ARAHAN KEBIJAKAN PENGEMBANGAN DAN PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR DI SEKITAR STASIUN KERETA CEPAT JAKARTA BANDUNG (KCJB) HALIM SEBAGAI IMPLIKASI DIBANGUNNYA STASIUN KCJB HALIM

RISA TRIWIYANTI, RUCHYAT DENI DJAKAPERMANA, dan RUDI MAHMUD ZAFULLAH

Abstract


ABSTRAK

 

Pembangunan Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) merupakan proyek strategis nasional, saat ini sedang dalam tahap pembangunan. Kegiatan pembangunan stasiun KCJB Halim memberikan dampak bangkitan lalu lintas dan berimplikasi pada permasalahan transportasi di sekita kawasan stasiun. Untuk itu perlu diatur sistem dan manajemen transportasi di sekitar stasiun KCJB Halim. Oleh karenanya diperlukan arahan kebijakan pengembangan dan pembangunan infrastruktur di sekitar stasiun kereta cepat Jakarta-Bandung (KCJB) Halim. Dengan demikian tujuan penelitian adalah melakukan: 1). Menghitung bangkitan lalu lintas yang ditimbulkan dari dan ke stasiun KCJB Halim, serta menilai implikasinya pada fasilitas transportasi di sekitar stassiun KJB Halim serta menilai tingkat pelayanan lalu lintas sesuai standar Level of Services (LOS) dan 2) Menyusun arahan kebijakan pengembangan dan pembangunan infrastruktur di sekitar stasiun KCJB Halim. Metodologi yang digunakan adalah dengan model analisis: 1) menghitung bangkitan lalu lintas di sekitar Stasiun Halim dengan perhitungan volume (lalulintas) jam perencanaan (VJP) untuk mengetahui implikasi kebutuhan fasilitas sarana dan prasarana Transportation System Management (TSM) serta level of services pada ruas jalan di Kalimalang; 2) Menyusun dan menilai arahan kebijakan pembangunan infrastruktur di sekitar stasiun KCJB Halim. Berdasarkan proses kajian dan analisis, hasil penelitian ini adalah: 1) level of services (LOS) pada ruas jalan kalimalang adalah F dan akan semakin parah dengan adanya tambahan bangkitan lalu lintas dari KCJB; 2) Implikasi pada fasilitas transportasi di sekitar stasiun KCJB Halim adalah harus dibangun dan dikembangkan berbagai TSM antar lain road widening, pengembangan marka jalan, traffic signal dan fly-over lintasan jalan kendaraan yang memotong jalan tol ke bandara Halim.

 

Kata Kunci : Bangkitan traffic, level of services, rekayasa lalu lintas.

 

 

ABSTRACTJakarta Bandung High Speed Railway (KCJB) which is one of the national strategic project, nowadays has been developing. This development has impacted the traffic generation and could create a traffic issue at the surrounding area of KCJB Halim station. Consequently, the transport system and management have to be set well on it. Therefore, policy direction is needed according to infrastructure development at the surrounding area of KCJB Halim Station. Eventually, the goals of the research are: 1) The calculation of traffic generation from KCJB Halim, impact to prepare facilities of transportation system management (TSM) included asses the level of service (LOS);2) To consolidate the policy direction and the infrastructure development at the surrounding area of KCJB. The methodology of the research is the analysis models of: 1) To calculate the traffic generation at the surrounding area of KCJB Halim with volume estimation model sucha as traffic volume for road engineering planning (VJP) and to find out the level of service (LOS) at Kalimalang Street; 2) To create and evaluate the policy direction of infrastructure development at the surrounding area of KCJB. It is concluded from the research that: 1) It was found that at a segment of Kalimalang Street had F on the level of service and could be worse cause of the increase of traffic generation from KCJB; 2) The KCJB Halim station and surounding should preparre and developed facilities of transportion, TSM and fly over to Halim also have to be developed with traffic engineering scenario and amenities.

 

Keywords: traffic generation, level of services, traffic engineering


References


Arief, Andi M. 2022. Studi UI: Tiket Kereta Cepat Jakarta Bandung Bisa Rp150 Ribu-350 Ribu. [online]. Berita katadata.co.id. https://katadata.co.id/maesaroh/berita/620124fb9cc85/studi-ui-tiket-kereta-cepat-jakarta-bandung-bisa-rp150-ribu-350-ribu

Bruton, Michael J., (1975). Introduction to Transportation Planning. Hutichinson of London & Co (Publishers) Ltd, London W1

Departemen Pekerjaan Umum. (1997). Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI/ IHCM), Jakarta: Bina Karya

Djakapermana, R. D. (2021). Penguatan Pengendalian Pemanfaatan Ruang Di Kawasan Jabodetabekpunjur Secara Konsisten. Dalam Prosiding Seminar Nasional Asosiasi Sekolah Perencanaan Indonesia (ASPI) 2021 (pp. 44-54).

Dinas Perhubungan DKI Jakarta. 2019. Dokumen Data dalam Bentuk Excel dan Power Point

Ditjen Perkereta Apian Kementerian Perhubungan. 2011. Rencana Induk Perekereta Apian Nasional. Jakarta.

Kementerian Sekneg Indonesia. (2015). Perpres No. 107 Tahun 2015 tentang Percepatan Penyelenggaraan Prasarana dan Sarana Kereta Api Cepat antara Jakarta dan Bandung

Kementerian Perhubungan. (2016). Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KP. 25 Tahun 2016 tentang Penetapan Trase Jalur Kereta Api Cepat Antara Jakarta dan Bandung Lintas Halim-Tegalluar

Morlok, K.E. (1991). PengantarTeknik dan Perencanaan Transportasi. Jakarta: Airlangga: Jakarta

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. (2019). Keputusan Gubernur DKI Jakarta No. 1640 Tahun 2019 tentang Penetapan Lokasi Untuk Pembangunan Jalur, Stasiun, Dan Fasilitas Kereta Cepat Antara Jakarta Bandung, Jakarta (ID): JDIH Pengprov DKI Jakarta

Pignataro, Louis, J. 1973. Traffic Engineering. Theory and Practice. Prentice-Hall Inc. Englewood Clifs New Jersey. USA


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/teknik.v23i2.6878 Abstract views : 198 views : 160

Refbacks

  • There are currently no refbacks.