PERENCANAAN STRATEGIS SISTEM INFORMASI PADA PERUSAHAAN FARMASI

Julia Ratnawulan Skawanti

Abstract


Kompetisi yang ketat di dunia usaha saat ini, menuntut perusahaan untuk melakukan terobosan dan inovasi baru serta menggunakan seluruh sarana dan teknologi yang tersedia agar dapat mempertahankan pasar dan konsumen yang dimiliki. Sistem informasi menjadi bagian penting dari perusahan sebagai penunjang kinerjanya. PT MF sebagai perusahaan yang bergerak dibidang farmasi selalu berusaha untuk meningkatkan kemampuan bersaing. Penelitian dilakukan untuk membuat perencanaan strategi sistem dan teknologi informasi yang dapat mendukung proses bisnis perusahaan. Metode penelitian dilakukan dengan cara wawancara, kuesioner, observasi dan studi pustaka. Analisis strategi menggunakan metode analisis PEST, SWOT, BSC, Value Chain dan CSF . Adapun perencanaan strategi menggunakan  Tahapan Kerangka Kerja PSSI versi Ward and Peppard (2002). Hasil yang dicapai adalah kerangka perencanaan strategi yang terintegrasi sehingga memudahkan mengelola sumberdaya untuk menghasilkan informasi yang akurat dan dapat digunakan secara bersama oleh semua  pihak. Kesimpulan penelitian adalah membangun sistem informasi berbasis komputer yang dapat memdukung proses bisnis PT MF.


Keywords


Perencanaan Strategis Informasi, Sistem Informasi, SWOT, BSC, CSF

References


Akhiroh, K. 2008. Persepsi Pengguna Terhadap Kualitas Layanan Di UPT Perpustakaan Instiper Yogyakarta. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga

Badan POM., 2012., Pedoman Cara Pembuatan Obat Yang Baik. Jakarta: Badan Pengawas Obat dan Makanan RI.

Erimalata, S. 2016. Pendekatan Hot-Fit Framework dalam Generalized Structural Component Analysis pada Sistem Informasi Manajemen Barang Milik Daerah: Sebuah Pengujian Efek Resiprokal. Jurnal Akuntansi dan Investasi. 17(2): 141-157.

McLeod. 2004. Sistem Informasi Manajemen. PT. Indeks. Jakarta.

McGill, T., Hobbs, V., Klobas J. 2013. Users Developed Application and Information System Success: A Test of Delone and McLeans Model. Information Resource Management Journal. 16 (1): 24-45.

Kaplan, R. S. & Norton, D. P. 1992, The Balanced Scorecard Measures that drives performanceâ€, Harvard business review, Jan-Feb 1992, p. 71-79

Riskia, R. W. & Joni, D. 2017 Analisis dan Perancangan system Informasi Persedian obat pada Puskesma Payo Slincah Jambi. Jurnal Manajemen Sistem Informasi. Vol. 2 No. 2. Pp.455-469.

Rangkuti, Freddy. 2005, Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Sampurno. 2007. Kapabilitas teknologi dan penguatan R&D: Tantangan Industri Farmasi Indonesia. Majalah Farmasi Indonesia. Yogyakarta.

Ward, J. Peppard,J.2003. Strategic Planning For Information Strategy, 3rd ed. John willey & sons, LTD, England.


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/komputasi.v15i2.1385 Abstract views : 4014 views : 1951

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.