Penerapan Teknik Neuro Language Programe Of Metaphor pada Media Pembelajaran Fisika Melalui Cerita Kartun Berbasis Multimedia

Dani Aisak Maryanto, Iyan Mulyana, Arie Qur’ania

Abstract


Pengetahuan fisika dasar merupakan salah satu pendidikan yang harus diketahui. Dengan pengetahuan tersebut, dapat diketahui ilmu sains baik benda hidup maupun sains fisika. Dalam pembelajaran fisika masih dalam bentuk buku yang berupa teks dan gambar sehingga siswa masih kesulitan dalam membayangkan proses fisis yang terjadi pada fisika. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan menerapkan teknik neuro language program of metaphor pada media pembelajaran fisika melalui cerita kartun sebagai proses pembelajaran. Teknik neuro language program of metaphor digunakan untuk mempengaruhi siswa dalam proses belajar. Proses mempengaruhi siswa dengan cara menceritakan terlebih dahulu mengenai materi sacara umum yang akan disampaikan sebelum masuk pada inti materi tersebut menggunakan aplikasi kartun berbasis flash. Berdasarkan uji coba yang dilakukan di SMP PLUS MUDA PRAKARYA, media pembelajaran ini membantu dalam proses pembelajaran.


Keywords


Neuro language program of metaphor, Pembelajaran

References


[1] Listiana, et al. 2010. “Implementasi Algoritma Rough Set Untuk Deteksi dan penanganan dini penyakit sapi”. Jurnal. Surabaya : Fakultas Teknologi Informasi, Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya.

[2] Siti, et al. 2010. “Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Unggas dengan Metode Certainty Factors”. Jurnal. Bogor: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pakuan.

[3] Turban, E. et al. (2005). Decision support systems and intelligent systems, 7th ed., New Jersey: Pearson, Prentice Hall.

[4] Safaat. 2012. Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet Pc Berbasis Android. Ed. Ke-1. Informatika Bandung

[5] Priyanti, et al. 2013. “ Dinamika Produksi Daging Sapi di Wilayah Sentra Usaha Sapi Potong di Indonesia”. Jurnal. Bogor: Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan.

[6] Sarwono. 2011. Beternak sapi unggul. Ed. Ke-1. Penebar Swadaya

[7] Bambang. 2012. Sapi potong. Ed. Ke-20.

[8] Kanisius Subronto. 2008. Ilmu penyakit ternak 1-b. Ed. Ke-3. Gadjah mada university press.


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/komputasi.v13i2.146 Abstract views : 625 views : 361

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.