Penerapan JAVA Spring DAO Pada Pengembangan Sistem Informasi Administrasi Rukun Tetangga (SIA-RT) (Studi kasus: Perum Nuansa Hijau)

Febri Damatraseta Fairuz, Septian Cahyadi, Deni Muharam, Victor Ilyas Sugara

Abstract


Salah satu sumber informatika yang dapat diakses melalui websitenya secara online dan realtime. Dengan arsitektur client server, aplikasi web kini dapat menyajikan informasi yang dinamis. Salah satunya adalah untuk meningkatkan kinerja ketua lingkungan (RT) untuk pengolahan data penduduk dan layanan surat-menyurat bagi masyarakat di RT nuansa hijau. Peningkatan populasi membutuhkan pembaharuan dari system yang lebih baik untuk membantu pengolahan data.sehingga pengolahan data dan layanan korespondensi dapat dilakukan secara berkala dan terus menerus, akurat dan efektif. Dalam jurnal ini menggunakan framework spring sebagai dasar platformnya dan untuk arsitektur kerangka ini menggunakan data akses objek (DAO). Kerangka yang memiliki keunggulan yang berbeda dari kerangka kerja yang lain, container ringan, inversi control, aspek berorientasi, dan penggunaan modul yang diperlukan. DAO mampu memberikan portabilitas untuk aplikasi beralih keberbagai jenis mesin database.


Keywords


Framework Spring, Data Akses Objek (DAO), Administrasi kependudukan, Mesin database, Administrasi korespondensi.

References


[1] Sri Dharwiyanti. 2003. Pengantar Unified Modeling Language (UML).

[2] Beck Kent, Cunningham Ward. 2012. "A laboratory for teaching object oriented thinking". ACM SIGPLAN Notices (india, NY, USA: Abg) 24 (10): 1–6.

[3] Whitten Jeffrey L et al. 2004. Metode Desain & Analisis Sistem, Edisi 6, Edisi International, Mc GrawHill, ANDI, Yogyakarta.

[4] OMG UML. 2007. OMG Unified Modeling Language (OMG UML). Infrastructure, V2.1.2] p. 149. 2007.

[5] Noe Lopez-Benitez et al. 2006. Noe Lopez-Benitez; Shin, Michael; Anderson Per; Silenus-A Federated Service-Oriented Approach To Distributed File Systems. Dean of the Graduate School.

[6] Undang Undang Dasar Tahun 2013. https://spring.io/guides/. Di akses pada tanggal 08 Juni 2016 11:50 AM


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/komputasi.v13i2.140 Abstract views : 945 views : 520

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.