Identifikasi Pengenalan Karakter Plat Nomor Kendaraan Menggunakan Jaringan Syaraf Tiruan Berbasis Citra Digital

Sufiatul Maryana, Arie Qurania, Agung Prajuhana Putra

Abstract


Meningkatnya volume kendaraan bermotor yang terjadi saat ini membuat kebutuhan akan adanya sistem yang dapat diterapkan pada banyak aplikasi pemantauan aktivitas lalu lintas dantaranya pembayaran jalan tol elektronik, pelanggaran lalu lintas, pencurian kendaraan dan lain sebagainya. Tujuan dari peneltian ini adalah mengidentifikasi pengenalan karakter plat nomor kendaraan menggunakan Jaringan Syaraf tiruan berbasis citra digital, pengenalan karakter dan keberhasilan proses klasifikasi ditentukan dari keberhasilan ekstraksi fitur tiap karakter sehingga dengan bentuk karakter yang beragam akan menambah tingkat kesulitan dalam proses pengenalan. Pengenalan pola pada plat nomor kendaraan menggunakan métode Jaringan Syaraf Tiruan yang terdiri dari beberapa tahapan, yaitu deteksi lokasi plat nomor, praproses citra plat nomor, memilih data uji dan data latih, indentifikasi menggunkan JST diantaranya Model klasifikasi JST, pengujian JST dan Akurasi JST. Data yang diambil sebanyak 160 yang terdiri atas 40 citra wilayah Bogor (F), 40 citra wilayah Jakarta (B), 40 citra wilayah Bandung (D) dan 40 citra wilayah Purwakarta (T). Data dari masing-masing jenis plat nomor dibagi menjadi dua bagian, 30 buah untuk data latih dan 10 buah untuk data uji. Dari uji coba berdasarkan 40 data latih yang dilakukan terdapat 31 data uji yang terdefinisi atau akurasi sebesar 77,5%. Ekstraksi ciri yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas 6 parameter yaitu nilai entropi, variants, means, red, green dan blue, sedangkan proses identifikasi menggunakan Jaringan Syaraf tiruan. Hasil identifikasi akan menampilkan data uji dengan kode wilayahnya berdasarkan nilai yang terdekat dengan data latih, sehingga mendapatkan hasil 77,5%.


Kata Kunci: Multimedia Plat Nomor, Deteksi, JST


References


Arymurthy. Pengantar Pengolahan Citra. Elex Media Komputindo. Jakarta. 2012.

Hermawan, Arief. Teori dan Aplikasi Jaringan Syaraf Tiruan. Yogyakarta. 2006.

Puspitaningrum, Diyah. Penghantar Jaringan Syaraf Tiruan. Yogyakarta. 2006.

Putra R dkk. Deteksi Dan Identifikasi Plat Nomor Kendaraan Mobil Menggunakan Jaringan Syaraf Tiruan Learning Vector Quantization (Lvq) Berbasis Video. E-proceeding of engineering : Vol.3 No.1 April 2016

Salsabilla, Munanto, Permata. Pengolahan Citra Digital. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi. 2013

Susanto, Adhi & Kadir Abdul. Teori dan Aplikasi Pengolahan Citra. Andi Yogyakarta. 2013.

Suprida, Cut Suprida. Implementasi Aqnalisis Tekstur Terhadap Daging Sapi dan Daging Babi. Skripsi. Jurusan Ilmu Komputer, FMIPA Universitas Pakuan. Bogor. 2015.


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/komputasi.v15i1.1266 Abstract views : 863 views : 434

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.