Sistem Penunjang Keputusan Strategi Tindakan Atas Pelanggaran Siswa Dengan Metode Analytical Network Process

Fajar Delli Wihartiko, Eneng Tita Tosida, Lola Jaman Sentosa

Abstract


Dalam proses belajar mengajar, siswa dapat saja melakukan pelanggaran baik dalam kategori ringan maupun berat. Setiap pelanggaran memiliki tindakan atau hukuman sesuai dengan aturan yang berlaku. Guna mempermudah proses pengambilan keputusan atas tindakan yang terjadi perlu dibuat suatu sistem penunjang keputusan atas pelanggaran yang terjadi. Sistem tersebut dibuat menggunakan metode Analytycal Network Process. Model yang dihasilkan kemudian dikembangkan dalam bentuk system penunjang keputusan berbasis web. Proses pengembangan system dilakukan pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Infokom Bogor. Sistem yang telah dikembangkan dapat digunakan sebagai bahan evaluasi pihak sekolah dalam mengupayakan kedisiplinan.


Keywords: Sistem Penunjang Keputusan, Analytycal Network Process, Kedisiplinan


References


Triliyana, D. Sistem Pendukung Keputusan penentuan Sanksi Pelanggaran Siswa di SMK Al Hikmah Mayong Jepara. Skripsi. Universitas Muria Kudus. 2015

Handayani. Sistem Pendukung keputusan Untuk Menentukan Tingkat Kedisiplinan dan Sanksi Pelanggaran Siswa di SMAN 1 Jatinom. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta. 2015

Krisnuari, D. Sistem Pendukung Keputusan Sanksi Pelanggaran Tata Tertib Sekolah di SMK Negeri Tugumulyo Menggunakan Metode Topsis. Skripsi. Bina Nusantara Jaya. 2015

Turban, Efraim dan Jaye Aronson. Decision Support Systems and Intelligent Systems. Fifth Edition. Prentice-Hall, Inc. 1998.

Kendall & Kendal. Systems Analysis and design. 4th edition, Prentice Hall, Inc. 1999

Suradinata, Manajemen Sumber Daya Manusia, Ramadan Bandung. 1996

Saaty, T.L. and Vargas, L.G. Models, Methods, Concepts and Applications of the Analytic Hierarchy Process , Boston: Kluwer Academic Publishers. 2000

Saaty, T. L., Decision Making with Dependence and Feedback-The Analytic Network Process, RWS Publications, Pittsburgh. 1996,

Mulyasa, E. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Konsep, Karakteristik, dan Implementasi. Bandung: Rosdakarya. 2002


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/komputasi.v15i1.1265 Abstract views : 1571 views : 674

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.