DESAIN STRATEGI UNTUK PERENCANAAN TERMINAL DI PERKOTAAN SARILAMAK, KABUPATEN LIMA PULUH KOTA, PROVINSI SUMATERA BARAT

RIKO HARDIN

Abstract


Sarilamak sebagai kawasan perkotaan yang tumbuh dan berkembang memiliki potensi ekonomi yang cukup baik dan sebagai ibu kota kabupaten dengan status kota PKL (Pusat Kegiatan Lokal), saat ini sangat intens berinteraksi dengan kota-kota lain. Beberapa dokumen yang ada seperti RTRW Kabupaten Lima Puluh Kota dan RTRW Provinsi Sumatera Barat, Draft RDTR IKK Sarilamak, serta hasil diskusi dengan Pemerintah Daerah memberikan indikasi diperlukannya terminal di perkotaan Sarilamak. Saat ini perkotaan Sarilamak belum ada terminal dan sangat diperlukan untuk mendorong pertumbuhan kawasan perkotaan Sarilamak tersebut. Selain itu, belum ada terminal angkutan penumpang antar kota dan/atau antar kabupaten untuk memperlancar pergerakan ekonomi di perkotaan Sarilamak. Sebelum membuat rencana penempatan lokasi, tentunya diperlukan kajian pada lokasi rencana pembangunan terminal, lalu diperlukannya strategi untuk menjadikannya rekomendasi kebijakan kepada pemerintah. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah 1) Menganalisis potensi lokasi rencana terminal berdasarkan aspek fisik lingkungan dan aspek sosial masyarakat. 2) Menganalisis aksesibilitas lokasi rencana terminal di perkotaan sarilamak. 3) Menyusun desain strategi prioritas untuk perencanaan terminal di perkotaan sarilamak. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif, analisis SKL, VCR, kesesuaian lokasi, serta SWOT dan AHP. Pada akhirnya didapat hasil simpulannya adalah 6 prioritas strategi yang dapat dijadikan rekomendasi kebijakan dan dari semua strategi yang terbaik yaitu memudahkan akses transportasi untuk melintasi perkotaan sarilamak sampai wilayah kebelakang Kabupaten Lima Puluh Kota.

Kata kunci : aksesibilitas, kebijakan, perencanaan, strategi, dan terminal.


References


DAFTAR PUSTAKA

Departemen Perhubungan. (1995). Keputusan Menteri Perhubungan No 31 Tahun 1995 Tentang Terminal Transportasi Jalan. Jakarta : Departemen Perhubungan.

Kementerian Pekerjaan Umum. (2007). Peraturan Menteri Pekerjaan Umum No.20/PRT/M/2007 tentang Pedoman Teknik Analisis Aspek Fisik Lingkungan, Ekonomi Serta Sosial Budaya. Jakarta: Kementerian Pekerjaan Umum.

Kementerian Perhubungan. (2015). Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 132 Tahun 2015 Tentang Penyelenggaraan Terminal Angkutan Jalan. Jakarta : Kementerian Perhubungan.

Kementerian Perhubungan. (2015). Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 40 Tahun 2015 Tentang Standar Pelayanan Penyelenggaraan Terminal Penumpang Angkutan Jalan. Jakarta: Kementerian Perhubungan.

Mulyono, Joko dkk. (2016). Strategi Pembangunan Pertanian Di Kabupaten Bantul Dengan Pendekatan AWOT. Bogor: Jurnal Publikasi IPB.

Rangkuti, F. (2013). Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT Cara Perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI. Jakarta: Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sekretariat Daerah Kabupaten Lima Puluh Kota. (2012). Peraturan Daerah Kabupaten Lima Puluh Kota Nomor 7 Tahun 2012 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Lima Puluh Kota Tahun 2012 - 2032. Sarilamak: Sekretariat Daerah Kabupaten Lima Puluh Kota.

Sekretariat Daerah Provinsi Sumatera Barat. (2012). Peraturan Daerah Provinsi Sumatera Barat Nomor 13 Tahun 2012 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi Sumatera Barat Tahun 2012 2032. Padang : Sekretariat Daerah Provinsi Sumatera Barat.


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/teknik.v22i2.4820 Abstract views : 182 views : 490

Refbacks

  • There are currently no refbacks.