PERANCANGAN SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI DI BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAN PENELITIAN PENGEMBANGAN DAERAH KOTA DEPOK

Nanda Dheanti Nathasya, Siti Nurmiati

Abstract


Tujuan membuat aplikasi surat masuk dan keluar ini adalah untuk memproses pengelolaan data sehingga dapat dilakukan secara komputerisasi ke dalam database melalui media web. Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Daerah Kota Depok (Bappeda) adalah dinas yang bergerak dibidang perencanaan pembangunan daerah yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat. Pengolahan data surat masuk dan surat keluar pada bagian sekretariat di Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Daerah Kota Depok (Bappeda)  masih menggunakan cara di tulis tangan dengan mencatat ke dalam buku besar dalam penginputan data, sehingga dibutuhkan aplikasi yang dapat membantu dalam melakukan pengarsipan dokumen tersebut. Sistem informasi ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi, efektifitas dan keamanan dokumen serta memperbaiki sistem yang terdahulu dengan membantu dan memudahkan pekerjaan bagian sekretariat sehingga dapat mempersingkat waktu agar efisiensi kerja mengalami peningkatan serta memudahkan dalam melakukan pengoperasiannya.[u1]  Metode pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi di Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Daerah Kota Depok (Bappeda), mengumpulkan literatur yang bersumber buku, jurnal, e-book, melakukan penyebaran kuesioner dan wawancara terhadap pihak yang berkompeten dalam penelitian ini. Perancangan aplikasi ini dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Hasil perancangan berupa aplikasi Sisfoad yang diharapkan dapat membantu admin dan user dalam mengelola data surat masuk dan keluar serta mendapatkan informasi surat yang masuk dan keluar dengan memanfaatkan koneksi internet.

 


Keywords


Bappeda, Aplikasi Sisfoad, Surat Masuk dan Surat Keluar

References


Hermawan Susanto. 2013. Aplikasi Pendataan Arsip Dan Administrasi Di Kelurahan Jeruk Menggunakan Java Netbeans. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Jawa Tengah.

Dessy Irmawati. 2014. Sistem Informasi Kearsipan Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan. Universitas Negeri Yogyakarta. Daerah Istimewa Yogyakarta.

Ani Binti Fitriah. 2016. Sistem Informasi Penggajian Pegawai Menggunakan Metode Spiral Pada SMK Intensif Baitusallam Nganjuk. Universitas Nusantara PGRI Kedir. Jawa Tengah.

Eka Pratama, I Putu Agus. 2014. Sistem Informasi dan Implementasinya. Informatika. Bandung.

Redha Hidayatullah. 2013. Sistem Pengelolahan Data Surat Masuk Dan Surat Keluar Pada Kantor Badan Pengawasan Keuangan Dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Propinsi Aceh Berbasis Web. STMIK UBudiyah Indonesia. Banda Aceh.

Fauzan Masykur, Ibnu Makruf. 2015. Sistem Administrasi Pengelolaan Arsip Surat Masuk Dan Surat Keluar Berbasis Web. Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Ponorogo.

Andes Wahyu Setiana. 2014. Pengelolaan Kearsipan Di Kantor Kecamatan Karang Tanjung Kabupaten Pandeglang. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Serang.

Zulkarnaen. 2013. Sistem Informasi Keuangan Menggunakan Framework Code Igniter dan PHP MYSQL Pada Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Pidie. STMIK UBudiyah Indonesia. Banda Aceh.

Andi Mulya Indianto. 2012. Penerapan Code Igniter Framework dalam Pengembangan Sistem Informasi Sidang Keliling. Universitas Islam Negri Syariaf Hidayatullah. Jakarta.

Wahyu Widyantoro. 2014. Buku Panduan Bootstrap

Safaat, Nazruddin. 2015. Rancang Bangun Aplikasi Multiplatform : Android, IOS, Windows, Phone, Blackberry, Symbian. Bandung : Informatika.

Redha Hidayatullah. 2013. Sistem Pengelolahan Data Surat Masuk Dan Surat Keluar Pada Kantor Badan Pengawasan Keuangan Dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Propinsi Aceh Berbasis Web. STMIK UBudiyah Indonesia. Banda Aceh.

Achmad Nazrul. 2013. Rancangan Website dan Profil Usaha Advertising Menggunakan PHP dan MySQL. Amik Sigma Palembang: Palembang.

Abdul Rohman. 2015. E-Scheduling Information Systems Maintenance Of It Assets (e-Sismitas) di PT. Karya Putra Sukses. STMIK Raharja Tanggerang.


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/komputasi.v15i2.1381 Abstract views : 943 views : 364

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.