4. Pengendalian Mutu secara Statistika pada Proses Produksi Garmen (Studi Kasus Departemen Laundry PT Trinunggal Komara Bogor)

Eneng Tita Tosida, Arifah Budiarti

Abstract


Pengendalian mutu produksi suatu manufaktur dapat dilakukan dengan aplikasi statistik, yakni melalui Pengendalian Proses Secara Statistika (Statistical Process Control/SPC). Hal ini dilakukan terhadap proses produksi di PT Trinunggal Komara, dengan menggunakan beberapa alat SPC. Hasil Diagram Sebab Akibat menunjukkan bahwa pengendalian mutu proses belum tercapai disebabkan oleh   faktor utama metode dengan faktor perincinya proses produksi. Hal tersebut dapat terlihat dengan adanya berbagai jenis kerusakan pada Dry Process dan Washing Process. Berdasarkan Diagram Pareto jenis kerusakan yang harus cepat diatasi adalah bolong nicking (72,66%) dan sandblast (24,22%) pada dry process dan bolongcucian (63, 9%) dan warna (17,49%) pada washing process. Ada perbedaan nyala pada biaya mutu yang dikeluarkan sebelum dan sesudah diadakan pengendalian proses secara statistik yakni sebesar $ 8433,36.

 

Kata Kunci : SPC, Diagram Sebab Akibat, Diagram Pareto, Biaya Mutu


References


DAFTAR PUSTAKA

Ariani, Dorothea Wahyu. 1999. Manajemen Kualitas. Universitas Atma Jaya,Yogjakarta.

Buffa, Elwood S. 1992, Manajemen Produksi/Operasi, Jilid dua, Edisi Enam. Erlangga, Jakarta.

Boediono dan Koster, Wayan. 2002. Teori dan Aplikasi Statistika dan Probabilitas. PT Remaja Rosdakarya, Bandung

Gaspersz, Vincent. 2006. Total Quality Management Untuk Praktisi Bisnis dan Industri. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Heizer, Jay dan Render, Barry. 2001. Prinsip-prinsip Manajemen Operasi. Salemba Empat, Jakarta.

Herjanto, Eddy. 2006. Manajemen Operasi, Edisi Ketiga. PT Grasindo, Jakarta.

Nurhayati. 2006. Skripsi: Analisis Sistem Produksi dengan Metode Sequencing dan Assignment (Studi Kasus Departernen Laundry PT.Trinunggal Komara). Program Studi Matematika, FMIPA, UNPAK, Bogor.

Soliwia, Notburga Windy. 2000. Skripsi: Pengawasan Kualitas dalam Usaha Menekan Kerusakan Produk dan Peningkatan Efisiensi Biaya Produksi di Perusahaan Garment CV Tini's Collection Denpasar. Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Pendidikan Nasional, Denpasar.

Tosida, E.T. 2005. Optimasi Menggunakan Pom For Windows, Matematika 5 dan Optsys. Program Ilmu Komputer FMIP UNPAK, Bogor.


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/komputasi.v4i7.1416 Abstract views : 2162 views : 385

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.