ANALISIS TATA GUNA LAHAN DAN KINERJA LALU LINTAS JALAN CIKERETEG – PANCAWATI DI KECAMATAN CARINGIN, KABUPATEN BOGOR

Eko Arif Rahmawan, Umar Mansyur, & Ruchyat Deni Djakapermana

Abstract


ABSTRAK

 

Jalan Cikereteg – Pancawati merupakan akses utama menuju beberapa objek wisata unggulan di Kecamatan Caringin. Perkembangan pembangunan Kecamatan Caringin khususnya di sekitar Jalan Cikereteg - Pancawati semakin pesat ditandai dengan maraknya bangunan objek wisata dan villa. Hal tersebut menunjukkan adanya pertumbuhan ekonomi, tapi pada sisi lain dapat menimbulkan persoalan baru dalam transportasi khususnya kemacetan yang diakibatkan oleh tingginya pergerakan yang dihasilkan dari guna lahan wisata tersebut. Tata guna lahan dan transportasi mempunyai suatu hubungan yang interaktif yaitu tata guna lahan merupakan salah satu penentu pergerakan dan aktifitas transportasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tata guna lahan di sekitar Jalan Cikereteg – Pancawati dan menganalisis tingkat pelayanan jalan pada jalan tersebut. Penelitian ini menggunakan analisis spasial dan deskriprif untuk mengetahui tata guna lahan. Analisis kinerja ruas jalan terdiri dari analisis volume lalu lintas, analisis kapasitas ruas jalan, analisis derajad kejenuhan dan tingkat pelayanan. Hasil analisis tata guna lahan menunjukkan bahwa saat ini penggunaan lahan di sekitar Jalan Cikereteg – Pancawati masih selaras dengan RTRW Kabupaten Bogor. Hasil analisis kinerja lalu lintas Jalan Cikereteg – Pancawati menunjukkan bahwa Hari Minggu memiliki nilai volume dan derajat kejenuhan yang lebih tinggi daripada Hari Kamis. Nilai derajat kejenuhan tertinggi terjadi pada Hari Minggu segmen 3 dengan nilai DS sebesar 0,98 yang berarti pada tingkat pelayanan level “E”, karakteristik arus lalu lintas tidak stabil, kecepatan terkadang terhenfi dan permintaan sudah mendekati kapasitas.

 

Kata Kunci : derajat kejenuhan; kemacetan; tingkat pelayanan; transportasi

 

ABSTRACT

 

Cikereteg – Pancawati road is the main access to several leading tourist objects in Caringin District. The development progress of Caringin District, especially around Cikereteg – Pancawati road is increasing rapidly marked by the rise of tourist object buildings and villas. This shows economic growth, but on the other side it can cause new problems in transportation, especially congestion caused by the high movement resulting from the use of the tourist land. Land use and transportation have an interactive relationship, namely land use is one of the determinants of movement and transportation activities. This study aims to determine land use and to analyze traffic performance of Cikereteg - Pancawati road. This study uses spatial and descriptive analysis to determine land use. Analysis of traffic performance consists of analysis of traffic volume, analysis of road capacity, degree of saturation and level of service analysis. The results of the land use analysis show the land use around Cikereteg – Pancawati road is still in line with the RTRW of Bogor Regency. The results of the traffic performance analysis for Cikereteg – Pancawati road show that Sunday has a higher volume and degree of saturation than Thursday. The highest degree of saturation occurs on Sunday segment 3 with a DS value of 0.98 which means that at the service level "E", the characteristics of the traffic flow are unstable, the speed sometimes stops and the demand is approaching capacity.

 

Keywords : congestion; degree of saturation; level of service; transportation


References


Direktorat Jenderal Bina Marga Departemen Pekerjaan Umum. 1997. Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI). Jakarta : Direktorat Jenderal Bina Marga Departemen Pekerjaan Umum.

Direktorat Jenderal Bina Marga Departemen Pekerjaan Umum. 1997. Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI ). Jakarta : Direktorat Jenderal Bina Marga Departemen Pekerjaan Umum.

Hukmia. 2015. Pengaruh Aktivitas Komersial Terhadap Lalu Lintas di Koridor Jalan Perintis Kemerdekaan. Jurnal Perencanaan Wilayah & Kota. 4: 79-90.

Rachman AP. Analisis Pengaruh Tata Guna Lahan Terhadap Kinerja Jalan di Kota Gorontalo. Jurnal Ilmiah Media Engineering. 10: 69-82.

Rantung T. 2016. Analisa Dampak Lalu Lintas (ANDALALIN) Kawasan Lippo Plaza Kairagi Manado. Jurnal Ilmiah Media Engineering. 5: 315-327.

Rantung T. 2016. Analisa Dampak Lalu Lintas (ANDALALIN) Kawasan Lippo Plaza Kairagi Manado. Jurnal Ilmiah Media Engineering. 5: 315-327.

Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Kepala Badan Pertanahan Nasional. 2018. Peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Kepala Badan Pertanahan Nasional No: 1 tentang Pedoman Penyusunan Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi, Kabupaten dan Kota. Berita Negara RI Tahun 2018 Nomor 294. Jakarta. Direktur Jenderal Peraturan Perundang-Undangan Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Miro, Fidel. 2004. Perencanaan Transportasi Untuk Mahasiswa, Perencana dan Praktisi. Jakarta: Erlangga.

Sitorus SRP. (2017). Perencanaan Penggunaan Lahan. Bogor (ID) : IPB Press.

Tamin OZ. 2000. Perencanaan & Pemodelan Transportasi. Bandung : ITB.


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/teknik.v25i1.10199 Abstract views : 0 views : 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.