DESAIN APLIKASI BANK DATA PERENCANAAN DAERAH KABUPATEN SUMBAWA

IKSAL YANUARSYAH, JANTHY T. HIDAYAT

Abstract


Sistem informasi  geoportal bank data adalah sistem informasi potensi daerah berbasis GIS/spasial yang disajikan dalam menunjang e-Government. Aplikasi ini merupakan bagian dari website pemerintah kabupaten atau kota yang dengan mudah dapat diakses oleh masyarakat umum melalui internet. Sebelumnya data tentang informasi potensi daerah masih belum tersusun rapih dan efisien maka untuk mengatasi masalah ini Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa berinisiatif membuat sistem informasi  geoportal bank data. Sistem informasi  geoportal bank data  digunakan untuk mengolah dan menyajikan data dan informasi bank data kabupaten berbasis web dalam bentuk visualisasi spasial yang dapat mendukung terwujudnya perencanaan yang baik khususnya rencana pembangunan daerah di Kabupaten Sumbawa. Aplikasi ini dapat menampilkan peta interaktif  yang dibuat berdasarkan peta tematik setiap SKPD dan informasi statistik, export data ke pdf dan geojson, sehingga memudahkan untuk melihat potensi daerah tersebut. Aplikasi ini dibangun dengan software opensource menjadikan penghematan dalam penggunaan anggaran daerah.  Software Opensouce yang digunakan adalah diantaranya : PHP untuk programming serverside, Mysql untuk database, Leafletjs dan GeoPHP untuk pemetaan, Server Linux untuk sytem servernya diman fitur ini memberikan kemudahan dalam penggunaan aplikasi.

 

Kata Kunci : Sistem Informasi,  Geoportal, Bank data,  opensource.


References


. FitzGerald AF., Stallings, Jr. WD., 1981.Fundamentals of Systems Analysis . Newyork: John Willey & Sons.

. Jogiyanto,H.M. 2019. Analisis dan Desain Sistem Informasi : Pendekatan Tersetruktur, Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis,ANDI, Yogyakarta.

. Morrison ML., Marcot BG., Mannan RW.1999. Wildlife Habitat Relationships: Concepts and Applications. Journal Mammal 80(4):13821385.

. OBrien RA. 2009. Comparison of overstory canopy cover estimates on forest survey plots. Intermountain research station research paper 417. USDA Forest Service, Ogden: 15.

. Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 tentang Tahapan Tatacara Penyusunan, Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah

. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008

. Shalahuddin. R. 2013. Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: Informatika.

. Widodo P, Herlawati. 2011. Menggunakan UML. Bandung: Informatika


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/teknik.v22i1.3738 Abstract views : 283 views : 576

Refbacks

  • There are currently no refbacks.