KAJIAN GEOTEKNIK KESTABILAN LERENG DI DAERAH QUARRY HAMBALANG, KECAMATAN CITEUREUP KABUPATEN BOGOR, JAWA BARAT

DJAUHARI NOOR dan SOLIHIN

Abstract


Quarry Hambalang adalah suatu quarry bahan baku semen milik PT. Indocement Tunggal Prakasa, Tbk. yang secara geologi tersusun dari batuan napal, batulempung dan batupasir gampingan Formasi Jatiluhur, dimana batuan-batuan tersebut adalah jenis batuan yang relatif tidak stabil apabila dilakukan penambangan dengan metoda open pit dengan membuat lereng-lereng, dikarenakan faktor-faktor yang dapat berpengaruh terhadap kestabilan lereng seperti antara lain jenis batuan, stratigrafi, dan struktur geologinya. Kestabilan lereng banyak ditentukan oleh tingkat pelapukan dan struktur geologi yang ada pada massa batuan tersebut, seperti sesar, kekar, lipatan, dan bidang perlapisan (Sulistianto,2011). Struktur-struktur tersebut selain lipatan juga disebut bidang lemah. Disamping geologi struktur, kandungan air dan karakteristik sifat fisik mekanik juga dapat  mempengaruhi kestabilan lereng. Berdasarkan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kestabilan lereng tersebut diatas, maka penulis tertarik untuk melakukan kajian geoteknik untuk kestabilan lereng pada Quarry Hambalang, Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat konsensi penambangan milik PT. Indocement Tunggal Prakarsa, Tbk. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis dan mendesain kestabilan lereng yang terdapat pada Quarry Hambalang di wilayah Kecamatan Citereup, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat untuk mengetahui jenis longsoran, nilai faktor keamanan dan desain lereng yang sesuai dengan batas terendah faktor keamanan lereng.

 

Kata Kunci: Kajian Geoteknik, Kestabilan Lereng, Quarry Hambalang.


References


. Bieniawski, Z.T. 1984. Physical and Geothecnical Properties of Soil: Second Edition.McGraw-Hill: NewYork, USA.

. Bieniawski, Z.T., 1989. Engineering Rock Mass Clasification, New York: John Wileyand Sons

. Hoek, E and Brown, E.T. 1980. Empirical Strength Criterion for Rock Masses. Journalof the Geothecnical Engineering Division: Proceeding of AmericanSociety of Civil Engineers, Vol. 106.

. Hoek, E., Bray, J.W. 1981. Rock Slope Engineering, London: Institution of Miningand Metallurgy.

. Hoek, E and Brown, E.T. 1997. Technical Note Practical Estimates of Rock MassStrength. Elsevier: International Journal Rock Mechanics and Mining Sciences Vol. 34, No. 8 page 1165-1186.

. Hoek, E and Marions, P. 2000. GSI: Geologically Friendly Tool for Rock MassStrength Estimation. Proceeding of the International ConferenceGeothecnical and Geological Engineering: Melbourne.

. Hoek, E., Read, J., Karzulovic, A., Chen, Z.Y. 2000. Rock Slope for Civil and MiningEngineering. Proceeding of the International Conference Geothecnicaland Geological Engineering: Melbourne.

. Hoek, E., Carter, T.G., Diedrichs, M.S. 2013. Quantification of Geological Strength Index Chart. Proceedings of 47th GeomechanicSymposium


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/teknik.v18i1.1537 Abstract views : 511 views : 980

Refbacks

  • There are currently no refbacks.