digital/5e9a4e6c28da0/OVO-jadi-dompet-digital- terbesar-di-indonesia-berkat-ekosistem-grab [di akses 23 desember 2021 ]


Full Text: PDF Abstract views : 10 views : 13

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Aplikasi Bisnis dan Komputer

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.