1. Pembohongan Via Statistik Fenomena Riset Akademis yang Ditolerir Masyarakat Kampus (Studi Kasus : Riset Sosial Manajemen)

Fredi Andria

Abstract


Secara khusus tulisan ini bertujuan untuk mengungkap berbagai macam kekurang-tepatan dan kesalah pahaman pengunaan metode dan teknik dasar statistik dalam aplikasi riset/penelitian sosial-manajemen khususnya dikalangan masyarakat kampus. Melalui tulisan ini nantinya diharapkan para peneliti (khususnya mahasiswa) lebih jeli, selektif dan hati-hati dalam menggunakan metode/teknik statistik, sehingga mampu menghasilkan informasi dan analisa akhir yang valid, reliabel, representative dan "tajam", serta dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Kajian ini memaparkan beberapa kesalahan penggunaan metode dan teknik statistik yang sering terjadi dalam pelaksanaan riset akademis bidang sosial-manajemen. Kesalahan tersebut terkadang dianggap "masyarakat kampus" sebagai sesuatu yang biasa dan layak diterima, pada hakekatnya hal ini merupakan sebuah "pembohongan via statistik" atau sering disebut para ahli sebagai "statistikulasi". Supaya kesalahan-kesalahan ini tidak lagi terjadi, maka perlu selalu dilakukannya re-check dan re-evaluasi terhadap hasil penelitian yang diperoleh. Dan re-check/evaluasi ini harus dilakukan disetiap tahap teknis pelaksanaan riset tersebut.

 

Kata Kunci : Riset, Statistik


References


DAFTAR PUSTAKA

Huff, Darel dan Irving Geis. 1991. How to Lie with Statistic. Penguin Books Inc., New York.

Rangkuti, Freddy. 2001. Riset Pemasaran. Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama Bekerjasama dengan Sekolah Tinggi Ekonomi IBII, Jakarta.

Sevilla G., Consuelo et.al. 1988. An Introduction to Reaserch Methods. Rax printing Company, Inc., Philippines.

Singarimbun, Masri dan Efendi, 1989. Metode Penelitian Survei, LP3ES, Jakarta.

Umar, Husein. 1999. Metodologi Penelitian ; Aplikasi dalam Pemasaran, Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/komputasi.v4i7.1413 Abstract views : 236 views : 62

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.