ANALISA STABILITAS LERENG TAMBANG TERBUKA BAHAN GALIAN-C DAERAH DESA BATUJAJAR DAN TEGALLEGA KECAMATAN CIGUDEG KABUPATEN BOGOR, JAWA BARAT

SOLIHIN dan RESTU RADITYA

Abstract


Analisa stabilitas lereng tambang terbuka bahan galian-C, menggunakan analisis pola-pola atau orientasi dengan metode stereografi dan analisis kinematik.  Di daerah penelitian didapat dilokasi pengamatan 1, 3, 4 dan 5 menunjukan adanya potensi longsoran baji, potensi longsorang jungkiran Lokasi 2. Nilai SMR untuk lereng tunggal nilainya yaitu 50,8-55, secara umum model lereng di lokasi penelitian berupa normal baik pada lereng keseluruhan maupun lereng tunggal dalam kondisi yang hampir stabil, namun masih ada potensi terjadinya longsoran blok melalui joint atau beberapa bidang baji 50,25-55 yang keseluruhannya termasuk kedalam kelas III.  Kondisi lereng tunggal di lokasi penelitian secara umum dalam keadaan kurang stabil, yang ditunjukan dengan nilai faktor kemanannya kurang dari 1 kemantapannya tidak mantap, yaitu pada Segmen 1 dan Segmen 3 dalam semua kondisi dan pada Segmen 5 hanya pada kondisi jenuh+gempa dan kondisi jenuh+crak tensions, potensi longsoran akan meningkat terutama pada bulan Oktober s.d. Februari, saat curah hujan tinggi. Jenis kelas perkuatannya termasuk pada klas IIIa dengan jenis perkuatan pembuatan paritan pada kaki lereng dikombinasikan dengan jala kawat, pemasangan baut pada batuan secara sistematik, dan beton semprot pada beberapa bagian lereng.

 

Kata Kunci : Galian, Batu dan Stabilitas Lereng

 



References


[1]. Bienawski, Z. T. (1989). “Engineering Rock Mass Classifications”. (A Complete Manual for Engineering and Geologist in Mining, Civil and Petroleum Engineering), Jhon Willey & Sons – Interscience Publication, Canada.

[2]. Bouwer, H. (1978), “Ground Water Hydrology”. Mc Graw Hill Kogakusha, Ltd.

[3]. C. Venkatramaiah (1993) ‘Geotechnical Engineering’, New Delhi, India

[4]. Chapman, R. E. (1981), “Geology and Water”, Introduction to Fluid Mechanics for Geologist.

[5]. Davis, S. N. and de Wiest. (1996), “Hydrogeology”, Jhon Willey and Sons, New York.

[6]. David keith todd (1980), “Groundwater hydrology’, new York chichester Brisbane Toronto, USA

[7]. Fetter, C. W. (1989), “Applied Hydrogeology”.

[8]. Hoek, E. and Bray, J. W. (1981). “Rock Slope Engineering”. The Institute of Mining and Metallurgy (imm), London.

[9]. SK Men ESDM No. 7 (2014). “Kepmen Rencana Reklamasi dan Pasca Tambang”.

[10]. Undang Nomor 26 Tahun 2007 tentang Tata Ruang, dan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor : 06/PRT/M/2007 tentang Pedoman Umum Rencana Tata Bangunan dan Lingkungan.

[11]. Peta RBI Lembar LEBAKWANGI (1209-411)

[12]. Turkandi, dkk. (1992), “Peta Geologi Lembar Jakarta dan Kepulauan Seribu)”, Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi, Bandung


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/teknik.v17i1.913 Abstract views : 415 views : 1861

Refbacks

  • There are currently no refbacks.