Diagnosis Penyakit Demam Berdarah Dengue Menggunakan Voting Feature Intervals 5

Irman Hermadi, Aziz Kustiyo, Aristi Imka Apniasari

Abstract


Tingkat kematian akibat penyakit Demam Berdarah Dengue relatif masih tinggi. Salah satu penyebab tingginya tingkat kematian tersebut adalah keterlambatan diagnosis. Semakin cepat diagnosis dapat dilakukan, semakin cepat pula pertolongan bisa diberikan sehingga dapat mengurangi angka kematian tersebut. Penelitan ini akan menerapkan algoritma Voting Feature Intervals 5 (VF15) untuk mendiagnosa penyakit DBD. Pada pertelitian ini dilakukan 4 tahap pengujian. Rata-rata akurasi yang dihasilkan pada pengujian tahap pertama terhadap data sebelum validasi adalah 65,66%. Rata-rata akurasi pada pengujian tahap kedua ini adalah 92,86%. Rata-rata akurasi yang dihasilkan pada pengujian tahap ketiga ini mencapai 97,62%. Selanjutnya, pada pengujian tahap keempat akurasi yang dihasilkan untuk data setelah validasi adalah 100%. Akurasi tersebut jauh lebih tinggi bila dibandingkan dengan penelitian yang telah dilakukan oleh Syafii pada tahun 2006 dengan menggunakan model ANFIS yang hanya mencapai 86,67%.

 

Kata Kunci : Demam Berdarah Dengue, Diagnosis, Voting Feature Intervals.


References


DAFTAR PUSTAKA

Guvenir HA. 1998. A Classification Learning Algorithm Robust to Irrelevant Features. http//www..cs.bilkent.edu.tr/tech-report/19-98/BU-CEIS-9810.pdf.

Guvenir HA, Demiroz G, Ilter N.1998. Learning Differential Diagnosis of Erythemato-squamous Diseases Using Voting Features Intervals. Artificial Intelligence in Medicine, 13(3), 147-165.

Ibrahim F, Taib MN Abas WABW, Guan CC, Sulaiman S. 2005. A Novel Dengue Fever (DF) and Dengue Haemorrhagic Fever (DHF) Analysis Using Artificial Neural Nerwork (ANN). http//www.Intl.elsevierhealt.com/journals/cmpb.

IIqbal M. 2007. Klasifikasi Pasien Suspect Parvo dan Distemper Rekam Medik Rumah Sakit IPB Menggunakan Voting Feature Intervals [Skirpsi]. Bogor: Fakultas Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam, Institut Pertanian Bogor.

Kristina, Isminah dan Wulandari L. 2004. Demam Berdarah Dengue. http//www.litbang.depkes.go.id/maskes/052004/demamberdarah 1.htm.

Syafii M. 2006. Adaptive Neuro Fuzzy Inference System (ANFIS) untuk Diagnosa dan Tatalaksana Penyakit Demam Berdarah Dengue [tesis]. Bogor: Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor.


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/komputasi.v5i9.1425 Abstract views : 303 views : 141

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.