PENERAPAN KESELAMATAN, KESEHATAN, KERJA DAN LINGKUNGAN (K3L) PADA PELAKSANAAN PROYEK KONSTRUKSI (Studi Kasus Proyek Perluasan Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno Hatta)

Heny Purwanti, Roy Natal Silalahi, Muhammad Surjono

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh keselamatan dan kesehatan kerja terhadap kinerja karyawan di proyek Perluasan Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno Hatta. Jumlah anggota populasi sebanyak 185 orang karyawan. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling karena pengambilan sampel anggota populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi tersebut. Dan penentuan ukuran sampel dalam penelitian ini menggunakan  rumus Slovin, sehingga diperoleh hasil sebanyak 65 responden yang akan dijadikan sampel dalam penelitian.

Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data dan menggunakan teknik analisis regresi linear sederhana untuk mengukur pengaruh dari variabel bebas terhadap variabel terikat yaitu keselamatan dan kesehatan kerja sebagai variabel independent (X) dan kinerja karyawan sebagai variabel dependent (Y).

Pengolahan data dalam penelitian ini dibantu dengan program Stastitical for Product and Service Solution (SPSS) versi 17. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa keselamatan dan kesehatan kerja  berpengaruh signifikan dan positif terhadap kinerja. Berdasarkan hasil pengujian empiris variabel keselamatan dan kesehatan kerja memiliki nilai koefisien sebesar 0,579 dengan nilai t hitung 3.798  serta nilai signifikansi 0.001.

References


Gomes, Faustino Cardoso. (2003). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Majalah Konstruksi Indonesia (2014). Kinerja Industri Konstruksi Indonesia masih lemah. Vo. 6:24-27

Mangkunegara, DR. A.A. Anwar Prabu. (2005). Evaluasi Kinerja SDM. Bandung: Penerbit Refika Aditama.

OHSAS 18001 Occupation Health and Safety Assesment Seriesâ€.

Sugiyono, (2014). Statistik Untuk Penelitian, Cetakan ke-19, Bandung, Penerbit Alfabeta

Suwarno, H. Bambang. (2005). Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Bandung: Penerbit Alfabeta

Tiar Sugianto Irawadi. (2015). Desertasi Model Persamaan Struktural Iklim Keselamatan Kerja, Kompetensi Personal dan Perilaku Aman Terhadap Kinerja Proyek Konstruksi, Universitas Tarumanegara

UU No.1/1970 Tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Widiyanto, Joko (2012). SPSS For Windows. Surakarta : Badan Penerbit-FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta

http://www.spssindonesia.com/2014/01/uji-validitas-product-momen-spss.html, diakses tanggal 15 Januari 2016.

Citroreksoko, P., & Suchyadi, Y. (2012). Kimia Terapan (01 ed.). Jakarta: Universitas Terbuka.


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/teknik.v17i1.1084 Abstract views : 618 views : 1820

Refbacks

  • There are currently no refbacks.