Penerapan K-Nearest Neighbor (KNN) untuk Klasifikasi Anggrek Berdasarkan Karakter Morfologi Daun dan Bunga

Sesilia Novita R, Prihastuti Harsani, Arie Qurania

Abstract


Sistem klasifikasi anggrek dibuat dengan menerapkan algoritma K-Nearest Neighbor dan inputan berupa teks. Sistem ini bertujuan membantu masyarakat umum dalam mengenali tanamanan anggrek berdasarkan genus dan varietasnya. Karakter morfologi yang digunakan sebagai atribut dalam klasifikasi diantaranya bentuk daun, bentuk bunga, bentuk sepal lateral, warna sepal lateral, bentuk sepal dorsal, warna sepal dorsal, bentuk petal, warna petal, bentuk ujung bibir dan corak bunga. Penerapan algoritma pada sistem klasifikasi anggrek diharapkan dapat memberikan hasil keputusan terbaik. Prinsip kerja dari algoritma K-Nearest Neighbor adalah data yang diuji diklasifikasikan berdasarkan keanggotaan terdekat yang terbanyak dari data uji. Perhitungan dilakukan dengan menghitung kuadrat jarak euclidian masing-masing objek terhadap data sampel, kemudian diurutkan dari nilai terkecil hingga terbesar dan pencarian nilai k sebagai hasil keputusan. Pengujian sistem dilakukan terhadap 15 data latih menghasilkan nilai akurasi 53,33%, dengan jumlah nilai benar 8 data dan jumlah nilai salah 7 data.


Keywords: K-Nearest Neighbor (K-NN), Sistem Klasifikasi, Anggrek Kedisiplinan


References


Kartikaningrum, S., Widiastoety, D. & Effendie, K. Panduan, Karakterisasi Tanaman Hias : Anggrek & Anthurium. Departemen Pertanian, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Komisi Nasional Plasma Nutfah, Bogor. 2004.

Laina, F., Abidin, T.K., & Munadi, K. Klasifikasi Gambar Berwarna Menggunakan Metode KNN dan Support Vector Machine. Banda Aceh. 2013.

Turban, Efraim et al. Introduction to Information Technology. Ed. ke-5. John Wiley & Sons, Inc. New York, USA. 2003.

Nofriansyah, D. Konsep Data Mining VS Sistem Penunjang Keputusan. Deepublish. Yogyakarta. 2014.


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/komputasi.v15i1.1267 Abstract views : 7060 views : 3041

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.