ANALISIS PEMBUATAN PETA ZONA NILAI TANAH UNTUK IDENTIFIKASI PERTUMBUHAN PASAR TANAH DI KOTA BOGOR TAHUN 2018

DESSY APRIYANTI dan DIAH KIRANA KRESNAWATI

Abstract


Tanah merupakan sumber daya yang berperan penting dalam mendukung kebutuhan dasar manusia. Tanah perlu dikelola dengan baik sehingga dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk kemakmuran manusia tanpa merusak kelestarian dari tanah itu sendiri dan lingkungan sekitarnya. Peningkatan jumlah penduduk mengindikasikan bahwa kebutuhan akan tanah juga mengalami peningkatan, sehingga mendorong peningkatan permintaan akan tanah yang kemudian akibatnya meningkatkan penawaran harga tanah yang semakin tinggi. Transaksi jual beli tanah juga ikut meningkat. Karena jumlah tanah sifatnya tetap maka adanya peraturan tentang penggunaan tanah di dalam perencanaan wilayah sangat diperlukan. Distribusi transaksi jual beli tanah dapat digambarkan dalam bentuk peta pasar tanah. Pasar tanah dapat menunjukkan kawasan yang memiliki jumlah transaksi yang tinggi. Dari pasar tanah di Kota Bogor dapat dianalisis arah dan tingkat pertumbuhan wilayah di Kota Bogor. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis psar tanah di Kota Bogor untuk mengidentifikasi pertumbuhan wilayah Kota Bogor. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data transaksi jual beli tanah yang dilaporkan oleh Pejabat Pembuat Akta Tanah kepada Badan Pertanahan Nasional Kota Bogor pada tahun 2017 dan 2018. Data disesuaikan berdasarkan sumber data dan waktu. Kemudian data diolah dalam bentuk tabel, grafik, dan peta untuk menggambarkan pasar tanah yang terbentuk. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif. Analisis dilakukan berdasarkan fakta-fakta yang ada yaitu fakta yang diperoleh dari distribusi transaksi jual beli tanah yang digambarkan dalam peta pasar tanah. Analisis pertumbuhan wilayah dilakukan dengan mengacu pada Rencana Tata Ruang Wilayah di Kota Bogor tahun 2017 s.d. 2018. Pasar tanah dapat diidentifikasi dari data transaksi jual beli tanah. Pasar tanah yang digambarkan berdasarkan jumlah transaksi, luas tanah, ada dan tidaknya bangunan, harga tanah saat transaksi, dan Nilai Jual Objek Pajak menunjukkan bahwa transaksi banyak terjadi pada kawasan strategis yang dilewati akses jalan arteri primer dan jalan kolektor. Hal ini menunjukkan bahwa faktor eksternal berupa aksesibilitas dan infrastruktur kota memegang peranan penting dalam menentukan arah pertumbuhan wilayah di Kota Bogor.

 

Kata kunci : Kota Bogor, Zona Nilai Tanah, Pasar Tanah, Pertumbuhan Wilayah


References


Boediono, 2002, Seri Sinopsis Pengantar Ilmu Ekonomi No.1 Ekonomi Mikro, Cetakan ke-23, Edisi 2, BPFE, Yogyakarta.

Deininger, Klaus, 2003, Land Policies for Growth and Poverty Reduction, The Word Bank and Oxford University Press.

Eckert, J.K., 1990, Property Apprasial and Assessment Administration, IAOO, Chicago, Illiois.

Eka Setiabudi, Agus, 2013, Perencanaan Wilayah, http://aguseka1991.blogspot.com/ 2012/12/perencanaan-wilayah.html (akses tanggal 23 Desember 2013).

Getarina, Dewi Purnamasari, 2011, Pembuatan Peta Zona Nilai Tanah Kecamatan Kraton Kota Yogyakarta, Jurusan Teknik Geodesi Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Indina, Shinta Dewi , 2012, Tinjauan Pola Pasar Tanah di Kabupaten Bantul, skripsi, Jurusan Teknik Geodesi Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Keputusan Direktur Jenderal Pajak Nomor SE-55/PJ.6/1999 tentang Petunjuk Teknis Analisis dan Penentuan NIR.

Novi, Pristianti, 2013, Pertumbuhan Wilayah Kabupaten Kebumen Berdasarkan Pola Pasar Tanah, skripsi, Jurusan Teknik Geodesi Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Prijono, Nugroho D., 2008, Pendekatan Neo Klasik dalam Menghurai Halangan Penawaran Tanah di Bandar, tesis, Universiti Teknologi Malaysia, Malaysia.

Rahman, Abd., dkk, 1992, Penilaian Harta Tanah, Badan Pendidikan dan Latihan Keuangan bekerja sama dengan Institut Teknologi Mara Malaysia, Malang.

Sukanto, Reksohadiprodjo, dkk, 2001, Ekonomi Perkotaan, Cetakan ke-1, Edisi 4, BPFE, Yogyakarta.

Tarigan, Robinson, 2005, Perencanaan Pembangunan Wilayah, PT Bumi Aksara, Jakarta.

Williamson, dkk., 2009, Land Administration for Sustainable Development, ESRI Press Academic, California.


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/teknik.v19i1.1685 Abstract views : 819 views : 912

Refbacks

  • There are currently no refbacks.