Prototype Enterprise Resource Planning (Erp) Berbasis Web

Fredi Andria, Anwar Mahadat

Abstract


Ketidak-lancaran informasi pada suatu perusahaan dapat disebabkan karena tidak terorganisirnya data-data yang masuk maupun yang keluar sehingga tidak mudah mengakses informasi yang dibutuhkan. Untuk mendapatkan informasi  yang dibutuhkan oleh PB Sahabat secara terintegrasi, dapat dilakukan dengan membangun suatu sistem ERP (Enterprise Resouce Planning). Sistem ini mampu memberikan informasi dari setiap divisi (divisi produksi, SDM dan Finansial)  untuk setiap bulannya. Laporan yang dihasilkan oleh sistem ini adalah laporan-laporan seperti kebutuhan bahan. Biaya persediaan, laporan gaji dan laporan keuangan untuk setiap bulannya. Fungsi-fungsi perusahaan yang harus dilibatkan dalam suatu peroses ERP adalah perencanaan produksi, pembelian, manajemen persediaan, finansial (payroll, penetapan biaya produksi, hutang, piutang, dana buku besar), sumber daya manusia, sistern informasi, dan peralatan dan lain-lain.

 

Kata Kunci: ERP, Prototype


References


DAFTAR PUSTAKA

Badriyah, T. 2002. Basis Data. Dalam Kuliah Umum Ilmu Komputer.com www.ilmuKomputer.com

Daniel. 2001. Development of Adaptive Planning and Control Approaches for Capturing the Effects Uncertainly in MRP/ERP Environments.Ph.D. Student in mini conference.

Gasperz, V. 2001.Production planning Control and Inventory Control. Berdasarkan Pendekatan Sistem Terintegrasi MRP II dan JIT Menuju Manufakturing 21. PT Gramedia Pustaka Utama,JAKARTA.

Herjanto, E. 1999. Manajemen Produksi dan Operasi.PT Grasindo, Jakarta.

Judistira. 1999. Software Manajemen. www.Judistira.co.id

Jogianto. 2001. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Andi Offset,Yogyakarta.


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/komputasi.v5i9.1420 Abstract views : 488 views : 295

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.